Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
9
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c330d2bc9518b1cfd204f69/identitas-orangtua-kandung-dirahasikan-keluarga-selama-27-tahun
Selamat bahagia para sedulur, suhu, agan, kaskuser, dan rider sekalian. Salan kenal dari rider lama kaskus yg belum pernah sekalipun bikin trit. Baru kali ini, jadi kalo ada salah naruh tempat toling jangan digebukin ya bosku hehehe. Kenalin sebelumnya nama ane S, inisial aja ya, krn ada alesan yg bakal abe jelasin agak di bawah. Tahun ini ane berumur 27 tahun, tepatnya kira2 sebulan lagu. Dan sel
Lapor Hansip
07-01-2019 15:26

Saya (Pikir) Cina

Selamat bahagia para sedulur, suhu, agan, kaskuser, dan rider sekalian. Salan kenal dari rider lama kaskus yg belum pernah sekalipun bikin trit. Baru kali ini, jadi kalo ada salah naruh tempat toling jangan digebukin ya bosku hehehe.

Kenalin sebelumnya nama ane S, inisial aja ya, krn ada alesan yg bakal abe jelasin agak di bawah. Tahun ini ane berumur 27 tahun, tepatnya kira2 sebulan lagu. Dan selama 27 tahun itu juga ternyata identitas orangtua kandung ane dirahasiain sama keluarga ane. Baru kemaren tepatnya, semua dibuka ke ane. Cukup kaget, tp ga terlalu juga sih. Kita mulai cerita dr awal aj ya hu, biar enak hehehe.

Ane lahir taun 92 di kota Solo Jawa Tengah. Sejauh ingetan ane, sejak kecil ane diasuh sama Mak. Waktu kecil ane pikir Mak itu orangtua ane. Baru ketika gede dikit ane diajarin kalo Mak itu ternyata nenek. Ane juga jadi tau kalo keluarga ane ini keluarga keturunan Tionghoa. Juga, sepasang pria wanita yang awalnya ane pikir kakak ane ternyata adalah orangtua ane.

Kebut sedikit agak gedean lg ane mulai berpikir, kenapa ane ga tinggal bareng ortu ane ya? Ada satu cewe yang dibilang Cece ane, tinggal bareng sama mereka tp ane kagak. Ane mulai bertanya2, tp namanya juga anak kecil yaudah yg enak dimana aj kaga masalah.

Masuk kelas 1 SD ane diboyong masuk rumah ortu ane. Tp ga bertahan sampe setaon, ane balik lg ke rumah Mak. Singkat cerita, sampe ane dewasa ane terus menerus pindah dr rumah satu sodara ke yg lain. Sejalan dengan itu, hubungan ane sama ortu, terutama babe, semakin merenggang.

Semakin lama smakin banyak pertanyaan yang bertumpuk dibenak ane. Juga firasat2 dan memori2 yg ane ga tau dr mana datengnya. Dibarengin sama kepribadian ane yg observant, semakinlah ane sadar kalo ane beda sr kedua ortu ane, dua saudara ane, atau bahkan orang2 lain dikeluarga besar ane.

Cuma ane masih percaya kalo ane keturunan Tionghoa. Mangkanya ane bener2 belajar mendalami sejarah2, ilmu2 filsafat, filosofi, kepercayaan, juga nilai2 kebudayaan Tionghoa.
Meskipun begitu, dr dalem diri ane memang krasa ada panggilan buat belajar kebudayaan dan nilai2 nusantara, terutama dr tanah Jawa. Kebetulan, ada satu orang tante ane yg suka dan tekun nempelajari sejarah2 nusantara. Juga tentang praktik kehidupan spiritualitas. Mangkanya, ane jd paling deket sama tante ane ini dibanding keluarga yg lain.

Skip agak maju sikit, ane ketemu sama satu cewe ketika kuliah di Jogja. Udah sekian lama ngejalin hubungan akhirnya kita mutusin buat menikah sebelum tahun depannya lg kita berdua mau merantau ke luar Jawa. Kita berdua sama2 kasi kabar ke keluarga masing2 tentang rencana ini.

Calon ane orang Jawa dan keluarganya masih megang erat budaya dan tradisi Jawa. Ketika sungkem ke salah satu pakdhe-nya, kita dapet cerita yg kita berdua sama sekali belum tau. Ternyata, calon ane masih ada sedikit trah dr Kraton dr pihak bapaknya. Tepatknya dr buyutnya. Menurut crita pakdhe, si buyut emang pernah ngomong kalo turunannya bakal keangkat derajatnya ketika dapet pendamping orang Solo.

Wah, ane sama calon seneng dengernya. Lepas dr bener atau kagak ya, doa yg baik mah ane aminin aja hahaha. Waktu itu ane masih ga nyangka, kalo lepas seminggu dr waktu itu ane bakal dpt kabar yg lebih ngejutin lg.

Singkat cerita, setelah silaturahmi kedua keluarga selesai tante ane yg td disebut tiba2 tanya2 ke ane tentang keluarga calon ane. Pas ane tanya, kenapa nanya2, dia bilang siapa tau ada yg kenal kalo dr Jogja kan dunia kdg2 kecil. Cm ane ga percaya gitu aja krn pertanyaan dia spesifik kaya orang yg berusaha menggali sesuatu.

Singkat cerita tante ane ngajak ketemuan pas hari libur. Dan disitulah semuanya kebuka.

Saya (Pikir) Cina Pt.2
Diubah oleh rumblemess
profile-picture
anasabila memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Identitas Orangtua Kandung Dirahasikan Keluarga Selama 27 Tahun
07-01-2019 15:51
Lanjut gan ceritanya... ijin diriin tenda ya emoticon-Wowcantik
1 0
1
Identitas Orangtua Kandung Dirahasikan Keluarga Selama 27 Tahun
07-01-2019 15:53
Lanjut gan, nyimak...
1 0
1
Identitas Orangtua Kandung Dirahasikan Keluarga Selama 27 Tahun
07-01-2019 15:59
wah seru nih, lanjut gan
1 0
1
Identitas Orangtua Kandung Dirahasikan Keluarga Selama 27 Tahun
07-01-2019 18:28

Saya (Pikir) Cina Pt. 2

Sedulur, suhu, kaskuser, dan rider sekalian, mangap sebelumnya ane ga bermaksud bikin cerita ini be-rpart2. Cuma krn td udah ga enak kepanjangan yaudah yg ada dulu ane post.
Nah sekarang ane malah kaga tau gimana caranya nglanjutin trit emoticon-Frown

Jd mungkin lanjut di sini dulu aja yak. Bagi suhu sekalian yg tau cara yg baik dan benar merapihkan trit, monggo ajarin nubie poster ini emoticon-Cendol Gan


Lanjutan
Seumur idup ane cina gan. Ane taunya papa-mama cina, Kong-Mak cina empat-empatnya. Kongcho dan Makcho cina juga. Kata2nya, malah ada turunan belanda juga. Tp ane mingkir, kok ga nurun2 ke ane ya??

Adik ane keliatan kaya stereotip penampakan cina kebanyakan. Mama ane juga. Walopun papa ama cece ga putih, cuman kalo diperhatiin matanya, tetep aja keliatan. Saudara2 d keluarga besar yg laen jg kurang lebih begitu.

Lah ane? Gada cina2nya sama sekali gan. Kulit ane sawo kematengan, bahkan tekstur atau countenance ane pun gada sama skali kesamaannya sama turunan cina lain yg ane.

Gara itu ane sempet krisis identitas waktu kecil. Sempet ngalamin tengsin kalo orang ga ngenalin kalo ane cina, padahal kan goblok yak emoticon-Nohope

Tapi justru itu ane semakin getol mencari dan mendalami asal-usul ane. Ane pelajari asal-usul praktik budaya, ajaran, kepercayaan, dan nilai2 yg diajarin ke ane sampe ke akar2nya. Ane pelajari sejarah2 kebudayaan Tionghoa dan figur2nya di tanah Indonesia sampe nusantara.

Pembelajaran ane sampe melebar ke agama juga. Dari agama2 mainstream/mayoritas yg ada di Indonesia skrg, sampe ke kepercayaan2 lainya. Lanjuuuut terus sampe ke riwayat pengaruh dan penyebarannya. Mentok sampe ke skolah/aliran pemikiran ato filsafat tertua di belahan Timur dunia.

Di satu sisi ane semakin belajar mengenai dunia, manusia, dan diri ane sendiri. Semakin belajar, bukannya semakin jelas, justru semakin banyak pertanyaan baru yg harus ane cari jawabannya.

Di sisi lain, ane ga mau kehilangan akar yg jadi pondasi seluruh worldview ane. Jadi ane masih berusaha kembali ke akar ke-cina-an ane. Menurut ane, ini penting banget, apalagi di negara seperti negara kita tercinta, dimana masalah identitas bisa begitu pentingnya tp juga begitu carut-marutnya di saat yg bersamaan.

Sampe akhirnya memutuskan,
Ane cina, akar ane cina, tp ane tumbuh di tanah Indonesia. Kehilangan akar ane mati, kehilangan tanah ane juga mati. Berati ane bukan cina aja, ane cina Indonesia.

dari situlah suhu sekalian, ane masuk ke tahap pengenalan dan pembentukan diri yg lebih serius.
1 0
1
Identitas Orangtua Kandung Dirahasikan Keluarga Selama 27 Tahun
08-01-2019 01:59
errr ini gimana bilang nya ya...
coba cari referensi dulu liat liat trit yang udah banyak viewersnya..
atau baca buku novel...
kayak gini bukan cerita.. ini namanya curhat...
tapi pasti lama lama terbiasa kok emoticon-Big Grin
lanjutin ya,tetep cari referensi
1 0
1
Identitas Orangtua Kandung Dirahasikan Keluarga Selama 27 Tahun
08-01-2019 07:05
ini klo dibikin cerita pasti bagus banget, lanjutin gan. Ane bner" pnasaran klanjutannya
1 0
1
Identitas Orangtua Kandung Dirahasikan Keluarga Selama 27 Tahun
08-01-2019 08:18
lanjut gann
1 0
1
Identitas Orangtua Kandung Dirahasikan Keluarga Selama 27 Tahun
08-01-2019 12:51
Quote:Original Posted By uang5ratus
errr ini gimana bilang nya ya...
coba cari referensi dulu liat liat trit yang udah banyak viewersnya..
atau baca buku novel...
kayak gini bukan cerita.. ini namanya curhat...
tapi pasti lama lama terbiasa kok emoticon-Big Grin
lanjutin ya,tetep cari referensi


bener banget hu, karena ini dr kisah nyata ane sendiri jadi jatuhnya curhat ya. Makasih sarannya hu, kedepan pelan2 saya rapiin yak emoticon-Blue Guy Cendol (L)
1 0
1
Identitas Orangtua Kandung Dirahasikan Keluarga Selama 27 Tahun
08-01-2019 15:09
Quote:Original Posted By rumblemess


bener banget hu, karena ini dr kisah nyata ane sendiri jadi jatuhnya curhat ya. Makasih sarannya hu, kedepan pelan2 saya rapiin yak emoticon-Blue Guy Cendol (L)


mantap emoticon-Big Grin
biar semangat saya guyur dulu emoticon-Big Grin
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
gara-gara-pap
Stories from the Heart
gadis-kecil
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Stories from the Heart
Heart to Heart
Ask da Girls
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia