riandyoga
TS
riandyoga
Bukan Hasil Kebut Semalam, Ini Jalan Terjal Dibalik Kemajuan Teknologi Jepang
Hai GanSis! Diawal thread ini saya ingin cerita sebentar dulu selama saya nulis dan bikin thread di Kaskus. Saya ini masih newbie, tapi sekonyong-konyongnya mematok topik "teknologi" sebagai niche. Sebuah topik yang memang lumayan sulit untuk dijadikan tema tulisan. Karena mesti mencari sumber & referensi yang memadai agar tulisan menjadi layak untuk dibaca. Meskipun saya akui masih banyak (sekali) kekurangan disana-sini.

Nah, dari sejumlah sumber & referensi yang saya gunakan untuk melengkapi thread bertema teknologi di Kaskus ini. Kerap muncul nama "Jepang" sebagai rujukan dibidang teknologi. Hal ini tentunya gak saya sengaja karena alasan saya suka sama hal yang berbau ke-Jepang-Jepang-an.

Memang kenyataannya kalau kita telusuri informasi seputar teknologi, Jepang tidak bisa dilepaskan dari perkembangan teknologi dunia.

Melihat majunya teknologi di Jepang, tentu bikin kita penasaran. Apasih rahasia mereka?

Quote:


Tentunya kemajuan pesat teknologi tidak dicapai Jepang lewat proses kebut semalam. Ada sejarah panjang dan berliku yang dilewati bangsa Jepang untuk berada diposisi sekarang ini.

Era Meiji

Quote:

Setidaknya ada dua momentum besar kebangkitan teknologi Jepang. Kalau GanSis pernah belajar sejarah sewaktu sekolah, pasti pernah dengar yang namanya "Restorasi Meiji". Pada 1868-1912 otoritas Jepang mengulirkan Restorasi Meiji yang dikenal sebagai era awal modernisasi Jepang.

Tujuannya untuk modernisasi perekonomian, politik dan militer. Restorasi Meiji ini bisa dibilang sukses memajukan teknologi Jepang. Termasuk di teknologi militer. Jepang berhasil meraih kemenangan militer atas Russia pada 1904-1905.

Namun momentum segala kemajuan Jepang termasuk teknologi tersebut tidak bertahan lama. Peristiwa ini juga akrab dengan Bangsa Indonesia. Dimana pada akhir Perang Dunia kedua (1939-1945) Jepang menyerah pada sekutu. Dan hal ini menjadi pukulan telak bagi Jepang, selain hancurnya kota Hiroshima dan Nagasaki akibat bom atom, ekonomi Jepang kala itu dibuat porak-poranda.

Setidaknya ada 2 juta jiwa tewas, 13 juta orang kehilangan pekerjaan. Kehilangan 25% kekayaan negara, sektor indistri hanya menyisakan 10% dari sebelum perang. Stok pangan juga sedikit sehingga harga pangan meroket akibat hiperinflasi.

Kebijakkan otoritas Jepang pada masa itu yang cenderung radikal dituding menjadi dalang kehancuran negara mereka.

Pasca-perang dunia 2

Quote:


Diakhir perang dunia 2 merupakan kondisi sulit bagi Jepang. Runtuhnya rezim Nazi di Eropa, Uni Soviet juga menyatakan perang terhadap Jepang. Menuntut balas atas kekalahannya di perang Russia-Jepang. Disamping itu, jajahan terburuk Jepang, yakni Tiongkok menunjukkan ancaman yang serius.

Pilihan realistis barangkali hanya menyerah pada sekutu pada 15 Agustus 1945. Karena sangat sulit sendirian melawan banyak musuh. Dari situ Amerika Serikat turut campur tangan memulihkan kembali keadaan di Jepang. Dilakukan perbaikan di berbagai bidang. Termasuk di bidang teknologi.

Berbagai transfer teknologi terjadi antara Amerika dan Jepang. Selain juga teknologi asli Jepang, warisan leluhur mereka. Seperti struktur bangunan tahan gempa misalnya. Tokyo Sky Tree yang merupakan gedung pemancar setinggi 634 meter, mengadopsi teknologi tahan gempa dari pagoda kayu Gajuu-no-Tou yang dibangun sejak 1300 tahun silam.

Campur tangan Amerika Serikat membangun Jepang kembali memang sangat berpengaruh. Dengan bantuan fiskal luar biasa, Jepang kembali bangkit.

Ditandai pertumbuhan ekonomi yang meningkat. Serta sejumlah capaian dibidang teknologi yang mengesankan dijamannya. Sebut saja ada kereta cepat Shinkansen pada 1964 yang menghubungkan Tokyo-Osaka. Kemudian ada super highway dari Komaki (tidak jauh dari Nagoya) ke Nishinomiya (dekat kota Kobe. Serta dibarengi peningkatan alat tranportasi darat seperti bus dan mobil. Dari titik ini juga menjadi awal perkembangan industri otomotif Jepang.

Bantuan Amerika Serikat terhadap Jepang bisa disebut juga sebagai kompensasi dari perang dunia 2 dan mencegah agar Jepang tidak merapat ke kubu Komunis.

Namun terlepas dari intrik saat atau pasca-perang dunia 2. Keuletan rakyat Jepang juga tidak kalah penting dibanding segudang bantuan modal dari Amerika Serikat.

Pendidikan

Quote:


Pemerintah Jepang merancang sistem pendidikan yang menghasilkan teknisi andal untuk mengembangkan inovasi teknologi di negaranya. Dengan mendirikan College of Technology atau Kouto Senmon Gakko yang disingkat Kosen, jenjang pendidikan itu mirip Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Namun lama belajarnya selama 5 tahun.

Mengutip data tahun 2012. "Sejak 1982, sudah ada 300 siswa dari Indonesia yang ikut," kata Fukuda Yasuo (mantan PM Jepang) di acara Indonesia-Japan Innovation Convention di gedung Sasana Budaya Ganesha, Bandung, Minggu, 2 Desember 2012.

Entah kebetulan atau apa nih GanSis, guru SMK saya, kepala lingkungan (ketua RT) merupakan alumni dari Jepang dan teman SMK saat ini sedang magang disana.

Di tahun 2012, setidaknya sudah ada 57 Kosen negeri dan swasta di Jepang dengan jumlah siswa mencapai 60 ribu orang. Setelah lulus, mereka bisa langsung bekerja atau kuliah di perguruan tinggi untuk mengambil spesialisasi.

Selain itu, penguatan teknologi Jepang juga diawali dengan penerapan teknologi dasar. Pengerjaan teknologi dasar ini juga disalurkan pada industri kecil dan menengah. Agar terjadi perluasan bisnis. Tidak hanya menjadi bagian industri besar saja. Karena mereka yakin, meskipun hanya teknologi dasar namun bila hal tersebut tidak ada maka teknologi canggih juga tidak bisa dibuat.

Pada akhirnya kemajuan teknologi Jepang tidak terlepas dari pendidikan yang baik. Prosesnya juga tidak bisa instan, bukan proses kebut semalam.

Nah bila GanSis bertanya kenapa Amerika Serikat membantu Jepang? Lantas mengapa tidak dengan Indonesia? Secara kondisi Indonesia dan Jepang juga tidak jauh berbeda pasca-perang dunia 2. Nah, terus terang saya gak tau, hehe...

Ditulis oleh Rianda Prayoga

Spoiler for Sumber & referensi:
Diubah oleh riandyoga 05-01-2019 00:48
dellesology
dellesology memberi reputasi
20
16.4K
111
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.