alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c34286b68cc955c510f7b8a/100-canggih-award-inilah-deretan-smartphone-terbaik-untuk-tahun-2018
Lapor Hansip
08-01-2019 11:34
100% Canggih Award: Inilah Deretan Smartphone Terbaik untuk Tahun 2018
Past Hot Thread
Persaingan smartphone di sepanjang tahun 2018 semakin memanas jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Masing-masing brand sudah meluncurkan berbagai produk andalan mereka mulai dari kelas entry-level hingga premium. Apalagi, di tahun ini ada brand yang baru masuk Indonesia dengan membawa produk menarik dengan harga menggiurkan.


100% Canggih Award: Inilah Deretan Smartphone Terbaik untuk Tahun 2018

Soal inovasi, tahun ini diramaikan dengan deretan smartphone yang lebih mengedepankan perubahan pada sektor desain, misalnya penggunaan layar berponi. Meski begitu, ada pula beberapa tipe smartphone yang hadir dengan inovasi canggih seperti sistem kamera geser, konfigurasi 4 kamera belakang, hingga sensor sidik jari di bawah layar.

Nah, dari sekian banyak smartphone canggih yang beredar resmi di Indonesia, seperti tahun-tahun sebelumnya, kami telah memilih smartphone terbaik dari setiap kelas yang layak mendapat apresiasi lebih dibanding pesaingnya. Yuk, langsung saja kita simak daftar lengkapnya:

Quote:
Quote:Smartphone Terbaik di kisaran 1,5 juta rupiah: Realme C1

100% Canggih Award: Inilah Deretan Smartphone Terbaik untuk Tahun 2018


Ini yang kami sebut dengan penantang baru yang menawarkan fitur menarik dengan harga menggiurkan. Pada kemunculannya, Realme hadir di Indonesia dengan membawa 3 produk sekaligus yang salah satunya disebut Realme C1. Dengan banderol hanya 1,5 jutaan rupiah, Realme C1 dibekali spesifikasi yang menurut kami cukup terdepan di kelasnya.

Sebut saja layar IPS 6,2 inci HD+ dengan poni pada bagian atasnya, SoC Qualcomm Snapdragon 450 yang ditemani RAM 2 GB dan memori internal 16 (ada slot microSD), baterai 4230 mAh, kamera belakang ganda 13 megapixel + 2 megapixel, serta desain yang tidak terkesan murahan dan tampak melebihi harga jualnya.

Simak ulasan lengkap dari Realme C1 di artikel review kami pada tautan berikut ini.


Quote:Smartphone Terbaik di kelas 1,5 – 2,5 Juta Rupiah : Asus ZenFone Max Pro M1

100% Canggih Award: Inilah Deretan Smartphone Terbaik untuk Tahun 2018


Asus ZenFone Max Pro M1 hadir sebagai penantang serius bagi lawan-lawannya di level harga 2 jutaan rupiah. Ada alasan khusus mengapa kami memilih smartphone ini sebagai yang terbaik di kelasnya. Ketika pertama kali diluncurkan, ZenFone Max Pro M1 tampil begitu menonjol dengan SoC mainstrem terbaru saat itu, Snapdragon 636.

Tidak hanya itu, smartphone dengan layar FullView IPS 6 inci 18:9 Full HD+ ini juga memiliki baterai yang amat besar, yakni 5000 mAh. Artinya, Anda yang malas membawa power bank tidak perlu khawatir baterai ZenFone Max Pro M1 akan habis ketika sedang menjalankan aktivitas. Dari hasil pengujian kami, smartphone ini dapat menyala hingga 2 hari!

Yang lebih menarik, dengan diluncurkannya ZenFone Max Pro M2 beberapa waktu yang lalu, harga ZenFone Max Pro M1 kini lebih murah, yakni mulai dari Rp1.999.000 saja! Mau beli? Simak dulu review lengkap kami di tautan berikut ini.


Quote:Smartphone Terbaik di kelas 2,5 – 3,5 Juta Rupiah: Realme U1

100% Canggih Award: Inilah Deretan Smartphone Terbaik untuk Tahun 2018

Dari sekian banyak kategori dalam artikel award di tahun 2018, mungkin kisaran harga 2,5 hingga 3,5 juta rupiah adalah yang paling sulit untuk memilih produk mana yang terbaik. Pasalnya, ini adalah kisaran harga yang cukup ramai diisi oleh brand-brand ternama dengan produk andalan yang masing-masing punya kelebihan tersendiri.

Acungan jempol patut kami tujukan kepada Asus ZenFone Max Pro M2. Dengan harga mulai dari 2,8 juta rupiah, smartphone ini punya banyak keunggulan yang membuatnya layak diperhitungkan. Selain karena dibekali SoC Snapdragon 660 yang cukup kencang, ZenFone Max Pro M2 juga menawarkan baterai 5000 mAh, desain yang apik, serta layar besar berukuran 6,3 inci Full HD+.

Penantang terberat lainnya adalah Realme 2 Pro. Dibanderol 3,2 jutaan rupiah, Realme 2 Pro sudah mengusung SoC yang sama dan RAM 4 GB serta memori internal 64 GB. Kemampuan kameranya juga tergolong oke, meski sayangnya baterai lebih kecil dari ZenFone Max Pro M2, yakni hanya 3500 mAh.

Akhirnya, pilihan kami justru jatuh kepada Realme U1. Harganya Rp2.999.000, dan sudah menggunakan SoC terbaru MediaTek Helio P70. Yang kami suka dari smartphone ini selain performanya yang kencang untuk gaming adalah kemampuan kameranya yang cukup memuaskan, baik kamera belakang (16 megapixel + 2 megapixel) atau kamera selfie 25 megapixel.

Simak ulasan lengkap dari Realme U1 di artikel review kami pada tautan berikut ini.


Quote:Smartphone Terbaik di kelas 3,5 – 4,5 Juta Rupiah: Oppo F9

100% Canggih Award: Inilah Deretan Smartphone Terbaik untuk Tahun 2018

Untuk kategori yang satu ini, pilih kami jelas jatuh kepada Oppo F9. Bagaimana tidak, dengan harga Rp4.299.000, Anda disuguhkan desain yang cantik dengan Floral Pattern yang akan berkilau seperti berlian ketika terpapar cahaya. Pilihan warnanya juga menawan, antara lain Starry Purple, Sunrise Red, dan Twilight Blue.

Dari segi performa, Oppo F9 mumpuni untuk menjalankan banyak kebutuhan berkat keberadaan SoC MediaTek Helio P60 yang ditemani RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Khusus untuk varian warna Starry Purple, OPpo menyediakan opsi RAM yang lebih besar, yakni 6 GB. Kameranya pun amat baik untuk mengabadikan momen baik di kondisi cahaya yang memadai maupun yang minim sekalipun.

Tidak sampai disitu saja, Oppo F9 juga dibekali fitur VOOC Flash Charge yang dapat mengisi daya hingga empat kali lebih cepat dibandingkan dengan pengisian daya konvensional, sehingga pengguna bisa mendapatkan waktu bicara selama dua jam hanya dengan mengisi daya selama lima menit.

VOOC Flash Charge juga dilengkapi dengan lima lapisan pelindung yang terdapat pada bagian adaptor, kabel USB, charging port, baterai, dan konektor baterai, Dengan begitu, perangkat akan tetap aman digunakan walaupun sedang diisi daya.

Simak ulasan lengkap dari Oppo F9 di artikel review kami pada tautan berikut ini.


Quote:Smartphone Terbaik di kelas 4,5 – 6 Juta Rupiah: Pocophone F1

100% Canggih Award: Inilah Deretan Smartphone Terbaik untuk Tahun 2018

Nah, yang satu ini jelas sulit dilawan. Meski banyak yang mengganggap desain Pocophone F1 kurang menarik dan masih menggunakan material plastik, kami tetap memberi apresiasi setinggi-tingginya pada Pocophone karena mampu menghadirkan SoC kelas premium, Qualcomm Snapdragon 845, pada sebuah produk seharga hanya 4,5 jutaan rupiah saja.

Perlu Anda ketahui, biasanya Snapdragon 845 hanya bisa dinikmati melalui smartphone kelas atas saja yang harganya jauh lebih mahal. Di Indonesia, hanya ZenFone 5Z yang menjadi saingan terdekat Pocophone F1 dari segi harga, itupun harus ditebus dengan dana lebih dari 6 jutaan rupiah. Dengan bekal Snapdragon 845, tentunya Anda bisa menjalankan berbagai aplikasi, termasuk game kelas berat, dengan lancar.

Dari segi kamera Pocophone F1 juga tetap bisa diandalkan. Kombinasi kamera belakang ganda Sony IMX363 12 megapixel f/1.9 dan kamera kedua 5 megapixel, serta kamera selfie 20 megapixel di depan cukup mumpuni untuk memotret di beragam kondisi. Bahkan, baterai 4000 mAh pada Pocohone F1 tergolong besar dan memiliki daya tahan yang amat baik.

Yuk, simak review lengkap Pocophone F1 di tautan berikut ini.


Quote:Smartphone Terbaik di kelas 6-9 Juta Rupiah: Asus ZenFone 5Z

100% Canggih Award: Inilah Deretan Smartphone Terbaik untuk Tahun 2018

ZenFone 5Z merupakan opsi yang menarik untuk Anda yang membutuhkan smartphone komplit dengan performa kelas atas, desain yang bagus, kamera yang bisa diandalkan, serta harga yang ramah kantong. Pasalnya, smartphone ini dibekali SoC Qualcomm Snapdragon 845 dengan RAM hingga 8 GB dan memori internal hingga 256 GB.

Untuk spesifikasi lainnya, ZenFone 5Z dibekali layar 6,2 inci Full HD+ 19:9, kamera belakang ganda yang terdiri dari 12 megapixel Sony IMX363 f/1.8 (PDAF dan OIS) + kamera wide-angle 120 derajat, kamera depan 8 megapixel, serta baterai 3300 mAh. Semua penawaran menarik tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari 6 jutaan rupiah saja.


Quote:Smartphone Terbaik di kelas 9-12 juta rupiah: Samsung Galaxy S9

100% Canggih Award: Inilah Deretan Smartphone Terbaik untuk Tahun 2018

Samsung Galaxy S9 menjadi pilihan utama kami di kisaran harga ini. Alasannya sudah jelas. Ini adalah smartphone yang amat komplit dan premium baik dari segi desain, hardware, serta fitur-fitur yang ada di dalamnya. Bersama dengan S9+, Samsung Galaxy S9 menjadi duo smartphone pertama yang memiliki kamera dengan dua aperture. Berbekal sensor 12 megapixel, Anda dapat menggunakan aperture f/1.5 dan f/2.4.

Dengan dua aperture, smartphone ini dapat menghasilkan foto yang tajam baik di kondisi cahaya terang maupun temaram. Ketika cahaya terlalu terang misalnya di bawah sinar matahari yang terik, Anda bisa menggunakan f/2.4. Sebaliknya jika di tempat gelap, f/1.5 akan sangat membantu.

Tidak hanya menjanjikan tangkapan gambar yang bagus di berbagai kondisi, kamera Galaxy S9 juga didukung fitur keren seperti kemampuan merekam video Super Slow-Mo di 960fps, serta AR Emoji yang memungkinkan Anda membuat emoji yang mirip dengan wajah Anda. Hanya dengan mengambil foto selfie, Galaxy S9 akan menganalisa gambar wajah pengguna secara 2 dimensi dan memetakan lebih dari 100 ciri wajah untuk menciptakan model 3 dimensi..

Saat ini, Galaxy S9 dibanderol di kisaran 11 juta rupiah.


Quote:Smartphone Terbaik di atas 12 juta rupiah, Smartphone Terbaik 2018: Samsung Galaxy Note9

100% Canggih Award: Inilah Deretan Smartphone Terbaik untuk Tahun 2018

Dari tahun ke tahun, seri Galaxy Note selalu mendapat tempat di jajaran smartphone terbaik pilihan kami. Tahun 2018 pun sama. Kali ini, Galaxy Note9 kami nobatkan sebagai smartphone terbaik di atas 12 juta rupiah, sekaligus sebagai smartphone terbaik tahun ini! Performa luar biasa, kamera amat baik, dan S Pen yang semakin memudahkan pekerjaan menjadi pertimbangan kami memilih Galaxy Note9.

Masih butuh alasan? Langsung saja baca review lengkap kami di tautan berikut ini.


Quote:Smartphone dengan Kamera Terbaik 2018: Huawei P20 Pro

100% Canggih Award: Inilah Deretan Smartphone Terbaik untuk Tahun 2018

Ya, Galaxy Note9 dan Galaxy S9 memang punya kamera jempolan. Tapi menurut kami, Huawei P20 Pro masih lebih baik, khususnya jika diadu untuk pemotretan di kondisi cahaya yang minim. Mengapa bukan Mate 20 Pro? Karena kamera monokrom yang sanggup menangkap detail dengan lebih baik hanya ada di P20 Pro, dan itu yang kami suka.

Sekadar mengingatkan, total ada 4 kamera yang tersedia pada P20 Pro. Satu di depan untuk selfie, dan tiga di belakang. Kamera belakang inilah yang menarik, karena terdiri dari 1 modul kamera dengan sensor RGB 40 megapixel dan lensa berdiafragma F/1.8, 1 kamera dengan sensor monokrom 20 megapixel dan lensa F/1.6, serta 1 kamera dengan sensor 8 megapixel yang dilengkapi lensa telefoto atau zoom.

Huawei P20 Pro mampu menghasilkan foto yang amat baik untuk pemotretan di kondisi cahaya yang memadai. Bukan hanya teksturnya tajam dan detail, dynamic range smartphone ini tergolong amat luas di kelasnya. Bisa diandalkan bila harus memotret dengan background yang terlalu terang alias kontras tinggi.

Selain itu, sensor berukuran 1/1.73? yang tergolong besar untuk ukuran smartphone amat membantu menangkap gambar dengan noise yang terkendali ketika memotret pada saat cahaya minim. Untuk memotret di dalam ruangan atau pada malam hari hasil fotonya terang dengan tetap menjaga detail dari objek yang ditangkapnya. Exposure, white balance, dan kontras warnanya pun terlihat baik. Anda bisa langsung memotret dengan mode Auto karena AI akan langsung menyesuaikan besaran ISO.

Sayangnya, Huawei Indonesia kabarnya akan sedikit demi sedikit mengurangi stok P20 Pro untuk pasar Tanah Air. Selain karena sudah ada Mate 20 Pro, di awal tahun 2019 nanti penerus P20 Pro kemungkinan sudah akan dirilis.


Quote:Smartphone dengan Desain Terbaik 2018, Smartphone untuk Selfie Terbaik 2018 : Oppo Find X

100% Canggih Award: Inilah Deretan Smartphone Terbaik untuk Tahun 2018

Urusan desain memang Oppo jagonya. Selain mampu menghadirkan tampilan yang memukau untuk jajaran produknya di seri A dan F, melalui Find X Oppo menyuguhkan desain panoramic yang inovatif. Bagian depan smartphone diisi sepenuhnya oleh layar dengan bezel super tipis yang membuat ratio screen-to-body 93,8 persen, dan sekaligus membuat dimensinya sedikit lebih ringkas.

Oppo mengusung sistem kamera geser yang baru akan muncul ketika dibutuhkan hanya dalam waktu 0,5 detik. Oppo menjanjikan sistem penggerak otomatis pada Find X telah melalui pengujian 300 ribu kali. Dengan konsep desain seperti ini, Oppo Find X terlihat menawan dan beda dari seri flagship brand lain. Apalagi, gradasi warna pada bodi bagian belakang memberikan kesan mewah saat dilihat dan digunakan.

Oppo Find X tahun ini juga kami pilih sebagai smartphone untuk selfie terbaik. Smartphone ini punya kamera depan 25 megapixel f/2.0 yang mampu menangkap gambar dengan tajam dan reproduksi warna yang cukup akurat. Soal teknologi pendukungnya, kamera selfie Find X dipersenjatai teknologi AI untuk mempercantik hasil foto secara natural. Yang lebih menarik, Oppo juga membenamkan fitur 3D lighting untuk membuat foto selfie yang artistik.


Quote:Smartphone Paling Inovatif 2018: Vivo V11 Pro

100% Canggih Award: Inilah Deretan Smartphone Terbaik untuk Tahun 2018

Mengapa kami nobatkan sebagai yang paling inovatif tahun ini? Karena Vivo V11 Pro adalah smartphone pertama yang mengusung Screen Touch ID, yakni sensor sidik jari yang tersembunyi di bawah layar. Di Indonesia, saat ini baru Vivo yang memiliki fitur canggih seperti ini. Bahkan smartphone kelas premium pun tidak ada yang punya.

Seperti diketahui, umumnya para produsen smartphone selalu menyediakan sensor sidik jari pada bagian dagu di depan atau dipindahkan ke belakang. Selain canggih, keuntungan menggunakan Screen Touch ID adalah ratio screen-to-body bisa lebih maksimal dan desain punggung V11 Pro menjadi lebih polos.


Jadi manakah ponsel favoritmu di tahun 2018? Suarakan opinimu di kolom komentar.


100% Canggih Award: Inilah Deretan Smartphone Terbaik untuk Tahun 2018
YANGCANGGIH.COM juga menerbitkan majalah gadget digital bulanan, Y Magazine yang dapat diunduh secara gratis melalui Magzter dan Pressreader. Untuk versi PDF, bisa diunduh gratis di yangcanggih.com/y-magazine

FB:YANGCANGGIH
Twitter:@YANGCANGGIHCOM
Instagram:@YANGCANGGIH
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
08-01-2019 11:41
mantab reviewnya
0
Lihat 2 balasan
08-01-2019 12:12
ane tetep lah pake hp ini

100% Canggih Award: Inilah Deretan Smartphone Terbaik untuk Tahun 2018
Diubah oleh risky.jahat
0
Lapor Hansip
09-01-2019 15:48
Balasan post edsixteen
Kalo reviewnya ada lagi gan.. ini round-up namanya emoticon-Smilie
0
Lapor Hansip
09-01-2019 15:56
Balasan post yangcanggihcom
emoticon-Ngakak bacanya

Parameternya apa za? emoticon-Bingung

Lg promosi terselubungkah?
0
09-01-2019 16:14
ane masih setia pake esia hidayah gan,belum tertarik beli smartphone mahal
Diubah oleh rue_jazz
0
10-01-2019 14:40
gak tertarik sama sekali
0
10-01-2019 16:13
APPLE?? ga masuk nominasi bosku?
0
10-01-2019 18:18
Gak jauh dari yang itu-itu sih gan...
But lumayan gans buat referensi. Tinggal cek toko aja mana yang lebih murah. Hehe
0
10-01-2019 18:30
Kaskus
Lebih suka samsung daripada apple
0
10-01-2019 23:18
Apple fanboy
0
11-01-2019 02:58
pejwan gan, sayang hape ane bukan yg ada di list ts
0
11-01-2019 06:25
di kategori 6-9 juta harusnya OnePlus 6T tuh.....malah Asus.....hadeeeuuuhh......
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
11-01-2019 09:37
Balasan post doelstac
yang masuk nominasi hape yang masuk resmi ke Indonesia gan.
0
11-01-2019 09:48
iphone gak ada nih ? emoticon-Hammer2
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.