• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Cara mudah mengetahui kamvas kopling mobil anda sudah habis

budibenedektusAvatar border
TS
budibenedektus
Cara mudah mengetahui kamvas kopling mobil anda sudah habis
Kampas kopling merupakan suatu komponen yang berada di antara mesin dan transmisi. Fungsi dari komponen ini ialah sebagai penghubung dan pemutus putaran mesin ke transmisi.

Berdasarkan fungsinya, kamvas kopling memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang peforma pada unit kendaraan. Banyak dari kita yang sering menganggap sepele tanda-tanda kamvas kopling mulai menipis. Dampak utama yang akan ditimbulkan oleh habisnya kamvas kopling ialah menurunnya peforma pada mobil.

Di artikel ini saya akan memberitahukan kepada semua pembaca di forum kaskus mengenai ciri-ciri dari kamvas kopling yang sudah habis, antara lain sebagai berikut:
1. Adanya bau hangus yang berasal dari dalam mesin. 
Bau hangus yang keluar akan terasa seperti bau dari karet terbakar. Hal ini disebabkan oleh seringnya kaki menempel pada pedal kopling disaat mobil sedang berjalan atau juga terjadi akibat terlalu seringnya memakai metode setengah kopling.

2. Akselerasi mobil melemah.
Kejadian ini dapat disebabkan oleh adanya oli yang melekat pada kampas kopling, atau terjadinya selip pada kamvas kopling.
Dimana mobil hanya akan meraung keras akan tetapi tenaga mobil dan putaran pada roda tidak berubah. Biasanya Jumlah putaran mesin(RPM) akan tiba-tiba melonjak naik namun peforma pada mobil akan menurun.

3. Pedal kopling semakin meninggi.
Ini disebabkan oleh menipisnya kain kampas kopling, dikarenakan jarak antara kamvas dengan matahari(clutch cover) semakin menjauh, sehingga membuat plat penekan dengan lahar kopling( Release Bearing Kopling) semakin dekat yang menyebabkan pedal kopling menjadi tinggi.

4. Kampas selip.
Selip nya kamvas kopling biasanya di tandai dengan susahnya mengoper atau memindahkan gigi transmisi dalam keadaan mesin menyala.

Selain 4 ciri-ciri kampas kopling habis diatas, saya juga akan memberikan tambahan cara sederhana mengetahui kampas kopling habis dengan cara sebagai berikut :

1. Nyalakan mesin dengan posisi tuas porseneling dalam keadaan netral, kemudian tariklah hand break(rem tangan) sampai mentok.
2. Injak pedal rem menggunakan kaki sebelah kanan dan di ikuti dengan kaki kiri menekan pedal kopling.
3. Masukkan tuas transmisi ke posisi gigi satu.
4.Naikkan sedikit setelan gas tangan hingga mencapai Rpm 1000.
5. Lepas secara perlahan pedal kopling.

Jika pada saat pedal kopling di lepas secara perlahan mesin akan langsung mati, ini menandakan kampas kopling masih bagus dan jika mesin masih tetap menyala ataupun tidak langsung mati berarti kampas sudah habis atau pun mulai menipis.

Setelah mengetahui ciri-ciri kampas kopling habis ada baiknya sahabat semua mengerti cara menghindari kampas cepat habis dengan cara :
1. Hindari menempel kan kaki kepedal kopling pada disaat mobil sedang berjalan.
2. Jangan terlalu sering memakai metode setengah kopling
3. Diwajibkan untuk gerakan pertama mobil gunakan gigi rendah seperti gigi 1, jangan sesekali anda menggunakan gigi tinggi dikarenakan anda harus memakai metode setengah kopling untuk bisa menggerakkan mobil.

Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan ke semua pembaca di forum kaskus.
Sekian dan terima kasih
SUMBER REFERENSI
Polling
0 suara
Pernahkah anda merasakan gejala habisnya kamvas kopling saat berkendara?
indriketaren
indriketaren memberi reputasi
2
3.9K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.