bramhiphipAvatar border
TS
bramhiphip
Rudal Hipersonik, Melihatnya Dari Semua Sudut.
Hi gan, semoga selalu diberkati Tuhan. Kebetulan ane diskusi dg teman ane soal rudal hipersonik. Dari diskusi itu ane mencari informasi tentang rudal maha cepat lebih jauh. Semuanya ane tuang disini. emoticon-Smilie
Quote:


Apa itu rudal hipersonik.
Hipersonik adalah segala sesuatu yg terbang minimal 5 x kecepatan suara atau +5 mach (6120 km/jam). Rudal Hipersonik saat ini memasuki eranya, dimana USA, China dan Rusia berlomba menjadi terdepan. Negara lain tertinggal jauh dibelakang, krn dana pengembangan yg memang mahal dan kerumitan.

Type rudal Hipersonik.
Ada dua tipe rudal hipersonik, yg pertama “hypersonic cruise missile (HCM)“ dan “hipersonik glide vehicle (HGV)“.
HCM layaknya rudal umumnya menggunakan motor agar rudal mencapai kecepatan hipersonik. Bisa ditembakan dari pesawat, kapal, atau truk.
Quote:
(atas) HCM

Sedangkan HGV konsepnya agak unik. HGV terpasang pada kepala roket antar benua (ICBM). Ketika berada di ketinggian tertentu, HGV akan terlepas dan terbang menggunakan gravitasi bumi untuk proses percepatannya tanpa roket pendorong (melayang jatuh). Keunggulan utama dari HGV, HGV terdekteksi dlm hitungan kurang 1 menit sebelum menghancur target.

(atas) HGV

Mengapa rudal ini rumit.
Ilmu aerodinamika mengatakan, semakin cepat suatu benda terbang, maka gesekan antara permukaan benda itu dan udara menyebabkan panas. 2 mach menghasilkan suhu 100 drjt celcius dipermukaan benda. 2,4 mach menghasilkan suhu 150 drjt. Bisa dibayangkan suhu utk kecepatan lebih dr 5 mach.
Dari sudut ilmu mesin, dengan kecepatan setinggi itu, utk menjaga „api“ di mesin bagai agan menyalakan korek api di tengah2 angin ribut. Mengatasi semua masalah tadi ke dlm satu rudal adalah sebuah tugas berat.

Keuntungan.
Karena kecepatan tinggi, maka utk menghancurkan rudal ini susah sekali. Musuh tak pny waktu banyak. Dan tanpa bahan peledak apaun, hipersonik bs menghancurkan target seperti kapal perang hanya dari tenaga kinetik yg dihasilkan oleh si hipersonik.
(atas) HGV yg terbang melayang hny dg gravitasi

Konsekuensi.
Hipersonik akan memancing petinggi militer utk memilih pendeketan „strike first“ atau menyerang duluan sebelum diserang. Karena mereka tau, jika musuh menyerang dluan dg rudal hipersonik yg dipasang nuklir di moncongnya maka kesempatan utk membalas sangatlah tipis. Karenanya byk menyarankan agar teknologi ini tidak dijual bebas.

sumber
Youtube: How to defeat hypersonic missile
Hypersonic missiles: What are they and can they be stopped?

emoticon-Ultah
18
19.7K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
Militer
icon
19.9KThread6.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.