wolfvenom88Avatar border
TS
wolfvenom88
KPU Beri Bocoran Soal Debat Pilpres, Kubu Prabowo: Pura-pura Pemilu!
MALANGTODAY.NET – Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan bocoran soal pada masing-masing pasangan calon (paslon) dalam debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 menuai kritikan tajam dari kubu oposisi, Prabowo Subianto.

Dilansir dari CNN Indonesia, Senin (7/1/2019), kubu Prabowo dengan tegas menyebut bahwa keputusan KPU telah merendahkan kualitas Pemilihan Umum (Pemilu). Hal ini disampaikan oleh juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN), Ferdinand Hutahean.

Baca Juga Enggan Golput, Mahfud MD Rintis Komunitas Golfud

“Debat, itu semangat dasarnya untuk menguji wawasan para kandidat, penguasaannya terhadap isu yang akan didebatkan kalau pertanyaannya sudah dibocorkan tidak ada gunanya debat,” kata Ferdinand yang juga merupakan politikus Partai Demokrat.

Ferdinand bahkan tanpa segan menyebut bahwa KPU tidak netral dan menunjukkan keberpihakannya pada paslon Joko Widodo – Ma’ruf Amin. Baginya, Pemilu kali ini tak lebih sebagai dagelan yang nanti tujuannya adalah melegitimasi kemenangan paslon nomor urut 01 itu.

“Ini namanya pura-pura Pemilu, tujuannya untuk melegitimasi kemenangan. Lebih dari lawakan,” imbuhnya.

Namun hal berbeda disampaikan oleh pakar komunikasi politik, Emrus Sihombing. Menurutnya, hal ini justru dinilai sebagai salah satu terobosan baik yang dilakukan oleh KPU. Meski demikian, ia menyayangkan keputusan mendadak itu yang harusnya dirumuskan lebih dulu dalam Undang-undang.

Baca Juga Paslon Majid-Kasmuri Lengkapi Syarat Dukungan

“KPU mengumumkannya last minutes, ini harusnya dilakukan sejak dulu-dulu. Harusnya jangan last minutes. Bahkan, itu sebaiknya dimuat dalam bentuk Undang-undang,” kata Emrus.

Emrus bahkan memuji langkah KPU ini sebagai ide cemerlang. Hal ini karena debat Pilpres tak seperti tes masuk pegawai negeri yang diuji berdasarkan pengetahuan. Dalam debat, yang terpenting adalah bagaimana leadership masing-masing paslon diperlihatkan.

Penulis: Radea Hafidh
Editor: Radea Hafidh

https://malangtoday.net/flash/nasional/kpu-beri-bocoran-soal/


Debat waktu 2014 kan udh bukti kl otak junjungan cebong bloon emang memprihatinkan, selain bawa2 contekan..silahkan pak jekah mulu emoticon-Ngakak
2
2.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.