nugrahaargaAvatar border
TS
nugrahaarga
Smartphone Cina Jiplak Iphone


Seperti yang kita tahu, banyak dari smartphone asal negara Cina memiliki desain dan teknologi yang mirip bahkan nyaris sama dengan Iphone, terutama dalam hal desain. Tak lama sejak Iphone X dirilis dengan desain notch nya, muncul lah smartphone seperti Xiomi, Oppo dan Vivo dengan desain notch. Tapi yang jadi pertanyaan adalah, kenapa pihak Iphone tidak menggugat semua brand asal Cina tersebut atas tindakan plagiat?


Tidak banyak yang tahu bahwa negara Cina menerapkan Knowledge Sharing Policy yang sangat ketat. Apa itu Knowledge Sharing? Negara Cina menerapkan aturan bahwa semua perusahaan asing yang membuka pabrik atau industri negaranya harus membagi pengetahuan tentang SEMUAnya yang dibuat di Cina, termasuk desain, teknologi, sampai hasil riset dan pengembangan ke orang-orang lokal, ya SEMUA.


Agar bisa memproduksi masal dan memenuhi permintaan pasar, pihak Iphone sebagai leader teknologi khususnya di bidang smartphone menyanggupi itu. Mereka terpaksa harus rela tidak bisa mengakui hak paten atas teknologi mereka dan rela teknologi mereka dipakai Cina.

Yang terbaru saat ini adalah desain “Infinity O display” yang dikembangan Samsung juga akan ditiru oleh brand asal Cina karena Samsung juga mendirikan pabrik smartphone di Cina. Jadi dari penjelasan tadi harusnya kita sudah paham kenapa smartphone pabrikan Cina bisa memberikan harga yang sangat murah. Pihak Iphone yang kerja keras melakukan riset dan pengembangan untuk berinovasi, sementara pihak Cina tinggal terima beres dan modif sedikit supaya bisa jual murah.

Sumber
1
3.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.