News
Batal
KATEGORI
link has been copied
56
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c38a7fc8012ae62be0b976d/perda-injil-manokwari-antara-sejarah-kekristenan-dan-nuansa-intoleransi
Sekitar dua bulan setelah disahkan, Peraturan Daerah Kota Injil di Manokwari, Papua Barat belum efektif berlaku. Pihak gereja berencana melakukan sosialisasi perda ke kelompok umat agama lain, meski dikritik karena bernuansa intoleran. Perda bertajuk kota injil disahkan DPRD Manokwari akhir Oktober 2018. Namun perda injil belum diterapkan karena urung mendapatkan nomor oleh pemerintah Pemerintah l
Lapor Hansip
11-01-2019 21:28

Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'

Sekitar dua bulan setelah disahkan, Peraturan Daerah Kota Injil di Manokwari, Papua Barat belum efektif berlaku. Pihak gereja berencana melakukan sosialisasi perda ke kelompok umat agama lain, meski dikritik karena bernuansa intoleran.

Perda bertajuk kota injil disahkan DPRD Manokwari akhir Oktober 2018. Namun perda injil belum diterapkan karena urung mendapatkan nomor oleh pemerintah

Pemerintah lokal dan komunitas gereja setempat masih berencana menyebarkan informasi tentang perda ini kepada pemuka agama lain demi mencegah kesalahpahaman.

Demikian dikatakan Ketua Persekutuan Gereja-gereja Provinsi Papua Barat, Shirley Parinussa.

"Akan ada semacam sosialisasi bahwa tujuan perda ini agar masyarakat menjadi lebih damai dan mengakui Manokwari sebagai titik pertama perkabaran injil di Papua," ujarnya, Rabu (09/01).

Shirley mengatakan perda injil telah digagas sejak 2006. Ia mengklaim, tujuannya semata-mata memberi pengakuan tertulis terhadap Manokwari sebagai kota bersejarah dalam kekristenan di Papua.

Perda itu mewajibkan seluruh umat beragama di Manokwari tak beraktivitas saat ibadah minggu penganut kristiani, selain mengatur prosedur pendirian rumah ibadah di luar Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri tahun 2006.

Merujuk riset yang dilakukan lembaganya yang bergerak di pemantauan HAM, Setara Institute, Halili menyebut regulasi berbasis agama seperti Perda Injil berpotensi mendiskriminasi umat agama lain.

Halili merujuk penerapan sejumlah perda syariah di berbagai daerah, dari Aceh hingga Banten.

"Diskriminatif jika negara hanya mengatur satu kelompok tertentu dan tidak memberikan perhatian yang sama pada kelompok agama lain."

"Pengistimewaan seperti itu jelas diskriminatif," ujar Halili saat dihubungi.

Meski begitu, Shirley yakin perda injil tak akan memicu intoleransi. Menurutnya, kewajiban publik menghormati jam ibadah agama tertentu telah lebih dulu diterapkan di daerah lain.

"Di Jayapura ada peraturan wali kota, bahwa hari Minggu jam 09:00 pagi, saat ibadah diharapkan tidak ada aktivitas."

"Di Bali juga diberlakukan itu. Itu bahkan bukan perda tapi komitmen bersama. Apa ada yang salah dengan itu?" kata Shirley.

Salah satu perumus perda injil Manokwari, Yan Christian Warinussy, menilai hingga kini tidak ada penolakan frontal terhadap regulasi baru itu. Ia menilai, salah satu faktornya karena pelibatan berbagai kelompok agama dalam perancangan perda ini.

"Masyarakat pada umumnya tidak ada masalah. Dulu ada studi banding, ada keterlibatan anggota yang non-Kristen," tuturnya.

Yan berkata, perda injil baru dapat diterapkan jika bupati telah membuat aturan pelaksana. Keluhan dan kritik terhadap regulasi menurutnya dapat disampaikan pada proses pembuatan regulasi detail tersebut.

"Perda ini harus dielaborasi dengan peraturan bupati untuk atur ketentuan teknis. Masih bisa didiskusikan, jadi tidak perlu dibesar-besarkan seolah-olah haluan negara mau diubah hari ini," ucapnya.

https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-46813787

0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
11-01-2019 21:39
Nih pada mau tampil sok jago dan mementingkan ego masing2 karena mayoritas di daerah masing2, ya?

Pake2 ada perda injil lagi... ranah personal jangan dibawa ke ranah publik lah... hubungan dengan Tuhan itu kan ranah personal....

Nanti ada lagi yg koar2 intoleran
Nanti ada lagi yg koar2 klo mau d hapus/ larang, noh yg di aceh juga d larang

Mau sampai kapan kita mempersoalnya hal ga berguna kayak gini?

Baru sadar ternyata benar salah satu parpol yg katanya masih ingusan ternyata ga setuju dengan beginian karena berpotensi memecah belah....
4 0
4
Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
11-01-2019 21:42
gpp biar kagak tambah goblok.. tapi klo ternyata malah makin goblok... salah manual booknya ato sdmnya nih? ato 22nya? Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
11-01-2019 22:06
"Di Bali juga diberlakukan itu. Itu bahkan bukan perda tapi komitmen bersama. Apa ada yang salah dengan itu?" kata Shirley.

Lha kenapa ga meniru Bali, tanpa perda2an kebudayaan dan agama mayoritas disitu tetap bisa di junjung tinggi. Ga perlu pake perda jg kali
1 0
1
Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
11-01-2019 22:08
Yang kemarin Tolak psi mana suaranya?
0 0
0
Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
11-01-2019 22:14
beuh.. paan lagi sih ini??

Ga usah pake perda2an segala!! Cukup toleransi antar umat beragama!!

Contoh:

kalo lagi nyepi di Bali.. ya umat beragama non hindu ga usah keluar kalo ga kepepet banget..

Kalo lagi ada Jumatan.. buat yg ga sholat ya jangan seliweran di depan mesjid pake motor yg knalpotnya abal2!!

Dll..
Diubah oleh khayalan
2 0
2
Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
11-01-2019 22:17
Gw sih objektif aja yang jadi masalah di ajaran padang pasir tuh terlalu ketat dan harus bayar upeti ke arab makanya susah majunya. Ini itu nggak boleh patung dirobohkan, gambar bisa jadi alasan bunuh orang, kalau puasa yang lain harus puasa. Perkembangan kesenian dan kebudayaan akan sangat sulit berkembang karena sangat terkekang terlebih uang akan lari ke luar negara buat bayar upeti.
2 0
2
Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
11-01-2019 22:19
Quote:Original Posted By slider88
Lumayan dari segi ekonomi karena kalau banyak orang yang bayar upeti ke Padang pasir bisa bisa bangkrut daerahnya.


propinsinya aja mayoritasnya pada kagak bayar upeti ke padang pasir udah kek propinsi jamban... lebih banyak kera yg hidup dipropinsi itu daripada manusia normal... Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
0 0
0
Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
11-01-2019 22:21
kayanya di mana2 gak ada larangan beraktivitas ketika sholat Jumat.

di Aceh ada tp yg kena jg cuman muslim aja ...
0 0
0
Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
11-01-2019 22:27
Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
1 0
1
Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
11-01-2019 22:29
Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
0 0
0
Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
11-01-2019 22:31
Quote:Original Posted By slider88
Gw sih objektif aja yang jadi masalah di ajaran padang pasir tuh terlalu ketat dan harus bayar upeti ke arab makanya susah majunya. Ini itu nggak boleh patung dirobohkan, gambar bisa jadi alasan bunuh orang, kalau puasa yang lain harus puasa. Perkembangan kesenian dan kebudayaan akan sangat sulit berkembang karena sangat terkekang terlebih uang akan lari ke luar negara buat bayar upeti.


lu lagi berhalusinasi dalam mimpi.

wooii bangun wooiii
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
11-01-2019 22:44
Quote:Original Posted By slider88


Username mu itu anthonyus tapi nasbung garis keras. Gak jelas.


lu kasih fakta ama refferensi dong,

jadi bisa dibedain kalo elu hanya berhalusinasi dalam mimpi
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
11-01-2019 22:45
Undang-undang kek gitu harusnya jangan di acc. entar masing masing kabupaten/kota lain pada ikutan buat perda berdasarkan mayoritas agama.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
11-01-2019 22:56
Quote:Original Posted By dukun..beranak
perda injil ga bakal mengekang kaya syariat, tapi nuansa proteksi berlebihan dan menghalangi agama laen pasti ada


ga domba ato kambing kl udh mabok mah sama aja goblognya
0 1
-1
Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
11-01-2019 22:56
Quote:Original Posted By slider88


Tinggal baca aja buku ekonomi sd. Klo Masalah ngerubuhin patung dan bunuh orang gegara gambar sudah jelas terkenal.


Opini dari hasil halusinasi dalam mimpi.
Orang goblok aja yang mau percaya.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
11-01-2019 23:01
Quote:Original Posted By venomdog88


ga domba ato kambing kl udh mabok mah sama aja goblognya


yang goblok itu, elu.

main ambil kesimpulan.

emang elu udah baca perda agamanya ?

Kalau Papua mau bikin perda agama, biar aja lah,
yang penting transparan,
lakukan sosialisasi.

Nanti kan orang bisa nilai, mana yang intoleran, mana yang nggak.

Nggak usah apriori lah.
Hargai keyakinan orang lain.

0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
11-01-2019 23:06

Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'


Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
Diubah oleh agus.malaikat.
2 2
0
Perda Injil Manokwari, antara sejarah kekristenan dan 'nuansa intoleransi'
11-01-2019 23:07
Ngitung gdp itu ada 3 jenis cukup pakai salah satunya saja krn sama aja. Pengeluaran, pendapatan atau value added. Nah nanti dibagi lagi buat konsumsi atau investasi. Kalau pengeluaran mu diluar negeri sudah murni lenyap bagi negera kalau untuk konsumsi kurang efisien tetapi masih menguntungkan para produsen. Kalau dipakai investasi akan lebih efisien karena uangya akan bertambah bagi gdp.
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia