Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
5070
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56d97b2d14088d2c108b4568/panduan-ups---part-1
Disclaimer: Sebelum anda membaca panduan ini, perlu diketahui saya bukanlah insiyur elektro atau ahli elektronik yg mengerti 100% tentang UPS. Panduan ini ditujukan kepada orang awam, kalo ada yg terlewatkan adalah semata untuk pertimbangan kesederhanaan dan kemudahan untuk dibaca dan dimengerti dan untuk tujuan fokus pada pembahasan UPS. Panduan ini jauh dari sempurna so please no complaining, ko
Lapor Hansip
04-03-2016 19:10

Panduan UPS

Disclaimer:
Sebelum anda membaca panduan ini, perlu diketahui saya bukanlah insiyur elektro atau ahli elektronik yg mengerti 100% tentang UPS. Panduan ini ditujukan kepada orang awam, kalo ada yg terlewatkan adalah semata untuk pertimbangan kesederhanaan dan kemudahan untuk dibaca dan dimengerti dan untuk tujuan fokus pada pembahasan UPS. Panduan ini jauh dari sempurna so please no complaining, koreksi dengan data valid sangat disarankan.


Pertanyaan seputar ups bisa disampaikan di forum ini, yg bertanya via pm tidak akan direspon...


PRINSIP KERJA UPS


Setiap PC membutuhkan daya listrik. Kalau aliran listrik (main power) terputus, PC akan mati (tidak berfungsi). Fungsi dasar UPS (Uninterruptible Power Supply) adalah menyediakan suplai listrik SEMENTARA ke beban (PC) tanpa terputus pada saat main power nya tidak bekerja agar seluruh proses dapat dihentikan dengan benar, seluruh data dapat disimpan dengan aman, dan komputer dapat dimatikan dengan benar. Jadi fungsi UPS itu BUKAN agar user tetap dapat bekerja.

UPS memiliki dua sumber daya listrik : Primary Power Source dan Secondary Power Source. Salah satunya berasal dari main power (stop kontak / PLN), satunya dari baterai UPS. Di dalam UPS terdapat Switch yang mengatur sumber daya listrik mana yang digunakan untuk menyediakan suplai listrik ke beban (PC). Jika Primary Power Source tidak berfungsi, Switch akan mengaktifkan Secondary Power Source secara otomatis. Begitu juga sebaliknya jika Primary Power Source sudah kembali berfungsi.

PSU komputer membutuhkan arus listrik AC, sedangkan arus listrik dari baterai adalah DC. Oleh karena itu, di dalam UPS terdapat Inverter yang mengubah arus DC dari baterai menjadi arus AC. Di dalam UPS juga terdapat Rectifier yang mengubah arus AC dari main power menjadi arus DC untuk mengisi baterai pada saat main power bekerja.

Panduan UPS - Part 1

Gambar 1 : Diagram paling simpel dari UPS

Udah pake UPS pas listrik mati kok PC tetep restart? Jangankan pas PLN mati, pas PLN hidup aja PC bisa restart sendiri.

Ada beberapa jenis gangguan suplai daya listrik ke PC antara lain :

1. Noise
Ini kalo tegangan (voltase) naik/turun tapi cuma sedikit (persentasenya kecil). Kalo standar 220 volt, sekitar 200 - 240 volt itu masih bisa dianggap noise. Kalopun selisih banyak, biasanya bertahap (gak langsung drop banget atopun tinggi banget). Noise yang macem begini biasa diatasi pake AVR. Tapi ya itu, AVR pun ada kelasnya. Ada yang cuma model sirkuit harga 50 ribuan, ada yang servo-motor harga 200 ribuan, ada yang ferro-resonant harga 700 ribuan (untuk 500VA semua loh). Ada harga ada rupa lah. PSU yang bagus juga biasanya sanggup ngatasi masalah Noise walopun gak pake AVR di luar PC.

Panduan UPS - Part 1

Gambar 2 : Sinyal AC yang terganggu oleh Noise

2. Blackout
Ini kalo main power (PLN) tidak bekerja. Fungsi dasar UPS untuk mengatasi Blackout. Kalo mau ngetes fungsi UPS yang paling dasar ini ya cabut aja kabel power UPS nya dari stop kontak pas komputernya nyala. Tinggal diliat komputernya mati/restart gak.

3. Brownout / Sag
Ini kalo tegangan (voltase) dari main power turun (drop) dan naik lagi (kembali) dalam waktu yang sangat cepat. Dropnya bisa nyampe separo dari yang seharusnya, dan waktunya hanya sepersekian detik. Kita kadang bisa mendeteksi adanya Brownout ini ketika lampu di ruangan seperti berkedip.

Penyebab Brownout pada umumnya adalah karena ada tambahan beban berat (heavy load) di jaringan listrik, misalnya ada yang nyalain mesin las listrik atau mesin produksi kapasitas besar. Tambahan bebannya itu gak harus di rumah / kantor kita lho, bisa aja tetangga kita yang nyalain mesin trus pengaruh ke listrik kita lewat jaringan PLN.

Brownout ini lebih berpotensi menimbulkan masalah dibanding Blackout. UPS murahan belum tentu bisa ngatasi masalah Brownout ini. Yang harus diingat, kemampuan UPS untuk mengatasi Brownout ini TIDAK BISA dites dengan cara memutus main power ke UPS & menyambungnya kembali walaupun dalam waktu yang sangat singkat. Dulu UPS yang kualitasnya kurang bagus saya colokin ke stavolt, komputernya dinyalain, trus power switch dari stavoltnya di-off & on-kan secepat mungkin, komputer gak mati / restart. Tapi pas lampu di ruangan kedip, komputernya tetep restart juga.

4. Surge & Spike
Kebalikan dari Brownout / Sag, ini kalo tegangan (voltase) dari main power melonjak dan turun lagi (kembali) dalam waktu yang sangat cepat. Naiknya bisa nyampe puluhan kali dari yang seharusnya, dan waktunya hanya sepersekian detik. Jadi kalo tegangan normal listrik kita 220 volt, surge ini bisa bikin jadi 2000 volt atau bahkan 10000 volt.

Penyebab Surge pada umumnya adalah karena ada berhentinya beban berat (heavy load) di jaringan listrik, misalnya pas mesin las listrik atau mesin produksi kapasitas besar dimatiin. Surge juga bisa terjadi ketika main power kembali nyala setelah terjadinya Blackout.

Istilah Spike lebih sering dipake untuk lonjakan tegangan akibat petir (lightning strikes). UPS berkualitas tinggi biasanya juga dilengkapi dengan Surge Protector.

JENIS - JENIS UPS

Pada dasarnya, UPS cuma ada 2 jenis, yaitu OFFLINE dan ONLINE. Perbedaannya adalah pada sumber daya listrik mana yang jadi Primary Power Source, mana yang jadi Secondary Power Source.

Pada UPS jenis OFFLINE, sumber listrik primer adalah stop kontak / PLN, sumber listrik sekunder adalah inverter (dari baterai). Beberapa yang termasuk istilah lain ataupun varian dari OFFLINE UPS ini antara lain : Standby UPS, Ferroresonant-Standby UPS, Line-Interactive UPS, Voltage & Frequency Dependent (VFD) UPS, Voltage Independent (VI) UPS.

Karakteristik penting yang ada pada Offline UPS adalah adanya Switch Time atau Transfer Time, yaitu waktu yang diperlukan oleh Switch untuk pindah dari sumber listrik primer ke sumber listrik sekunder pada saat sumber listrik primer dianggap gagal berfungsi, sehingga ada jeda waktu dimana beban tidak mendapat listrik.

Panduan UPS - Part 1

Gambar 3 : Offline UPS
Garis putus - putus menunjukkan sumber listrik sekunder


Offline UPS generasi sekarang biasanya memiliki Transfer Time kurang dari 4 milidetik (4 ms). Cukupkah Transfer Time segitu? Tergantung PSU nya. Di PSU ada spesifikasi Hold Time atau Holdup Time yang menunjukkan berapa lama PSU masih bekerja sebelum benar - benar mati jika aliran listrik terputus.

Penjelasan soal Hold Time atau Holdup Time bisa dilihat di threadnya Bung Khurios2000 yang udah di-sticky. Yang penting Transfer Time nya UPS harus lebih kecil daripada Hold Time nya PSU. Adanya Transfer Time membuat sebagian orang tidak menganggap Offline UPS sebagai UPS karena tidak benar - benar "uninterruptible".

Sepanjang pengalaman saya, Transfer Time 4 ms biasanya cukup untuk PSU abal-abal sekalipun. Cara membuktikannya ya sama dengan cara membuktikan kemampuan UPS mengatasi Blackout seperti yang sudah dijelaskan di atas.
Pada UPS jenis ONLINE, sumber listrik primer adalah inverter (dari baterai). Inverter bekerja terus - menerus menyediakan listrik dari baterai untuk beban (PC), sedangkan rectifier dari AC ke DC bekerja terus - menerus untuk mengisi baterai. Itu sebabnya juga disebut DOUBLE CONVERSION UPS atau DOUBLE CONVERSION ONLINE UPS. Kalau main power tidak berfungsi, hanya rectifier dari AC ke DC yang berhenti bekerja, sedangkan kerja inverter tidak berubah (tidak ada Transfer Time / Switch Time). UPS jenis ini juga disebut Voltage & Frequency Independent (VFI) UPS karena tegangan dan frekuensi outputnya tidak dipengaruhi oleh input.

Pada Online UPS juga terdapat Switch yang otomatis mengambil aliran listrik dari sumber listrik sekunder (langsung dari PLN) jika inverter / baterai tidak bekerja. Biasanya Switch ini juga bisa difungsikan secara manual (manual bypass) untuk maintenance baterai. Tidak adanya Transfer Time / Switch Time membuat sebagian orang menyebut Online UPS sebagai "True UPS".

Panduan UPS - Part 1

Gambar 4 : Online UPS
Garis putus - putus menunjukkan sumber listrik sekunder



SPESIFIKASI UPS

Kalo milih UPS, ada spesifikasi yang bisa dibaca di box / manual / website nya. Di sini cuma dibahas beberapa spesifikasi yang penting untuk diperhatikan.

1. UPS Type / Topology
Jenis UPS ini yang paling penting. Intinya: ONLINE atau OFFLINE? Biasanya, kualitas inverter di Online UPS secara umum lebih baik daripada di Offline UPS. Hal ini karena diasumsikan inverter di Offline UPS hanya berfungsi kadang - kadang dan dalam waktu yang relatif singkat. Jadi kalo kualitasnya gak persis ama listrik PLN ya dianggap gak terlalu berisiko merusak PC. Beda dengan Online UPS yang inverternya bekerja terus - menerus, jadi kualitas outputnya harus bener - bener bagus.

2. Load Rating (Capacity & Run Time)
Kapasitas UPS tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. Mau dipake berapa PC? Total daya berapa Watt? Yang harus diingat, kapasitas UPS (juga perhitungan beban) ini bisa dinyatakan sebagai Apparent Power, bisa juga sebagai True Power.

True Power = Power Factor x Apparent Power

Biasanya Apparent Power dinyatakan dalam satuan VA (Volt-Ampere), sedangkan True Power biasa dinyatakan dalam satuan Watt. Jadi ada UPS yang nulis spec Maximum Load-nya 600VA (480 Watt). Artinya Apparent Power = 600VA, True Power = 480Watt, Power Factor = 0,8. Kalo di spec UPS cuma ada Apparent Power (pake satuan VA), untuk amannya ambil Power Factor (faktor daya) = 0,6.

UPS yang bagus biasanya dia punya tabel / gambar Run Time seperti ini.

Panduan UPS - Part 1
profile-picture
profile-picture
twaw dan aksa123 memberi reputasi
4
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 221 dari 254
Panduan UPS - Part 1
02-01-2019 19:39
suhu2.. aki/baterai terbaik kapasitas 12v9ah merk ap? untuk apc su1000i.. dan tmpt beli yang rekomend nya dmna daerah jak bar sekitarnya?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Panduan UPS - Part 1
Lapor Hansip
03-01-2019 16:59
Balasan post obelize
bantu jawab ya
Krn ukurannya sama dgn baterai SMC1000i, ane ksh link harganya aja.
salah satu terbaik cm termahal juga.
https://www.tokopedia.com/apc-offici...&m_id=12924699

ane jkt barat.hehehe
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
04-01-2019 10:38
WTA,,, singkat pake ups yg baik dan benar itu gmna ya??? Apa misalnya di pake pas baterai full tapi listrik nyala apakah terus mencharge??? Itu jelek g ke baterai???
0 0
0
Lihat 5 balasan
Panduan UPS - Part 1
Lapor Hansip
04-01-2019 11:28
Balasan post queenfromhell
gk gan, kan ada fitur proteksi baterai. cm tipe2 ups beda fitur2 di ups, makin bagus mkn lengkap.
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
Lapor Hansip
04-01-2019 14:15
Balasan post twaw
Ohh ya tengkyuu gan
Maksudnya kan emang fungsi ups harus gtu ya mo gmna lagi coba hahaa, ad yg bilang cepet drop, setidaknya bisa tahan 3 tahun deh baru ganti hehe
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
Lapor Hansip
04-01-2019 18:18
Balasan post queenfromhell
semua sdh ada standarisasinya, baterai ups memang diciptakan beda dgn aki motor/mobil yg charger terus menerus.
membuat baterai awet banyak cara2nya cm kadang cara2nya lbh mahal dr sekedar normal pemakaian. itu mnrt aku sih.
1 0
1
Panduan UPS - Part 1
Lapor Hansip
04-01-2019 18:35
Balasan post twaw
Iya gan, ane pakai cara normal dri manual book juga smoga aj awet, kesimpulannya colok terus jika dipakai g masalah ya,,, lalu off kan jika tidak di pakai??? Tengkyu ya gan
1 0
1
Panduan UPS - Part 1
Lapor Hansip
05-01-2019 08:36
Balasan post queenfromhell
mnrt ane sih, lbh baik gitu.
klo mslh ini ane beda pendapat dgn agan liandri.
prnh denger gk kejadian dr tanya2 lgsg ke ane klo pc rusak krn ups lupa dimatikan wktu hujan besar byk geledek.
pulang2 ups rusak dan vga rusak.hehehe
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
06-01-2019 22:10
Ane mau nanya dong gan, ceritanya hari ini pemadaman listrik, berhubung battery hp ane low bat, ane pakelah tu ups buat charge hp, udah cukup ane matiin tu ups.

pas listrik nyala ane pasang ups d komp ane, kondisi ups udah on tapi pc off, sekitar 1 jam gitu alarm ups bunyi tpi lampu indikator ijo, ane matiin upsnya dan cabut power, nyala kan lagi normal lagi upsnya.

Ane coba deh nyalain ups main game pubg 15 menit kemudian alarm nyala lagi, indikator tetap ijo, ane cba cabut power indikator battery nyala, alarm mati, udah gitu ane pasang lagi power ya indikator ijo lagi alarm bunyi lagi, ane cba biarin aja ehhhh gak ada 2 menit langsung ups mati indikator merah nyala padahal posisi ups masih terpasang d power cabut power, alarm .

Akhirnya ane cabut tu ups dan coba charge lagi siapa tau bisa normal lagi, ane cba buka buku manual gak ada penjelasan apa yang error kalau nyala ijo tapi alarm bunyi.

Kira2 masalahnya dimana yah? Soalnya ane punya 2 ups merk delta yg ane cba pasang di mesin air sampe battery sisa 25% dan ane pake d komp ane normal aja.

INFO aja ups ica cn 1300 ane ada 2, dan ups ane yg lama itu udah 1 tahun dpake d komp ane yg sama dan gak ada masalah sama sekali. Nah ups yg bermasalah ini ups baru ane beli 1 minggu trus sesuai petunjuk manual book ane charge 10jam, dan selama ini blm pnah ada masalah.

Spek komp ane
Proc i5 6500
Mobo h170
Vga Asus 1060 6gb dual fan
Ram 16gb
Hdd 500gb
Psu super flower leadex gold 550w
Monitor benq 24 inch
Fan 12 inch 3, 14 inch 2
Diubah oleh onecoder
0 0
0
Lihat 1 balasan
Panduan UPS - Part 1
07-01-2019 10:53
halo gan...
ane mau nanya nih, ane mau beli UPS buat PS4 ane, kira2 berapa watt ya yang cocok?
terus ngelihat nya dari watt ps atau watt listrik ya?

soal nya listrik kosan ane sering turun sendiri sekringnya...
bisa di bilang di daerah ane hampir tidak pernah mati lampu, tapi klo ane lagi masak nasi langsung turun sekring nya setelah beberapa menit nasi nya dalam proses masak...
TV + PS + rice coocker + 2 biji lampu...
udh 2 kali save game ane corrupt....
emoticon-Mewek
0 0
0
Lihat 3 balasan
Panduan UPS - Part 1
Lapor Hansip
08-01-2019 12:01
Balasan post irvan90
Quote:Original Posted By irvan90
halo gan...
ane mau nanya nih, ane mau beli UPS buat PS4 ane, kira2 berapa watt ya yang cocok?
terus ngelihat nya dari watt ps atau watt listrik ya?

soal nya listrik kosan ane sering turun sendiri sekringnya...
bisa di bilang di daerah ane hampir tidak pernah mati lampu, tapi klo ane lagi masak nasi langsung turun sekring nya setelah beberapa menit nasi nya dalam proses masak...
TV + PS + rice coocker + 2 biji lampu...
udh 2 kali save game ane corrupt....
emoticon-Mewek


amannya setidaknya 1.5x dari daya yg agan mau colokin ke UPS gan..
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
Lapor Hansip
08-01-2019 12:03
Balasan post irvan90
PS4 + TV pakai ICA CE1200 gan.. ane pake itu dah setahunan lebih aman
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
Lapor Hansip
08-01-2019 13:55
Balasan post twaw
Selamat siang gan, mau tanya. Apakah ada alternatif lain selain ica st623b? Karena barangnya kosong.
Kalau untuk budget harga antara 2 sampai 4 juta deh maksimal.
Terima kasih.

Btw sama toko disarankan pakai ica cp 700. Apakah bisa?
Diubah oleh omegafrans
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
Lapor Hansip
08-01-2019 14:27
Balasan post omegafrans
cp1400 aja, itu cp700 cm 350watt loh.

PSUnya belum APFC/sertifikasi 80++ jd gk perlu PSUnya Pure Sinus.
profile-picture
omegafrans memberi reputasi
1 0
1
Panduan UPS - Part 1
Lapor Hansip
08-01-2019 14:32
Balasan post irvan90
Sbaiknya, alat bagus maka pembackupnya jg sbaiknya bagus.
PSU PS4 sdh APFC, sbaiknya ditandemkan dgn UPS Sinus murni.
list ada dipage one UPS Sinewave.
dan sbaiknya yg colok ke UPS alat2 penting saja, krn mkn besar daya UPS mkn mahal.
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
Lapor Hansip
08-01-2019 14:33
Balasan post onecoder
UPS kadang cocok2an gan.
UPS tipe lama, trs ganti model penggantinya malah gk cocok kasus kayak gini gk 1 atau 2 tp sdh bbrp kali ane baca.
mau pasti UPS SInus yg harganya pasti tinggi.
cuma klo mau coba2 dan paksain alat sih gk apa2.
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
Lapor Hansip
08-01-2019 20:01
Balasan post twaw
Ok. Terima kasih sarannya gan emoticon-Nyepi
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
09-01-2019 22:35
Butuh rekomendasinya dong,
Bukan buat PC, tapi buat TV. Kebetulan tv di rumah sepertinya rusak karena over voltage, ane udah order tv baru dan bakal datang beberapa hari lagi.
Rencana mau pakai UPS biar awet dan voltase stabil terus, ada saran merk dengan budget sekitar 500K?
Kebutuhan watt sekitar 150an peak (Cuma baca spek, belum ukur real krn belum ada tvnya haha)
Baca2, semua ups include AVR, makanya milih beli ups sekalian dibanding cuma AVR.
Listrik komplek jarang mati, tapi pernah beberapa kali voltase turun sampe setengah.
Mohon bantuannya...
0 0
0
Lihat 8 balasan
Panduan UPS - Part 1
10-01-2019 12:25
Permisi agan2, mohon minta rekomendasi UPS yang bagus dong dengan kapasitas 1000VA,dari page 1 ada byk pilihan soalnya.

Penggunaan untuk Alat test pabrik yang tersambung di PC, pengalaman pernah beli UPS murah, listriknya ngk stabil, yg rusak malah alat testnya.

Mohon bimbingannya,Untuk budget tidak jadi patokan.

Trima Kasih
0 0
0
Lihat 1 balasan
Panduan UPS - Part 1
Lapor Hansip
11-01-2019 09:17
Balasan post cruis
UPS Online travo gan klo mau Bagus.
ICA tipe SIN, tipe legenda sampe sekarang. Terkenal Awet.
Harga diatas rata2 juga.
0 0
0
Halaman 221 dari 254
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Handphone & Tablet
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia