red1302Avatar border
TS
red1302
Pengalaman Ane Mendaki Gunung Gede Saat Musim Hujan

Agan-agan pernah mendaki gunung? kalau pernah biasanya di musim apa agan-agan mendaki gunung? Hujan atau panas? Kalau ane kemaren naek gunung pas musim hujan. Gunung yang ane dari saat musim hujan merupakan Gunung Gede Pangrango yang berada di Bogor gan. Gunung Gede Pangrango juga merupakan gunung pertama yang ane daki seumur hidup ane.

Nah pada kesempatan kali ini ane bakalan bagi-bagi cerita mengenai perjalanan ane ke Gunung Gede Pangrango pas musim hujan. Ane berangkat dari rumah temen ane di Cileungsi jam 8 malam dan baru sampai di basecamp pendakian jam 10 malam. Setelah sampai di basecamp ane dan teman-teman ane ngopi dulu sambil istirahat sebenar dan barulah jam 11 malam kami berangkat untuk mendaki via jalur Cibodas.

Pendakian kali ini diikuti oleh 8 orang termasuk ane dan karena kebanyakan dari kita merupakan pemula jadi perjalanan kita lakukan pelan-pelan dan termasuk sangat lama untuk ukuran mendaki Gunung Gede Pangrango emoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment

Bedanya pendakian saat musim hujan dan musim panas adalah saat melakukan pendakian di musim hujan hati kita akan was-was kalau udah ngeliat awan mendung karena takut hujan. Pendakian saat tidak hujan aja udah cape apalagi kalau tiba-tiba turun hujan kan bisa jadi makin repot.

Tapi untungnya Tuhan sayang sama kita karna selama pendakian kita tidak hujan sama sekali dan setelah mendaki selama 8 jam akhirnya kita sampai ke tempat ngecamp yaitu Kandang Badak. Rencana kami adalah tidur di Kandang Badak dan bangun jam 3 pagi untuk mengejar sunrise di puncak Gunung Gede.

Setelah makan dan tidur untuk mengumpulkan energi untuk muncak besok akhirnya ane terbangun jam setengah 3 pagi dan ternyata hujan deras menghujani kami dan ane langsung berdiskusi dengan teman ane yang sudah lebih berpengalaman dalam mendaki. Dia menyarankan agar nunggu ujan reda dan baru muncak, tetapi sayangnya hujan tidak berenti cepat dan akhirnya setelah merundingkan kembali kita gajadi muncak alias gagal muncak pada saat itu.

Ada berbagai pertimbangan yang menyebabkan kami tidak muncak, yang pertama adalah trek sehabis hujan lebih berbahaya dan sulit dibandingkan jika tidak hujan. Selain itu kebanyakan dari kami merupakan seorang pemula dalam mendaki sehingga jika dipaksakan takut terjadi hal-hal yang tidak dinginkan oleh kita semua.

Maka dari itu dengan berat hati akhirnya kita tidak melanjutkan perjalanan ke puncak dan akhirnya memutuskan untuk turun pada jam 1 siang. Karena perjalanan kita yang lambat kita baru sampai di pos telaga biru pukul 6 sore. Dan ada kejadian yang sangat berkesan buat ane karena pas kita istirahat di telaga biru ada babi hutan dan ular yang lewat emoticon-Takutdan itu pertama kalinya ane ngeliat binatang liar di alam liar. Jadi hal tersebut cukup berkesan bagi ane.

Akhirnya kita sampai di basecamp pukul 7 malam dan memutuskan untuk menginap lagi semalam di basecamp karena kelelahan dan baru pulang besok dengan menggunakan angkot.

Itulah pengalaman ane selama mendaki Gunung Gede Pangrango saat musim hujan, walaupun kegiatan muncak kami gagal karena hujan tapi tentu saja keselamatan kami lebih penting dan yang terpenting tujuan mendaki gunung adalah untuk pulang kembali kerumah.

Quote:

azid12353
tata604
tata604 dan azid12353 memberi reputasi
14
18.1K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cerita Pejalan Domestik
Cerita Pejalan Domestik
icon
2.1KThread2.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.