TuanseAvatar border
TS
Tuanse
Mengenal Genderqueer, Identitas Gender Selain Pria dan Wanita.


Apakah anda merasa bahwa diri anda bukanlah seorang pria maupun wanita? atau mungkin anda memiliki kerabat yang seperti itu, merasa bahwa dirinya tidaklah termasuk dalam kelompok gender pria maupun wanita. Tidak peduli apa jenis kelamin yang dimilikinya.

Secara medis, hal ini dikenal sebagai genderqueer atau non-binary. Genderqueer adalah satu dari beragam identitas gender yang ada. Agar lebih jelas, mari kita ulas bersama-sama.

Quote:


Umumnya, identitas gender yang dimiliki seseorang akan sesuai dengan jenis kelamin biologis atau anatomi seksual tubuhnya sejak lahir. Saat itulah dapat dikatakan bahwa orang itu berjenis kelamin pria atau wanita. Hal tersebut akan sangat berbeda dengan istilah non-binary, atau yang disebut juga sebagai genderqueer.

Genderqueer adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok orang dengan identitas gender yang bukan sebagai pria ataupun wanita.

Oleh lingkungan mereka memang akan dianggap sebagai pria/wanita, tapi mereka sendiri tidak mengakui secara terang-terangan sebagai pria/wanita

Dengan kata lain, terlepas dari apa pun penampilan fisiknya, kelompok non-binary atau genderqueer tidak mengakui jenis kelaminnya secara spesifik. Atau bahkan menganggap dirinya memiliki dua jenis kelamin sekaligus. Meskipun mereka sebenarnya punya satu jenis kelamin, atau dua sekalipun (interseks).

Itu sebabnya, kata ganti orang ketiga atau jamak untuk kelompok orang dengan identitas gender sebagai genderqueer atau non-binary adalah “mereka” atau “they/them“, dan bukan “dia”  atau “he/she” yang merujuk pada satu jenis kelamin khusus sebagai pria atau wanita saja.



Jenis-Jenis Identitas Gender Non-biner atau Genderqueer

Quote:



Perbedaan Genderqueer dengan Transgender dan Interseks.

Quote:


Sumber / Referensi
Diubah oleh Tuanse 12-01-2019 00:11
tien212700
tien212700 memberi reputasi
6
17.4K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.