alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.73 stars - based on 15 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c36d3ae68cc9521496bbc10/diskusi-4-pelajaran-yang-bisa-diambil-dari-kasus-siswi-smk-bogor-yang-terbunuh
Lapor Hansip
10-01-2019 12:10
[DISKUSI] 4 PELAJARAN YANG BISA DIAMBIL DARI KASUS SISWI SMK BOGOR YANG TERBUNUH
Past Hot Thread
BUKA DULU SEBELUM BACA!


Halo agan sista sekalian. Halo juga rich people di mana pun kalian berada. Semoga kalian senantiasa sehat, banyak rejeki, dilimpahkan nikmat dunia berlebih dan... semoga kalian senantiasa memiliki cendol yang berlebih biar bisa ngasih sebagiannya ke ane, hahaha. 


Ok, lanjut ke permasalahan yang mau dibahas, sebuah permasalahan yang beberapa waktu kemarin sempat viral dan trending. Bahkan, di Google sendiri pencarian masalah ini sudah menembus angka 20.000 pencarian. Woww... (lebay).
 
Topik utama yang akan kita bahas kalia ini adalah tentang pembunuhan siswi SMK beberapa hari yang lalu, sedang sub topik yang mengiringinya adalah; pelajaran yang bisa kita ambil dari kasus ini?
 
Agak berat sih ini masalah. Tapi, sebagai seorang anak Sultan, ane juga kudu punya pandangan atas masalah ini dong. Masa sebagai penerus tahta kerajaan ane nggak bisa bertindak dan berpandangan. Masa sebagai putra mahkota ane Cuma bisa pasif. Kan nggak dong, jangan dong, nggak bisa begitu dong.
 
Ok, skip langsung aja. 
 
Almarhumah bernama Andriana, Ia adalah seorang siswi kelas XII Jurusan Tata Busana Butik SMK Baranangsiang berusia 17 tahun. Pada Selasa 8 Januari lalu Ia ditemukan bersimbah darah dengan badik yang menusuk bagian dada di gang dengan kost-nya; Jalan Riau Kel. Baranangsiang Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor.
 
Sebelum akhirnya meninggal, korban sempat dibawa ke Rumah Sakit Bogor Medical Centre (BMC). Namun terlambat. Luka yang terlampau dalam, dan darah yang terlampau banyak mempercepat kematian korban.
 
Ya, korban meninggal, meninggal dengan pisau yang menusuk tepat di dadanya. Bayangkan; seorang siswi SMK meninggal dengan luka tusuk di dada.
 
Agan berpikir kalau ini kejam? Tentu. Ini amat kejam. Sangat… sangat… kejam. Dan lebih parahnya lagi, kabarnya, Ia meninggal di tangan orang yang sakit hati padanya.
 
Bener gan. Ini urusan hati. Ini urusan perasaan. Beberapa diantara kita mungkin berpikir; ah Cuma gitu doang masa sampai segitunya. Cuma karena masalah hati doang masa iya sampai nusuk gitu. Masa bisa kaya gitu. Apalagi ini korbannya masih muda. Nggak mungkin, dan bla… bla… bla…
 
Ok, kalau memang begitu pikiran agan, silakan. Itu hak agan. Tapi sebagai seorang manusia biasa yang punya rasa; ane bilang ini biadab sih. Bukan biadab deh, tapi BIADAB BANGET. CATET TUH!
 
Nah, sebelum kita membahas lebih jauh tentang pelajaran yang bisa kita ambil dari kasus Andriana, mari kita simak fakta kasus ini dulu. Cekidot. 

FAKTA PEMBUNUHAN


Ok, skip dengan fakta-fakta tadi. Kali ini kita langsung membahas tentang pelajaran yang bisa kita ambil dari kasus Andriana. Cekidot.

Quote:PILIHLAH TEMAN YANG BAIK DAN DENGAN LATAR BELAKANG YANG BAIK PULA
Quote:
[DISKUSI] 4 PELAJARAN YANG BISA DIAMBIL DARI KASUS SISWI SMK BOGOR YANG TERBUNUH


[font]

Ane yakin, 100% yakin, kalau orang yang baik dari segi perilaku dan latar belakang tidak mungkin sampai punya niatan membunuh. Sebab dari banyak kasus yang ada, kebanyakan orang yang melakukan kejahatan ini adalah mereka yang memiliki latar belakang buruk. Sebut saja pergaulan yang terlalu bebas dan sembarangan, minum minuman keras, memakai obat terlarang, atau, dia memiliki masalah kejiawaan dan tekanan yang menuntunnya melakukan hal itu. 

Inget loh gan; ane nggak bilang semua pembunuh itu berasal dari orang yang suka mabuk, ngobat dan sejenisnya. Sebab tidak semua orang tersebut punya pikiran untuk membunuh, apalagi membunuh yang direncanakan. 

Nah, poinnya di sini adalah, ok-lah kalau kalian bergaul dan berteman, tapi untuk menghindari masalah tersebut, ya, hindari teman-teman dengan latar belakang yang buruk. Itu penting loh. Karena potensinya kejahatan ada di sana. Karena kesempatan kalian celaka ada di sana. 

Kalau ingin berteman, ya, bertemanlah. Tapi bertemanlah yang baik dan dengan teman yang baik pula. Pakai batasan. Pakai aturan. Jangan sampai terbawa arus yang menyesatkan. [/font]


Quote:JIKA INGIN PUNYA PACAR, SILAKAN. DIBOLEHKAN. TAPI PILIHLAH PACAR YANG BAIK, BERLATAR BELAKANG BAIK DAN MEMILIKI KELUARGA YANG BAIK PULA 
Quote:
[DISKUSI] 4 PELAJARAN YANG BISA DIAMBIL DARI KASUS SISWI SMK BOGOR YANG TERBUNUH


[font]

Di sini ane memaklumi anak SMK itu pacaran. Silakan, itu boleh. Tapi mbok yo pacaran yang bener. Jangan yang neko-neko. Jangan sampai bikin sakit. Sebab saat seorang sudah sakit hati, hal terburuk yang bisa terjadi ya seperti korban ini; meninggal. Meregang nyawa. 

Kalau memang ada orang yang disukain, ya teman aja dululah. Bilang aja kita temenan dulu. Jangan dulu pacaran. Jangan dulu ke jenjang cinta-cintaan. Sebab anak SMK biasanya masih labil. Dikit-dikit marah, dikit-dikit ngambek, dikit-dikit sewot, dikit-dikit cemburu. Kalau sudah begitu kalian bakal ngrasain sakit hati terus-terusan. Malah ada kemungkinan tiap hari. Nah gimana dong keselnya sakit hati tiap hari. 

So, buat para ABG, think smart-lah. Berpikir yang cerdas. Masa depan kalian masih panjang. Daripada waktu kalian habis buat pacarab, lebih baik kalian belajar dulu, ngumpulin ilmu dulu, ngejer karir dulu, baru cari pacar.[/font]


Quote:KALAU ADA MASALAH, JANGAN SEGAN BUAT DISKUSI TUKAR PIKIRAN 
Quote:
[DISKUSI] 4 PELAJARAN YANG BISA DIAMBIL DARI KASUS SISWI SMK BOGOR YANG TERBUNUH


[font]

Entah darimana, tapi ane yakin, pelaku tidak benar-benar berdiskusi mengenai apa yang Ia lakukan terhadap korban. Ane berpikir dia melakukan tindakan yang spekulatif, menghabisi korban, dan berharap masalahnya selesai, dendam terbalaskan. Padahal, tidak. Tidak demikian. 

Untuk itu, kalau kalian merasa sakit hati, apalagi karena urusan hati, biasakanlah untuk mencari teman. Ajaklah dia untuk bertukar pikiran. Mintai dia pendapat. 

Ini lebih baik dibanding kalian pendam sendiri masalah kalian. Sebab, saat suatu masalah sudah dipendam dan menumpuk, besar kemungkinan kalian akan dipengaruhi oleh hal-hal metafisik; sebut saja syetan dan sebangsanya. Dan, jadilah sampai kalian menghabisi nyawa. 

So, please. Jadilah orang yang cerdas. Ada masalah, ceritakan. Diskusikan. Mintai pendapat soal penyelesaian yang harus kalian ambil. Ini penting, dibanding kalian memendam masalah sendirian.[/font]


Quote:JANGAN SEKALI-KALI BIKIN ORANG SAKIT HATI
Quote:
[DISKUSI] 4 PELAJARAN YANG BISA DIAMBIL DARI KASUS SISWI SMK BOGOR YANG TERBUNUH


[font]

Ini mungkin sulit. Tapi ini pasti menghindarkan kalian dari masalah horizontal. Kalian akan terhindar dari yang namanya dendam dan sakit hati. Dan hal-hal seperti kasus Andriana pun akan lebih mudah kalian hindari. So, lets do it. Jangan pernah membuat orang lain sakit hati karena ulah kalian. 

Jika kalian bingung bagaimana caranya, mulailah dari diam. Diamlah, jangan banyak bicara bila pembicaraan kalian akan menyinggung mereka. Diamlah, jangan banyak bicara, jika pembicaraan kalian cenderung tidak berguna. [/font]


Wajib dibuka minin!


SUMBER ARTIKEL INTUISI PRIBADI | GAMBAR DARI GOOGLE.CO.ID


*sumpah gan, ane kagak rewrite atau copas dari mana pun :v







36
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 19
Lapor Hansip
11-01-2019 16:40
Quote:Original Posted By infoanaksultan
Wah, harusnya mintain aja. Kan mayan buat nambah beli es krim. Kalau memelas mah pasti dikasih emoticon-Ngakak


tadinya ane mau pake jurus itu cuma pas itu yang introgasi ane bawa senapan alhasil ane emoticon-Takut
0
Lapor Hansip
11-01-2019 16:43
Quote:Original Posted By comrade.frias
tadinya ane mau pake jurus itu cuma pas itu yang introgasi ane bawa senapan alhasil ane emoticon-Takut


Wahh jiper duluan. Beraniin aja gan. Justru kalau sampai angkat senjata uang es krimnya nambah gede dong emoticon-Betty
0
Lapor Hansip
11-01-2019 16:46
Quote:Original Posted By infoanaksultan
Wahh jiper duluan. Beraniin aja gan. Justru kalau sampai angkat senjata uang es krimnya nambah gede dong emoticon-Betty


tetep takut bre emoticon-Takut
0
Lapor Hansip
11-01-2019 16:53
bukannya di berita klo mantannya sudah diciduk tapi kata polisi kemungkinan besar bukan dia pelakunya, ga tau klo ada update lagi
0
Lapor Hansip
11-01-2019 17:26
Quote:Original Posted By comrade.frias
tetep takut bre emoticon-Takut


emoticon-Ngakak
0
Lapor Hansip
11-01-2019 17:27
Quote:Original Posted By bebemania
bukannya di berita klo mantannya sudah diciduk tapi kata polisi kemungkinan besar bukan dia pelakunya, ga tau klo ada update lagi


Betul gan
0
Lapor Hansip
11-01-2019 20:03
orang jaman sekarang entah knp gampang emosian..
a[a lagi klo udah benci, ngelakuin hal baik pun jg masih di omongin dan di benci..
butuh namanya perbaikan mental, mungkin si sekolah musti di ajarin kli ya..
ane dh lulus jd g tw pelajaran sekolah jaman skrng emoticon-Hammer2
0
Lapor Hansip
11-01-2019 21:55
Pelaku kurang piknik kayaknya makanya gampang emosi terlebih dendam, berbahaya
1
profile picture
Lapor Hansip
11-01-2019 23:03
barusan kemaren baca ,sekarang jadi HT

btw pelakunya kan laki trus tatoan ,tapi beraninya ama cewe ,abis nusuk lari tebirit birit

banci emoticon-Betty (S)
Diubah oleh gynomericks
0
Lapor Hansip
11-01-2019 23:04
Judul HTnya typo parah tuh di kaskus app emoticon-Hammer (S)
2
profile picture
Lapor Hansip
11-01-2019 23:10
Sangat disayangkan kejadian seperti ini, entah kenapa skrg ini nyawa itu murah sekali. urusan sepele bisa menghilangkan nyawa. orang tua yg merawat puluhan tahun , orang lain yg menghilangkan. sangat disayangkan.
1
profile picture
Lapor Hansip
11-01-2019 23:14
Memang dr penerawangan saya ada motif sakit hati . Bs di lihat jg dari dihunus nya badik ke dada korban .termasuk dalam
Namun apapun alasan nya .nama nya pembunuhan selalu ada saja alibi nya pas di BAP
Krn di hina lah.krn sakit hati lah.krn diomelin trus,krn di ludahin lah dll tapi tidak dpt menjadi pembelaan perbuatan nya.terlepas dr benar dan tidak nya alasan itu.

Nama nya udah mencabut nyawa org yah udah salah. Krn sebagai manusia kita ga punya hak itu
Jgn kan krn sakit hati ente membunuh..kalau sakit hati ente memukul org aja udah salah.
Trus gmana yg bener?? Yah berdoa minta yg terbaik.atau di cuekin aja anggap org stres.kalau ente ga tahan lagi ya balik buat sakit hati .kata ya di balas kata. Jd kita ga jadi malaikat pencabut nyawa yg sebenarnya bukan tugas kita di dunia

Krn setelah membunuh jg.ini org ga akan bs tidur nyenyak..bkn masalah di hantui dll
Tapi nama nya hati akan membawa perasaan bersalah,ketakutan sendiri,gelisah,muncul banyak efek psychosomatic..makanya ada org yg setelah itu menyerahkan diri.
Kecuali memang udah terbiasa membunuh .mungkin itu beda cerita
Diubah oleh centurion855
2
profile picture
Lapor Hansip
11-01-2019 23:21
Saya diajari sama orang tua kalau disakiti jangan membenci dan mendendam meskipun disakiti. Kalau terbiasa membenci dan mendendam bisa saja suatu saat kita jadi pembunuh.

Terlebih lagi budaya menghormati dan menghargai orang lain harus kita kedepankan.
0
Lapor Hansip
11-01-2019 23:25
Turut berduka
Diubah oleh death.valley
0
Lapor Hansip
11-01-2019 23:26
Satu hal yang pasti buat pelaku apabila tertangkap hidup2 dan di dalam penjara nanti, dia akan merasakan siksa yang sangat pedih di dalam hidupnya baik secara fisik maupun mental. Pilihannya adalah dia bunuh diri atau bebas dan menjadi psikopat.
Kasus ini memberikan pelajaran yang sangat penting buat kita, khususnya generasi muda saat ini, yaitu jangan pernah meremehkan kemampuan manusia ketika sudah gelap hati dan pikiran. Tentara terbaik sekalipun, membutuhkan latihan dan pengalaman operasi yang banyak supaya dia terbiasa mengambil nyawa seseorang. Tapi, seorang manusia yang sudah gelap hati dan pikirannya? Iblis pun kalah dengan kesadisan orang macam ini.
Ada peran orang tua dan orang2 terdekat pelaku yang tidak bisa diabaikan dalam kasus ini. Bagaimana pelaku bisa berkembang menjadi sosok yang seperti ini, itulah tugas polisi untuk mendalaminya. Namun bagi kita, ada pelajaran berharga yaitu, berinteraksilah dengan sehat dan benar ke orang2 terdekatmu dan cobalah terbuka dalam menjalani hidup, sehingga dorongan ke arah yang tidak baik bisa dicegah dengan baik oleh dirimu sendiri. Galilah sisi kemanusiaanmu lebih dalam lagi, sehingga dirimu lebih menghargai hidup ini di atas segalanya. Karena, sesuai pesan yang ane dapat dari eks narapidana teroris :"Mati itu sangatlah mudah, namun yang terberat dalam hidup ini, adalah menjadi hidup (menjalani hidup)".
2
profile picture
Lapor Hansip
11-01-2019 23:28
baranangsiang emoticon-Matabelo
0
Lapor Hansip
11-01-2019 23:31
Walaupun kita udah sebisa mungkin buat menjaga lisan, yg namanya ciri ciri psikopat itu bener bener bakalan dilakuin sampai dia puas.. makanya sedari kecil sebisa mungkin di ajarkan pendidikan moral, akhlak dan rohani..
Terutama emang bener selektif pilih temen..
1
Lapor Hansip
11-01-2019 23:32
Mantan mu harimau mu
0
Lapor Hansip
11-01-2019 23:33
Sebenarnya kl pun putus,,jangan smpe musuhan tapi ttplah menjadi teman,,jadi gk akan ada yg merasa tersakiti,,krn msh bs deket mskp hanya sebatas teman...
Awalnya mungkin sulit,tp lama2 juga terbiasa,bahkan bs jadi saling curhat pacar masing2...
0
Lapor Hansip
11-01-2019 23:34
Sadis betul ya
1
profile picture
Halaman 3 dari 19
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.