andibagaskaraAvatar border
TS
andibagaskara
Cara-cara PDKT dengan Dosen Tanpa Perlu Modal


Tuhan itu maha pengasih dan penyayang. Sayangnya dosen tidak demikian. Lebih sering, dosen itu malah mirip gadis yang sedang mengalami PMS alias sindrom datang bulan. Susah ditebak maunya dan cenderung naik turun emosinya. Maka diperlukan strategi khusus untuk mendekati dosen agar perjalanan jadi mahasiswa lancar tanpa kendala. Termasuk lepas dari kendala permodalan.

Berikut cara-cara PDKT dengan dosen tanpa modal;

1. Jangan putus asa sekali mendapat perlakuan tidak enak



Dosen itu adalah manusia yang juga pernah menjadi mahasiswa. Dia berusaha keras agar dapat berada di posisinya sekarang. Karena itu, para dosen pun ingin melihat mahasiswanya berjuang keras seperti dulu. Sikap sengak atau tidak enaknya padamu hanyalah uji coba untuk tes mental seberapa kuat tekadmu.

2. Hati-hati dalam bercanda



Hindari ketololan yang berlebihan. Dosen juga suka bercanda, namun mereka adalah manusia yang berumur. Karena itu tetaplah hormati para dosen karena mereka lebih tua darimu. Kalau ingin bercanda dengan mereka, cobalah cari gurauan-gurauan pintar a la orang tua atau ilmuwan.

3. Kalau mengobrol, tunjukan bahwa kamu membaca dan memahami literasi



Dosen adalah orang yang gemar membaca dan belajar. Itu sebabnya mereka bisa lolos tes skripsi, tesis, dan bahkan desertasi. Karena itu mereka juga gemar ngobrol dengan orang yang berwawasan. Apalagi kalau topik yang dibicarakan sesuai dengan bidang mereka. Karena itu, cobalah tambahi wawasanmu kalau kamu berniat PDKT dengan dosen.

4. Kalau tidak paham, tanya, jangan sok-mudeng!



Seperti yang dibilang, dosen adalah orang yang terlatih logikanya karena sering membaca. Mereka juga dituntut untuk selalu belajar, jadi tahu perkembangan keilmuan. Maka, jangan sok pintar kalau di depannya. Kalau tidak paham tanyalah. Mereka juga senang kalau ditanya, karena artinya apa yang mereka pelajari berguna untuk membantu pemahaman orang lain.

5. Tatap matanya kalau dia bicara dan jangan acuhkan muka



Orang akan merasa dihargai kalau ketika berbicara, lawan bicara menatapnya langsung. Menatap lho, bukan mendhelik atau melotot. Kalau mendhelik atau melotot sih sama saja ngajak berantem!

6. Jaga emosi atau stabilkan suasana hati



Bukan rahasia kalau permasalahan akademik itu kadang bertentangan dengan norma dan etika. Maka ketika hal itu disinggung oleh dosen, tetap jaga emosi dan stabilkan suasana hati meski kamu tersinggung. Ingat, bahwa kunci sukses ilmu pengetahuan adalah mempertanyakan semua hal untuk menemukan suatu hal yang baru. Bahkan bila itu berarti mempertanyakan keberadaan tuhan.

7. Tetap jaga norma dan tahu batasan



Tak sungkan dinanya bahwa dosen adalah orang yang lebih tua. Maka jangan sekali-sekali bertindak di luar batasan susila yang berlaku. Soalnya, di kampus pun dosen terikat dengan aturan dan tata tertib.

8. Tahu kapan harus berhenti mengajukan pertanyaan dan mendebat



Nah ini yang paling penting. Kalau kamu sadar kamu salah, berhentilah mendebat. Ini justru malah menunjukan bahwa dirimu adalah orang yang kolot dan sukar menerima fakta.

9. Rapi!



Tak perlu baju necis nan mahal. Hal yang terpenting adalah rapi. Ini akan membuat orang betah untuk berbincang denganmu.

Nah, simpel kan? PDKT dengan dosen itu tak perlu modal uang banyak kayak pendekatan ke gebetan. Cukup isi kepalamu dengan nutrisi ilmu!


 
Sumber : Ohayo.co.id

Sumber Gambar Ilustrasi : Google.co.id

Dengan senang hati menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Star


Quote:


Diubah oleh andibagaskara 15-01-2019 07:18
0
1.9K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.