• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 6 Hal Yang Harus Kamu Pastikan Sebelum Belanja Online via Instagram

kaksus10Avatar border
TS
kaksus10
6 Hal Yang Harus Kamu Pastikan Sebelum Belanja Online via Instagram

Halo Gan Sist..

2019 udah berjalan hampir dua minggu nih.., sudah ngapain aja?
Hehe, kemarin ane sempet iseng-iseng baca FB, weleh..weleh ternyata masih banyak aja yang mengalami penipuan, terutama tertipu online shop.
Korbannya juga beberapa temen-temen ane sendiri loh, which is yahh artinya seharusnya udah cukup dewasa dan cerdas untuk menghindari penipuan.
Singkat cerita, rata-rata yang tertipu oleh online shop ini adalah yang mencari barang di Instagram. Kenapa Instagram? Yah karena nyari barang di Instagram tuh mudah banget dan unik-unik. Jadinya menarik banget buat para viewers yang memang ingin belanja online.

Emang sih, kalau ane lihat-lihat emang sedikit sulit membedakan mana online shop yang bisa dipercaya atau tidak di Instagram. Semuanya sangat menarik dan meyakinkan.
Tapii, tetep aja kok, ada cara yang bisa kita gunakan untuk men cek apakah online shop ini palsu atau tidak.

Nah, Gan Sist, untuk menghindari online shop penipu alias bodong alias palsu, nih Kaksus10 share enam cara sederhana untuk membedakan mana online shop palsu atau tidak.
1. PROFIL
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah check profil online shop dengan benar-benar teliti. Ingat followers banyak bukan jaminan itu online shop bagus atau tidak.
Kalau di dalam profile online shop tersebut ada website, Gan Sist harus kunjungi website tersebut, yah.
Kalau websitenya tidak bisa dibuka alias error, well Gan Sist kudu hati-hati, kalau ane mending ngga usah dilanjutin belanja di situ.
Emang sih, bisa saja websitenya sedang maintenance, tapi biasanya online shop yang jujur akan memberitahukannya lewat sosial medianya, contoh IG Story atau IG feed.

Spoiler for cek profile online shop:

2.  KOLOM KOMENTAR
Biasanya untuk menghindari hujatan dari netijen yang telah tertipu, online shop bodong akan me non aktifkan kolom komentarnya. Logikanya kalau online shop tersebut ngga memiliki riyawat yang buruk dengan para customer-nya kenapa harus menonaktifkan kolom komentar?
Spoiler for komentarnya di non aktifkan atau tidak?:

3. TAG PHOTO
Luangkan waktu untuk kepoin lebih dalam mengenai online shop yang hendak Gan Sist beli.
Biasanya online shop yang jujur akan punya riwayat tag yang banyak dan baik. Masuk deh ke kolom tag online shop tersebut, coba lihat siapa-siapa saja yang men tag online shop tersebut.
Sedikit sharing pengalaman soal tag-tag an di IG nih, ane pernah iseng cek profile seseorang di Instagram, sebut saja dia Mawar.. hehe.. Nah, di kolom tag nya ane nemu post feed dari orang lain yang menjelaskan bahwa si Mawar ini penipu, yang ngaku-ngaku kuliah di luar negeri sampai S3 di Eropa, padahal sih aslinya tukang tipu, lulus S1 aja engga...
emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
Wkwkwk, jejak digital itu memang kejam yah Gan Sist.
Makanya luangkan waktu lebih banyak untuk kepoin profile seseorang atau online shop yang ingin Agan Sista beli.
4. CEK KE AKUN SOSIAL MEDIA LAIN
Cek and ricek history online shop di beberapa akun sosial media yang lain. Contohnya akun Instagram Indonesia Blacklist. Di situ Gan Sist bisa tahu riwayat online shop yang bermasalah, tuh.
5. CEK NOMOR REKENING
Ciri lain online shop yang bermasalah adalah dia punya banyak banget nomor rekening bank. Nah, kalau Gan Sist mulai curiga, coba deh masukin nomor-nomor rekening tersebut ke website yang bisa melihat history nomor rekening tersebut.
Contoh website kredibel.co.id, masukan nomor rekening yang Gan Sist curigai dan silakan check.
Spoiler for cek nomor rekening:

6. COD
Nah, ini dia cara paling lama yang pernah ane pelajari dari Kaskus, yaitu ajak si seller alias yang empunya online shop untuk COD an alias kopi darat, alias transaksis langsung tatap muka.
Well, cara ini berlaku untuk penjual dan pembeli yang berdomisili di daerah yang sama dan ngga jauh.
Biasanya, inline shop yang mau diajak COD an, 50% ngga tipu-tipu.

Nah Gan Sist, itu dia enam cara sederhana untuk menghindari online shop palsu alias penipu. Jadilah customer yang cerdas dan ngga mudah ditipu sama online shop palsu di Instagram yah.
Buat Agan Sista yang punya pengalaman tertipu atau yang mau berbagi tips lain untuk menghindari penipuan, silakan langsung komen di bawah ya...

sumber tulisan : pengalaman pribadi & teman2

5
8.5K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.