alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c382f65f4d6954d90036c6f/aturan-baru-ojk-kredit-mobil-dan-motor-bisa-dp-0-persen
Lapor Hansip
11-01-2019 12:53
Aturan Baru OJK: Kredit Mobil dan Motor Bisa DP 0 Persen
Past Hot Thread
Aturan Baru OJK: Kredit Mobil dan Motor Bisa DP 0 Persen


Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melonggarkan ketentuan terkait uang muka (downpayment/DP) pembiayaan kredit kendaraan bermotor (mobil dan motor) pada perusahaan pembiayaan atau multifinance.

Otoritas merevisi POJK Nomor 29/POJK.05/2014 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan dan mengeluarkan beleid baru yaitu Peraturan OJK Nomor 35/POJK.05/2018 yang diterbitkan pada 27 Desember 2018.

Dengan adanya beleid baru tersebut, maka DP kredit kendaraan bermotor diturunkan dari sebelumnya paling kecil 5 persen menjadi nol persen dari harga jual.

Dalam pasal 20 disebutkan bahwa ketentuan uang muka untuk seluruh jenis baik motor dan mobil sebesar nol persen dapat diterapkan jika perusahaan pembiayaan memenuhi persayaratan yang ditentukan.

Adapun syaratnya yakni perusahaan pembiayaan tercatat memiliki rasio pembiayaan bermasalah (Nonperforming Financing/NPF) netto lebih rendah atau sama dengan satu persen.

Namun, bagi perusahaan pembiayaan dengan NPF netto berkisar di atas 1 persen dan di bawah 3 persen, maka wajib menerapkan DP untuk motor dan mobil sebesar 10 persen.


Aturan Baru OJK: Kredit Mobil dan Motor Bisa DP 0 Persen


Kemudian, perusahaan dengan NPF netto di atas 3 persen hingga di bawah 5 persen, wajib menerapkan uang muka untuk seluruh jenis kendaraan bermotor sebesar 15 persen. 

Sementara itu, perusahaan pembiayaan dengan NPF netto sebesar 5 persen wajib memenuhi ketentuan uang muka untuk kendaraan bermotor roda dua atau tiga.

Sementara roda empat atau lebih untuk pembiayaan investasi paling rendah 15 persen, serta kendaraan bermotor roda empat atau lebih untuk pembiayaan multiguna paling rendah 20 persen. 
Sedangkan perusahaan pembiayaan dengan NPF netto di atas 5 persen ketentuan uang muka untuk kendaraan bermotor roda dua atau tiga, serta roda empat atau lebih untuk pembiayaan investasi paling rendah 20 persen, dan kendaraan bermotor roda empat atau lebih untuk pembiayaan multiguna paling rendah 25 persen.




Diubah oleh KASKUS.HQ
2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 2
Lapor Hansip
11-01-2019 20:21
Balasan post fadyz
Quote:Original Posted By fadyz
ini gila kalo 0%

semua nanti beli mobil dan motor
beli mobil duluan, toh kagak pake DP
masalah parkir dan lain2 belakangan
yg penting bisa naik roda 4 dulu

tau sendirilah karakteristik konsumen indonesia
yg penting joget dan gaya

makin penuh sesak ini jalan


yoi bro, rumah pada di gang / rumah gada garasi... jadi pada parkir di pinggir jalan... kan anj***
1
Lapor Hansip
11-01-2019 20:46
siap2 macet bray, siap2 orang yg gengsinya gede ambil mobil 2 sampa 3 bulan ntar nunggakemoticon-Ngakak
0
Lapor Hansip
11-01-2019 21:31
semakin rame mobil dan motor di jalan....semakin padat...semakin macet...akhirnya tak bisa bergerak....stuck....

emoticon-Traveller
1
Lapor Hansip
12-01-2019 00:57
wow...kpr rumah juga donk
0
Lapor Hansip
12-01-2019 01:07
ini yang disebut bikin aturan tanpa perencanaan matang. karena tahun 2013 dibikin aturan oleh bank indonesia (sebelum ojk) DP wajipminimum sekian persen (padahal sebelumnya kita bebas-bebas saja mau berapa persen kagak masalah) sekarang repot sendiri en revisi sana sini. ini satu contoh kalau di indonesia aturan berubah-ubah seperti arah angin.
1
Lapor Hansip
12-01-2019 01:31
DP murah, angsuran mahal
Ga ada DP, angsurannya berapa kali mahalnya? 🤦‍♂️
0
Lapor Hansip
12-01-2019 01:33


Quote:Original Posted By FreezeHalogen
perusahaan finance nya sendiri belom tentu sanggup maintain NPF dibawah 1%

emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


Itu yg jd pertanyaan gw bray

Emg nya ada yah leasing yang NPF -1% ?
0
Lapor Hansip
12-01-2019 04:57
Balasan post asher001
Quote:Original Posted By asher001
Asik....pake 1 bulan...terus balikin...
Paling 1 kali cicilan,itung2 sewa


Emang kalau kendaraan dibalikin terus otomatis beres?
Kalau dibalikin bukannya konsumen tetap mesti nyelesaiin sisa utangnya di leasing.
Jadi misalnya sisa utangnya 100 juta, kendaraan yg dibalikin dilelang ma leasing laku 80 juta. Berarti kekurangan nya 20 juta plus biaya tambahan ma dendanya tetap mesti ditutup ma konsumen kan?

https://www.kompasiana.com/pulosiregar/54f361937455137f2b6c7336/mobil-ditarik-bukan-berarti-utang-otomatis-lunas

Itu contoh kasus nya
Kredit mobil 84 juta. Udah nyicil 30 juta kurang dikit
Mobil dibalikin dan dilelang oleh pihak leasing laku 55 juta dari harga pasaran 70-75 juta.

Kekurangan angsuran ma denda² 73 juta. Dikurangi harga mobil 55 juta, konsumen mesti nombok 18 juta lagi baru beres urusan nya.

0
Lapor Hansip
12-01-2019 07:24
Ini kan aturan dari OJK masalah penerapan kan tergantung sama leasing nya.
0
Lapor Hansip
12-01-2019 07:51
jalanan macet.. ajib lah..
0
Lapor Hansip
12-01-2019 09:01
Quote:Original Posted By prince.cerberus
wah janganlah, yg ada malah tambah paraaaaaahhh macetnya...belom lagi polusinya emoticon-Cape d...


Kalo begitu mah percuma aja pemerintah bikin transportasi umum kyk transjakarta atau mrt kalo semua orang bisa punya kendaraan...


Harusnya dinaikin syarat DP beli kendaraan jadi misal, minimal 40% dari harga OTRnya, biar masyrakat mulai beralih kembali naik kendaraan umum dan mengurangi kemacetan serta polusi


kalo didaerah yg angkutan umumnya tak semasif (bahkan bisa dibilang tidak ada) di ibukota atau kota besar gmn gan?
0
Lapor Hansip
12-01-2019 09:54
Quote:Original Posted By floriantito
Aku tetep sih kalau mau ganti kendaraan dah dikasi tahu ayah ambil second orang yang BU.

Lebih varokah dan aman, tapi ya itu nunggu orang BU jual kendaraannya.


banyak yang ngakunya BU tapi kalau nawarin harganya diatas yg kagak BU emoticon-Ngakak (S)
1
Lapor Hansip
12-01-2019 09:57
aturan yg makin konyol emoticon-Big Grin
gimana angkutan massal bisa jalan jika dikontra gini

dijalan aja sekarang gw dah eneg ma OKB blangsak yg kagak tau haluan, eh bakalan nambah lagi emoticon-Marah
0
Lapor Hansip
12-01-2019 19:45
kalo beli mobil sama motor udah bisa dp nol persen, kira2 masih pada demo gak ya gan kalo bbm naik... emoticon-Ngacir Tubrukan emoticon-sad
Diubah oleh lbx
0
Lapor Hansip
12-01-2019 22:43
makin macet aja... emoticon-Cape d... (S)
0
Lapor Hansip
12-01-2019 23:01
Lelucon 2019 knp bkn transportasi umum yg di ksh kemudahan mlh kendaraan pribadi? Ojk kgk tau sikon trans jkt n kreta waktu weekday mirip kaleng sarden emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
0
Lapor Hansip
12-01-2019 23:36
Adapun syaratnya yakni perusahaan pembiayaan tercatat memiliki rasio pembiayaan bermasalah (Nonperforming Financing/NPF) netto lebih rendah atau sama dengan satu persen.

Namun, bagi perusahaan pembiayaan dengan NPF netto berkisar di atas 1 persen dan di bawah 3 persen, maka wajib menerapkan DP untuk motor dan mobil sebesar 10 persen.Kemudian, perusahaan dengan NPF netto di atas 3 persen hingga di bawah 5 persen, wajib menerapkan uang muka untuk seluruh jenis kendaraan bermotor sebesar 15 persen. Sementara itu, perusahaan pembiayaan dengan NPF netto sebesar 5 persen wajib memenuhi ketentuan uang muka untuk kendaraan bermotor roda dua atau tiga.

Ane gk paham di sini, maksudnya apa ya emoticon-Bingung (S)
yang ane paham, intinya gk semua bisa nol persen emoticon-Bingung (S)
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.