alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c342dfa162ec2f7328b456a/larangan-nama-anak-kebarat---baratan
Lapor Hansip
08-01-2019 11:58
Larangan Nama Anak Kebarat - Baratan
Past Hot Thread


Larangan Nama Anak Kebarat - Baratan

Apalah arti sebuah nama, yah pujangga yang berasal dari negara inggris pernah mengatakan What's in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet. Apalah arti sebuah nama, jika namanya mawar diganti menjadi nama yang lain dia akan tetap mengeluarkan wangi yang harum.

Disalah satu kabupaten di jawa tengah yakni di kabupaten karanganyar, para wakil rakyatnya mungkin lebih mementingkan "sebuah nama" bagi manusia. Karena mereka beranggapan bahwa nama nama lokal dari daerah jawa sudah mulai menghilang. Sehingga mereka berencana untuk membentuk aturan agar orangtua harus memberi nama anaknya sesuai dengan kearifan lokal.

Larangan Nama Anak Kebarat - Baratan

Anggota DPRD beranggapan bahwa nama - nama jawa sudah banyak tergantikan oleh nama nama asing atau kebule bulean. Latar belakang yang seperti itu yang membuat anggota DPRD ingin mewacanakan untuk membuat perda dalam bidang pelestarian budaya dan kearifan lokal, agar orangtua harus memeberi nama sesuai dengan warisan nenek moyang daerah jawa.

Wah jika rancangan perundang undangan ini disahkan dan berubah menjadi perda kebayang sebuah nama bisa diatur oleh negara. Sebenarnya hak dalam pemberian nama lebih berhak kepada orangtua. Mungkin tujuannya baik untuk melestarikan nama - nama melestarikan marga yang pernah diwariskan oleh nenek moyang.

Larangan Nama Anak Kebarat - Baratan

Mungkin pepatah "apalah arti sebuah nama" ada benarnya juga. Alangkah baiknya dibanding hanya mengurusi sebuah nama alangkah lebih baiknya untuk mengubah akhlak, perilaku serta moral bagi anak - anak. Jika anak - anak sudah memiliki akhlak yang baik maka tentu akan membuat wilayah disekitar menjadi lebih baik.

Lebih baik jika peraturan mengenai pendidikan terhadap orang tua dalam mendidik anak di era yang serba modern ini agar orangtua bisa mengontrol anaknya di tengah zaman yang edan seperti saat ini.

Yah mau bagaimanapun juga itu adalah hak setiap orangtua dalam pemberian nama. Negara hendaknya mem fasilitasi dalam bidang pendidikan anak. Jika mau menerbitkan aturan mengenai kearifan lokal mungkin akan lebih bijak jika lebih kepada pelestarian budaya dan pengembangan daerah sehingga mempunyai potensi yang baik dibidang pariwisata maupun budaya.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Tulisan : opini TS
Gambar google
Referensi : detik.com


10
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 12
09-01-2019 18:46
Go to the blok, gobloookkk. Urus aja urusan yg lebih penting blok, bikin perda tiap rumah ada wc nya, perda mastiin tiap anak usia sekolah mendapat akses sekolah, transportasi publik yang bagus, area publik yg bagus. Tolol
0
09-01-2019 18:47
Quote:Original Posted By tiyorahmat
nama kejawir2an cem mana nih? apakah saipul, siti, ucup, lutpi, ahmad!? emoticon-Ngakak


yusuf, lutfi, ahmad itu nama arab bre kalo nama jawa kebanyakan diawali dengan "su" misalnya sukarno, sutrisno, sujatmiko, suwandi, suhartono emoticon-Jempol
0
09-01-2019 18:49
Dprd? Halah tukang korup
0
09-01-2019 18:49
terserah ortunya lah
0
09-01-2019 18:49
Quote:Original Posted By lapertrus
Go to the blok, gobloookkk. Urus aja urusan yg lebih penting blok, bikin perda tiap rumah ada wc nya, perda mastiin tiap anak usia sekolah mendapat akses sekolah, transportasi publik yang bagus, area publik yg bagus. Tolol


Klo ente daftar jadi presiden langsung gw coblos
0
09-01-2019 18:51
Quote:Original Posted By mibmobz
orang keturunan yg di indonesia pake nama std indonesia
macam amir, andi, ira, budi, yani, ari, dwi, umar, dst..
klo wni pribumi pake nama std pribumi
macam paimin, katijah, sariyem, saridin, sukimin, ngatiyem, pariman, dst..

emoticon-Ngakak gak jadi kamprett dah bagus tuh anak


Katemi ganemoticon-Ngakak
0
09-01-2019 18:51
Ya emang nama itu terserah ortunya. Tapi jgn mentang2 terserah ortu, anak dikasih nama Aril Piterpen, Titik doang, atau apalah. Kasian anaknya malah dibully....
0
09-01-2019 18:54
apapun nama anakanya yg penting artinya baik buat si anak.
0
09-01-2019 18:54
nama anakku siji mas
0
09-01-2019 18:57
Quote:Original Posted By sadako88
Ya emang nama itu terserah ortunya. Tapi jgn mentang2 terserah ortu, anak dikasih nama Aril Piterpen, Titik doang, atau apalah. Kasian anaknya malah dibully....


Andi Go To School, Rudy a good boy, happy new year. keluarga lejen emoticon-Ngakak
0
09-01-2019 18:57
Ngasih nama anak adalah hak orangtua, maksudnya sih bagus buat ngelestarikan nama-nama jawa seperti Suparjo, Suparman, Karyo, Sukinem dll. tapi yang begituan seharusnya sebatas himbauan aja, nggak usah sampai bikin larangan emoticon-Hammer2

Lagian jarang banget ada pribumi yang ngasih nama anaknya full kebulean, pasti dicampur sama nama berbau lokal
0
09-01-2019 18:58
di indonesia banyak yang namanya diki dengan penulisan "Dicky".
apanlah artinya itu
0
09-01-2019 19:00
namanya hitler bagus
0
09-01-2019 19:01
Klo nama nenek moyang
Berarti nama yg diambil dr bahasa sansekerta / mitologi hindu
Dunk ?

Emang boleh emoticon-Bingung
0
09-01-2019 19:06
owalah pak DPRD kentang amat buat UU, sekalian aja anak yg baru lahir lgsg kasih nama WNI1, dst. wekeke. biar keliatan nasionalis gitu pak.
emoticon-Ngakak
bikin UU jgn membatasi hak personal lah.
0
09-01-2019 19:07
Niatnya mungkin biar orang2 sana lebih percaya diri dengan nama yang kedaerahan. Jangan ngikutin trend ngikutin nama barat apa timur tengah.
Banyak kok istilah Jawa - Sansekerta yang maknanya bagus
0
Lapor Hansip
09-01-2019 19:08
Balasan post Pazonda95
Quote:Original Posted By Pazonda95
Michael Sugianto
Frederick Van Junaedi
Raden Mas Derreck
Alexander Sugeng

emoticon-Cape d...


Ane punya temen

Michael santoso bre emoticon-Ngakak (S)

Keturunan Chinese tapi ngomong medok jawa


Geli" gmana gtu
-1
09-01-2019 19:10
Matthew sukoco
0
09-01-2019 19:11
Quote:Original Posted By risky.jahat
terserah ortunya lah

kagak ngasih makan, kagak ngasih duit aja sok nglarang :cih


setuju
0
09-01-2019 19:12
kasi nama Nurhadildo Sontoloyo aja anying ahaha
0
Halaman 6 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.