qwagg
TS
qwagg
Situs Gunung Padang Cianjur ! Situs Prasejarah Megalitikum !


Hallo teman-teman !

Sudah memasuki tahun baru 2019 nih, bagaimana liburan kemarin? sudah cukup untuk merefreshingkan fisik dan pikiran? atau masih kurang lama? hahaha

Kali ini kami ingin merekomendasikan wisata yang kaya akan sejarah dan kental akan nilai budaya nya. Wisata ini sebenarnya memang sudah terkenal dan sering diliput oleh media nasional bahkan internasional juga lho. Ya, wisata ini adalah Situs Gunung Padang yang terletak di perbatasan antara Sukabumi dan Cianjur.
Spoiler for Situs Gunung Padang:

Sebenarnya situs gunung padang merupakan warisan budaya yang mana menjadi "harta karun" bagi Negara ini, diluar sisi misteri yang terkandung didalamnya, sejatinya Situs Gunung Padang ini merupakan tempat wisata yang beredukasi dan juga indah, sehingga cocok untuk liburan bersama keluarga maupun teman-teman kalian semua.

Situs Gunung Padang sendiri merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

Yang menjadikan situs gunung padang terkenal sebenarnya situs ini diperkirakan lebih dahulu di buat sebelum adanya Candi Borobudur bahkan Piramida yang ada di Mesir sana, jadi memang sudah sangat lama sekali Indonesia menyimpan garis sejarah yang begitu menakjubkan, sehingga bisa dibilang Situs Gunung Padang lebih tua dari dua peradaban tua di dunia, wah keren ya teman-teman.
Quote:

Banyak yang menduga duga bahwasannya Gunung Padang merupakan sebuah piramida yang dibangun sebelum piramida tertua yang ada di Mesir sana. Namun tentunya itu juga masih menjadi dugaan dan belum pasti akan kebenarannya, tapi diluar perdebatan itu semua, wisata ini tentunya wajib dilestarikan karena menyuguhkan pesona alam yang tiada dua nya.
Spoiler for Tour Guide di Situs Gunung Padang:

Saat kami berkunjung kesini kami dipandu oleh seorang Tour Guide Situs Gunug Padang, beliau sendiri menjelaskan banyak hal, salah satunya bentuk batu yang ada di Situs ini. Bilamana kita melihat semua batu, kebanyakan batu-batu tersebut terbentuk dengan rapih, dan rata rata memiliki 5 sisi atau biasa disebut pentagon.

Terciptanya bentuk batu-batu ini memiliki banyak sekali persepsi, yang dijelaskan oleh Tour Guide yaitu ada 3 persepsi mengapa batu-batu yang ada bisa berbentuk pentagon ; yang pertama adalah batu-batu ini memang asli dibangun pada zaman megalitikum oleh tangan-tangan manusia, sehingga bentuk batuannya bisa sama. Persepsi yang kedua yaitu terbentuk secara alami oleh endapan gunug api selama jutaan tahun. Dan persepsi terakhir adalah batuan ini dibuat oleh sekelompok makhluk asing luar angkasa yang memang sedang menandakan wilayah.

Dari beberapa persepsi tersebut kita bebas untuk mempercayainya ataupun tidak, namun hal-hal tersebutlah yang membuat sejarah menjadi semakin menarik.

Batuan yang ada di situs gunung padang sendiri memiliki kandungan besi sebanyak 70%, yang mana bila batu ini berada diatas tanah bila disentil atau dipukul bisa berbunyi layaknya besi yang disentil atau dipukul, sungguh sangat unik sekali ya teman-teman.

Untuk bisa menaiki atau berada disitus gunung padang ini kalian perlu berjalan menaiki anak tangga, terdapat 2 jalur, yaitu jalur landai dan curam. Jalur landai terdapat kurang lebih 170 anak tangga namun sangatlah curam untuk sampai keatas, sedangkan jalur landai terdapat kurang lebih 350 anak tangga. Tentunya kedua anak tangga ini cukup menguras tenaga kita hahaha. Namun terbayar bilamana kita sudah berada diatas sana.

Layaknya puncak gunung, bilamana sudah berada diatas, kita bisa melihat pemadangan yang membantang luas, karena Situs ini dikelilingi lima gunung, sebelah Timur yaitu gunung Pasir malang, tenggara gunung Melati, lainnya Emped, Karuhun dan Gunung Batu. Sementara lima gunung di depannya yaitu Gunung Pasir Malang, Pasir Bogor, Kencana, Gunung gede, dan Pangrango.

Quote:

Spoiler for Situs Gunung Padang:

Waktu yang cocok untuk kesini saat siang hari, karena hijaunya pohon dan birunya langit sangat terlihat jelas, dan berdoa saja hujan tidak turun, karena kalau hujan akan turun, situs ini akan dikelilingi kabut dan membuat jarak pandang menjadi terbatas.

Oiya disarankan juga bilaman ke Situs Gunung Padang untuk memakai jasa Tour Guide ya teman-teman, agar ilmu kita bisa bertambah dan persepsi akan Situs Gunung Padang bisa lebih jelas dari sumbernya langsung.

Nah penasaran kan? Tunggu apalai, Yuk! Ke Cianjur !


Quote:



Ditunggu pasrtisipasi agan-agan semua dan kalau mau baca blog travel yang lain bisa ke Lepas Nafasemoticon-Kiss (S)

8
10.6K
58
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23KThread10.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.