ghibahbuzzAvatar border
TS
ghibahbuzz
Klaim Hak Cipta Palsu Bikin K-Pop MV Ini Sempat Hilang di Youtube!

Sempat terjadi kehebohan di jagat K-Pop terkait beberapa MV K-Pop yang tiba-tiba di-remove oleh suatu perusahaan Aiplex Software Private Limited akibat klaim hak cipta palsu. Makin geger semua MV yang di-remove berasal dari grup-grup besar yang sudah memiliki ratusan juta views. Ada Blackpink “DDU-DU DDU-DU” (606 juta views), Twice “Likey” (344 juta views), BTS “Singularity” (73 juta views) semua video tersebut tidak dapat diakses pada tanggal 15 Januari 2018 sekitar jam 7-8 malam.


Bagi fandom K-Pop, views dari Youtube merupakan achievement tersendiri, bahkan fans cenderung militan untuk berlomba-lomba menambah views MV bagi grup idolanya. Untungnya hanya berselang satu jam, video-video tersebut akhirnya muncul dan bisa ditonton kembali. MV tersebut di-removed oleh perusahaan India yang disebut Aiplex Software Private Limited, diduga mereka membuat klaim hak cipta palsu. Sudah lebih dari 5000 orang menandatangani petisi meminta Youtube untuk memblokir akses mereka, karena setelah diusut bukan hanya MV K-Pop yang pernah kena sial hak cipta palsu oleh perusahaan tersebut, seperti yang diceritakan user di forum Google ini.


Hingga saat ini masih belum jelas bagaimana bisa perusahaan besar seperti JYP, YG dan Big Hit bisa kena klaim palsu. Sebelumnya isu ini sempat disinggung oleh PewDiePie, bagaimana sistem hak cipta Youtube yang masih cacat dengan gampangnya removed suatu video karena persoalan hak cipta, pernah PewDiePie membuat video cover Despacito, tidak lama berselang video tersebut hilang akibat masalah hak cipta.

Menurut pengakuan dari salah satu representatif JYP, mereka langsung mengontak Youtube dan langsung meminta solusi bagaimana agar MV tersebut bisa muncul kembali. Saat Youtube masih mencari akar permasalahan, kabar baiknya MV-MV tersebut sudah tayang kembali.

Gimana menurut pendapat kalian dengan sistem hak cipta Youtube? Kok bisa yaa mereka kecolongan dengan perusahaan India yang kalo kita cari tau profil website-nya ini enggak jelas maksud dan tujuan perusahaan ini tuh apa.


Quote:


anasabila
anasabila memberi reputasi
5
8.4K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Dunia Hiburan
Berita Dunia Hiburan
icon
24.7KThread3.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.