• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hanya Satu2nya di Dunia! 'Cahaya Surga' di Dalam Gua di Indonesia Ini!

andrianusho
TS
andrianusho
Hanya Satu2nya di Dunia! 'Cahaya Surga' di Dalam Gua di Indonesia Ini!
Gua Jomblang: Menjelajahi Perut Bumi

Gua Jomblang merupakan salah satu gua dari ratusan gua di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Gua ini adalah yang paling terkenal di jajaran gua-gua tersebut karena cahaya surga dan hutan purbanya yang sangat indah untuk ditelusuri. Hal inilah yang membuat salah satu serial TV Amerika populer, The Amazing Race, memilih gua ini untuk lokasi shooting pada season 19, episode 2, tahun 2011.

Spoiler for The Amazing Race:


Untuk itu, gua ini memang cocok untuk para cavers (petualang yang suka menyelusuri gua).

Gua Jomblang, Gua Vertikal untuk Rappelling

Gua Jomblang merupakan gua vertikal dengan hutan purba yang rapat di dasarnya. Sebuah lorong sepanjang 300 m yang dihiasi dengan ornamen gua yang indah akan membawa kamu menuju Gua Grubug, tempat di mana bisa menyaksikan cahaya surga. Gua ini merupakan gua vertikal yang bertipe collapse doline, terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. dan itulah yang membuat unik karena didalam gua terdapat luas mulut gua sekitar 50 meter ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang, dan inilah tujuan utama dari Gua Jomblang ini.

Spoiler for Rappelling:


Hutan Purba

Di gua Jomblang, kita bisa melihat dua vegetasi berbeda, yaitu yang berada di luar dan di dasar gua. Kerennya, kita bisa merasa seperti hidup di tengah hutan rimba ribuan tahun yang lalu ketika kita menginjakkan kaki di dasar gua.

Spoiler for Hutan Purba:


Cahaya Surga

Pernah lihat cahaya surga? Di gua yang lembab dan gelap ini, kita masih bisa melihat cahaya yang datang dari luar gua yang menyentuh dasar gua. Cahaya inilah yang orang sebut-sebut sebagai ‘Cahaya Surga.’ Inilah yang kebanyakan orang ingin lihat di gua ini. Waktu terbaik untuk melihat cahaya surga ini adalah pada sekitar pukul 10.00 pagi.

Spoiler for Cahaya Surga:


Spoiler for Cahaya Surga:


Cahaya surga dan suasana gua yang tenang dan damai dapat menghilangkan stres kita. Kita pun dapat mendengar suara burung, air mengalir, dan bahkan gema suara kita sendiri di dalam sini.

Gua yang Dilindungi

Gua Jomblang merupakan gua vertikal yang memang sangat dilindungi dan bukan sembarang orang bisa mengunjunginya.Gua Jomblang terletak di Jetis Wetan, Panjangrejo, Semanu, Gunungkidul. Lokasi gua ini berjarak 10 km dari Alun-alun Wonosari selama 60 menit atau sekitar 60 km dari Kota Yogyakarta selama 1,5 jam.

Pemilik Jomblang Resort, Cahyo Alkantana mengatakan awal mulanya dirinya tertarik untuk mengelola Jomblang sebagai ekowisata karena keprihatinannya terhadap kerusakan lingkungan di Gunungkidul. Kawasan karst ini sejak dahulu sudah di tambang hingga di sekitar gua-gua sehingga sangat rawan, bahkan ditakutkan rusak dan runtuh gua-gua yang memiliki potensi wisata.

“Saya prihatin pada saat mengenal Gua Jomblang pertama ar tahun 1995 banyak pohon-pohon besar ditebang untuk bahan bakar karenaharga minyak tanah mahal. Warga di kawasan tersebut membutuhkan bahan bakar yang murah pengganti minyak karena alasan perekonomian mereka yang cukup parah,” paparnya

Padahal, kata Cahyo kawasan itu memiliki pesona dari sinar over of light atau sering disebut wisatawan sebagai cahaya surga yang hanya ada satu didunia dan sangat cantik sekali. Guna melindungi sekaligus memberi penghidupan masyarakat sekitar tanpa merusak lingkungan, maka konsep ekowisata dipilihnya. “Gua Jomblang akan menjadi ekowisata bukan wisata masal atau mass tourism. Nantinya, akan berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan,” katanya.

Spoiler for Gua Jomblang:


Mengenai pembatasan jumlah wisatawan yang masuk sebanyak 25 orang per sekali cave tubing secara bersamaan di Gua Jomblang, Cahyo mengatakan angka ini didapatkan berdasarkan daya dukung gua dengan menggunakan pendekatan menghitung jumlah orang yang diperbolehkan masuk dalam gua tersebut. Pasalnya pembatasan ini dilakukan agar ekosistem di gua tersebut cepat pulih. Jomblang dapat menjadi salah satu wisata petualangan ekotourism denga menawarkakan Jomblang Cave untuk susur gua (caving), Jomblang Wall untuk panjat tebing (climbing) dan Jomblang Lake pada tahun 2013.

Sumber: http://adventuretravel.co.id/news-and-tips/


nona212
nona212 memberi reputasi
1
3.7K
23
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.