News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
41
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c2de66a4601cf55b56ec18f/menemukan-identitas-bangsa-melalui-kisah-raja-raja-majapahit
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit – Kerajaan Majapahit adalah kerajaan dengan sejarah panjang yang begitu masyur. Dalam perjalanannya mulai dari masa berdiri sampai dengan runtuhnya, kerajaan Majapahit dipimpin oleh beberapa raja yang berbeda-beda. Ada cukup banyak raja yang memerintah kerajaan Majapahit. Sebagai kerajaan besar dengan sejarah yang panjang, masing-mas
Lapor Hansip
03-01-2019 17:39

Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit

Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit – Kerajaan Majapahit adalah kerajaan dengan sejarah panjang yang begitu masyur. Dalam perjalanannya mulai dari masa berdiri sampai dengan runtuhnya, kerajaan Majapahit dipimpin oleh beberapa raja yang berbeda-beda. Ada cukup banyak raja yang memerintah kerajaan Majapahit. Sebagai kerajaan besar dengan sejarah yang panjang, masing-masing raja memiliki cara memimpin dan mengendalikan pemerintahan yang tidak sama. Berikut adalah Kisah Raja-raja yang pernah Memimpin Kerajaan Majapahit:

1. Raden Wijaya (1293 – 1302)


Tanggal pasti yang digunakan sebagai tanggal kelahiran kerajaan Majapahit adalah hari penobatan Raden Wijaya sebagai raja dengan gelar Kertarajasa Jayawardhana pada 15 bulan Kartika tahun 1215 Saka yang bertepatan dengan tanggal 10 November 1293. Di masa ini adalah awal Kerajaan Majapahit lahir. Raden Wijaya nampaknya lebih mengutamakan melakukan konsolidasi dan memperkuat pemerintahan. Ini perlu dilakukan karena pada masa awal itulah terjadi transisi dari kerajaan Singhasari menuju kerajaan Majapahit.


Di awal berdirinya, kerajaan Majapahit menghadapi masalah dengan adanya pemberontakan yang dilakukan orang terpercaya Kertarajasa yang disebabkan oleh konspirasi oknum pejabat pemerintahan. Sebut saja Ranggalawe, Sora, dan Nambi menjadi korban atas adanya konspirasi tersebut. Semua ini tersebut disebutkan dalam serat Pararaton.


Karakteristik Raden Wijaya yang kurang memiliki komitmen dan pendirian yang kuat, membuat patih Halayudha berhasil melaukan konspirasi untuk menjatuhkan orang terpercaya raja agar ia dapat mencapai posisi tertinggi dalam pemerintahan. Namun setelah kematian pemberontak terakhir (Kuti), halayudha ditangkap dan kemudian dihukum mati. Raden Wijaya kemudian meninggal pada tahun 1309 dan dimakamkan di Candi Simping.


2. Jayanegara (1309 – 1328)


Karena Raden Wijaya tidak memiliki putra dari permaisuri, maka Jayanegara putra dari selir ini yang kemudian menjadi raja Majapahit. Jayanegara memerintah kerajaan Majapahit dalam usia yang masih sangat muda. Bahkan dikisahkan juga bahwa Jayanegara memiliki tabiat yang tidak bagus sebagai raja. Pararaton menyebutnya Kala Gemet yang berarti “penjahat lemah”. Pemerintah Jayanegara ini tidak kuat sehingga banyak muuncul pemberontakan. Pada tahun 1328 Jayanegara meninggal karena dibunuh oleh tabibnya, Tanca.


3. Tribhuana Tungga Dewi (1328 – 1350)


Raja berikutnya adalah Tribhuana Tunggadewi yang seorang wanita. Karena Jayanegara tidak memiliki keturunan, maka tahta diserahkan kepada Gayatri atau Rajapatni yang merupakan salah satu permaisuri Raden Wijaya. Namun karena Gayatri telah menjadi Bhiksuni, maka diwakilkan kepada putrinya yang bernama Tribhuana Tunggadewi.


Masa pemerintahan Tribhuana Tunggadewi ini bisa dikatakan sebagai awal kejayaan kerajaan Majapahit. Meski masih ada beberapa pemberontakan, namun secara umum berhasil ditumpas. Pemerintah Tribhuana Tunggadewi lebih kuat dengan diangkatnya Mahapatih Gajah Mada yang diangkat pada tahun 1336. Pada masa raja Majapahit ini, kerajaan mengadaan perluasan kekuasaan besar-besaran di berbagai daerah di Nusantara. Tribhuana berkuasa di Majapahit sampai kematiannya pada tahun 1350.


4. Hayam Wuruk (1350 – 1389)


Raja Majapahit selanjutnya adalah Prabu Hayam Wuruk. Hayam Wuruk adalah putra dari Tribhuana Tunggadewi sekaligus raja yang berhasil membawa kerajaan Majapahit dipuncak kejayaannya. Dengan dimulai dari Tribhuana Tunggadewi dalam ekspansi ke berbagai daerah, kemudian Hayam Wuruk menyempurnakan dengan tata kelola yang bagus.


Gelar Hayam Wuruk adalah Rajasanegara. Menurut Kakimpoi Nagarakretagama pupuh XIII-XV, daerah kekuasaan Majapahit meliputi Sumatra, semenanjung Malaya, Kalimantan, Sulawesi, kepulauan Nusa Tenggara, Maluku, Papua, Tumasik (Singapura), dan sebagian kepulauan Filipina. Salah satu faktor penunjang kesuksesan Hayam Wuruk dalam memerintah Majapahit adalah keberadaan para orang kepercayaannya yang sangat mumpuni. Sebut saja Mahapatih Gajah Mada, kemudian Adityawarman dan Mpu Nala. Orang-orang tersebut memiliki kapasitas yang sangat mumpuni dalam menjalankan sebuah negara untuk mencapai kemajuan.


Dengan kebesaran Majapahit, tak sulit bagi Majapahit untuk menjalin kerjasama (Mitrekasatat) dengan kerajaan-kerajaan tetangga seperti Campa, kamboja, Siam, Birma bagian selatan, Vietnam, dan bahkan Tiongkok.


Di masa ini juga raja Majapahit berhasrat mempersunting Citraresmi (Putaloka) putri Kerajaan Sunda sebagai permaisurinya. Pihak Sunda menganggap lamaran ini sebagai perjanjian persekutuan. Namun karena kesalahpahaman antara Hayam Wuruk dan Mahapatihnya yaitu Gajah Mada, maka terjadilah perang di lapangan Bubat antara keluarga kerajaan Sunda dengan tentara Majapahit yang menewaskan raja Sunda. Sang putri yang kecewa dengan hati remuk redam melakukan “bela pati” atau bunuh diri untuk membela kehormatan negaranya. Kisah itu dituliskan dalam naskah Kidung Sunda dan juga naskah Carita Parahiyangan.


Kakimpoi Nagarakretagama yang disusun di tahun 1365 menyebutkan budaya keraton yang adiluhung, anggun, dan canggih, dengan cita rasa seni dan sastra yang halus dan tinggi, dengan sistem ritual keagamaan yang rumit. Sang pujangga  menggambarkan Majapahit sebagai pusat mandala raksasa yang membentang dari Sumatra ke Papua, mecakup Semenanjung Malaya dan Maluku. Tradisi lokal di berbagai daerah di Nusantara masih mencatat kisah legenda mengenai kekuasaan Majapahit.


5. Kusumawardani-Wikramawardhana (1389 – 1399)


Sesudah mencapai puncaknya pada abad ke-14, kekuasaan Majapahit berangsur-angsur melemah. Setelah wafatnya Hayam Wuruk pada tahun 1389, Majapahit memasuki masa kemunduran akibat konflik perebutan tahta. Pewaris Hayam Wuruk adalah putri mahkota Kusumawardhani yang menikahi sepupunya sendiri yaitu pangeran Wikramawardhana. Disaat yang sama Bhre Wirabhumi atau Mina Jinggo, yaitu putra Hayam Wuruk dari selirnya juga menuntut haknya adas tahta.


6. Suhita (1399 – 1429)


Tahta selanjutnya diteruskan oleh Suhita yang merupakan putri dari Wikramawardhana dengan seorang selir. Dari sinilh kemudian pecah konflik yang akan membawa keruntuhan Majapahit. Bhre Wirabhumi alias Minak Jinggo merasa lebih berhak atas tahta kerajaan Majapahit melakukan pemberontakan dan terjadi perang saudara yang dikenal sebagai perang Paregreg pada tahun 1401 – 1406. Minak Jinggo ahirnya erhasil dibunuh oleh Damar Wulan.


Perang Paregreg ini kemudian membuat banyak daerah yang berada di bawah kekuasaan Majapahit memisahkan diri dan semakin membuat Majapahit terpuruk. Pada 1447 Suhita mangkat dan pemerintah dilanjutkan oleh Kertawijawa, adik laki-lakinya. Di masa ini berturut-turut terjadi perang saudara demi perebutan tahta dari keluarga raja Majapahit. Terjadi jeda waktu tiga tahun tanpa raja di kerajaan Majapahit akibat krisis pewarisan tahta.


7. Kertawijaya (1447 – 1451)


8. Rajasawardhana (1451 – 1453)


9. Purwawisesa (1456 – 1466)


10. Kertabhumi (1466 – 1478)


Di masa raja Majapahit ini kerajaan benar-benar mengalami keruntuhannya. Brawijaya V atau Kertabhumidihianati oleh istri dan anaknya sendiri yaitu panembahan Jimbun (Raden Patah). Brawijaya digulingkan dan Raden Patah pun mendirikan kerajaan Islam yang bernama Demak. Sebenarnya pada masa ini kerajaan Majapahit masih ada. Namun dalam tradisi Jawa ada sebuah kronogram yang berbunyi sirna ilang kretaning bumi yang berarti “sirna hilanglah kemakmuran bumi”.
 


 
Baca juga artikel menarik lainnya:
Mengulas Fakta Kerajaan Majapahit Lengkap Hingga Keruntuhannya
Rekomendasi Wisata ke Dieng yang Bisa Kamu Jadikan Tempat Liburan Akhir Pekanmu
Biografi Singkat Sunan Ampel dan 7 Fakta Menarik Tentang Sunan Ampel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atamlee dan 2 lainnya memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit
03-01-2019 21:26
ngakunya kerajaan besar , tapi candinya majapahit kecil kecil....
masih lebih luas rumah ukuran 10x20 meter

emoticon-Ngakak

kalo kerajaan yang benar benar besar , bakal bikin candi candi kolosal macem borobudur dan prambanan...
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit
03-01-2019 23:58
Klo pas masa nya maha patih gajah mada tuh pas ikut raja nya siapa aja gan? emoticon-Bingung emoticon-Keep Posting Gan
Diubah oleh whoapple
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit
04-01-2019 11:56
Quote:Original Posted By BMAGLY
ngakunya kerajaan besar , tapi candinya majapahit kecil kecil....
masih lebih luas rumah ukuran 10x20 meter

emoticon-Ngakak

kalo kerajaan yang benar benar besar , bakal bikin candi candi kolosal macem borobudur dan prambanan...


era membangun candi besar sudah lewat 400 tahun ketika Majaphit anda. coba anda telusuri dulu fakta sejarahnya sebelum membuat klaim yang tidak-tidak.

borobudur di abad ke 9.

majapahit di akhir abad 13, awal 14.

jadi memang pembangunan candi signifikasinya sudah kecil ketika itu terdorong oleh kemajuan jaman dan budaya. seperti halnya china yang sekarang tidak lagi membangun tembok china, karena sudah dianggap tidak relevan/ kuno/ ketinggalan jaman.


Quote:Original Posted By byebyebye
besar tapi mau menguasai sunda aja kagak becus..sigajah mada patih terlicik sepanjang sejarah


majapahit berjenis Thalassocracy. seperti halnya negara/ kerajaan Thalassocracy lainnya di yunani kuno, mediteran, atau sriwijaya sebelumnya, mereka memfokuskan diri pada penguasaan pesisir dan jalur laut. mereka tidak merasa perlu untuk menguasai wilayah pedalaman yang nilai ekonomisnya kecil ketika itu dibandingkan dengan arus perdagangan dan kota-kota pesisir yang jauh lebih makmur. kata kuncinya adalah supremasi laut, bukan darat.

https://en.wikipedia.org/wiki/Thalassocracy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kamikaze118 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit
04-01-2019 15:20
Quote:Original Posted By hannepin


era membangun candi besar sudah lewat 400 tahun ketika Majaphit anda. coba anda telusuri dulu fakta sejarahnya sebelum membuat klaim yang tidak-tidak.

borobudur di abad ke 9.

majapahit di akhir abad 13, awal 14.

jadi memang pembangunan candi signifikasinya sudah kecil ketika itu terdorong oleh kemajuan jaman dan budaya. seperti halnya china yang sekarang tidak lagi membangun tembok china, karena sudah dianggap tidak relevan/ kuno/ ketinggalan jaman.




majapahit berjenis Thalassocracy. seperti halnya negara/ kerajaan Thalassocracy lainnya di yunani kuno, mediteran, atau sriwijaya sebelumnya, mereka memfokuskan diri pada penguasaan pesisir dan jalur laut. mereka tidak merasa perlu untuk menguasai wilayah pedalaman yang nilai ekonomisnya kecil ketika itu dibandingkan dengan arus perdagangan dan kota-kota pesisir yang jauh lebih makmur. kata kuncinya adalah supremasi laut, bukan darat.

https://en.wikipedia.org/wiki/Thalassocracy


justru itu maksud gw.
medang mataram yang membangun borobudur dan prambanan , adalah kerajaan besar.

majapahit tuh kerajaan kecil dibanding medang.
majapahit tidak mampu mengerahkan man power dan sumber alam seperti medang.
0 0
0
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit
04-01-2019 17:16
apa warisan2 penting dari majapahit?

kalo dibandingkan dengan kerajaan besar kuno lain di luar negeri, macam mesiu, filosofi, matematika, teknologi dst?
0 0
0
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit
04-01-2019 17:38
ketemu kah identitas bangsa dari raja raja tsb?


btw ane ga paham bangsa apa yg dimaksud disini ..

apakah bangsa indo atau bangsa lain ..
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit
04-01-2019 19:36
Quote:Original Posted By k4ktus
apa warisan2 penting dari majapahit?

kalo dibandingkan dengan kerajaan besar kuno lain di luar negeri, macam mesiu, filosofi, matematika, teknologi dst?


Kalo untuk persenjataan mereka punya cetbang, sejenis handgun kuno bermesiu...

Tapi kalo kisah2 ttg majapahit itu ada dan tersebar ke banyak daerah di malaya, brunei, champa bahkan sampai philippine
0 0
0
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit
06-01-2019 12:50
Quote:Original Posted By kiratarupa
pada serat pararaton, dan dharmagandhul, beberapa candi dan prasasti telah disebutkan, peninggalan Majapahit banyak yang dihancurkan ketika berdirinya kerajaan Demak, demi mengubur sejarah, kebudayaan atau kebiasaan masyarakat sebelumnya dan menggantinya dengan kebudayaan baru yang dianut kerajaan Demak. mohon banyak membaca gan, biar nggak sesat pikir anda.


tapi candi borobudur dan prambanan maupun candi2 lain peninggalan syailendra kok gak diancurin sama demak ?

padahal secara geografis , demak lebih mudah menjangkau candi candi peninggalan syailendra ....

tanya kenafa ?
0 0
0
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit
06-01-2019 12:52
kalo memang wilayah majapahit seluas nusantara ,
adakah prasasti majapahit di ambon , papua , sulawesi , kalimantan ?

tolong pakar sejarah kaskus jwab pertanyaan ane...
0 0
0
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit
07-01-2019 13:07
Quote:Original Posted By BMAGLY
tapi candi borobudur dan prambanan maupun candi2 lain peninggalan syailendra kok gak diancurin sama demak ?

padahal secara geografis , demak lebih mudah menjangkau candi candi peninggalan syailendra ....

tanya kenafa ?


Bukankah Candi Borobudur ditemukan dalam keadaan tertimbun tanah sehingga masyarakat sekitar mengira bahwa gundukan tersebut adalah bukit pada masa kolonial? Kemudian pusat kerajaan Hindu Budha semakin lama semakin ke timur pulau Jawa sehingga candi-candi tersebut semakin terlupakan. Belajar sejarah lagi ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Deviafeb dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit
20-12-2019 06:23
Kereenn
0 0
0
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit
20-12-2019 08:39
Sirna Ilang Kertaning Bhumi, tidak adanya suksesor Gadjah Mada, bencana alam, konflik internal, korufsi merajalela, kaum yang dikasih hati malah kurang ajar, menghancurkan fatung Jayabaya, mengadu domba anak dan ayah
0 0
0
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit
20-12-2019 11:54
0 0
0
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit
20-12-2019 12:57
Referensi sejarahnya gak ada selain Pararaton atau karya sastra lain?
Pararaton itu kan gak akurat secara historis.
Kelihatan dari sejarah Singasari (Tumapel).
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit
23-12-2019 04:59
Quote:Original Posted By BMAGLY
kalo memang wilayah majapahit seluas nusantara ,
adakah prasasti majapahit di ambon , papua , sulawesi , kalimantan ?

tolong pakar sejarah kaskus jwab pertanyaan ane...


Knapa agan gak trima jk majapahit sbg sebuah kerajaan besar di abad ke 14 masehi, gan ??
0 0
0
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit
23-12-2019 05:16
Quote:Original Posted By yoseful


Knapa agan gak trima jk majapahit sbg sebuah kerajaan besar di abad ke 14 masehi, gan ??


bukan gak terima gan.
majapahit mah overrated.

padahal ada Medang (mataram kuno/mataram Hindu) yg jelas2 lebih besar dari majapahit.

memang 2 kerajaan itu gak sezaman.

tapi pemweintah seperti menenggelamkan kebesaran Medang , ditutupi oleh majapahit yg penuh polesan.

coba agan lihat , prasasti medang tersebar di beberapa penjuru asia tenggara.

Ligor A/B di tanah genting kra thailand , wilayah ayuthaya.

ini membuktikan bahwa medang pernah menguasai sebagian thailand yang katanya negara tak pernah dijajah negara lain.

medang membangun puluhan candi besar dan kecil.
Borobudur sampai Dieng.

medang menguasai sriwijaya.

medang menaklukkan khmer (kamboja).

apa.anak2 sekolah tau tentang kebesaran Medang ???

TIDAK !!!

mereka taunya cuma sriwijaya dan majapahit.

medang tuh underrated.
majapahit overrated.

emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
kamikaze118 dan sposolo memberi reputasi
2 0
2
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit
23-12-2019 05:23
tanyakan anak agan ,

apa mereka pernah mendengar nama DHARANINDRA ???

RAKAI PANUNGGALAN ??

dialah raja medang ketiga yang menaklukkan Ayutthaya thailand dan menaklukkan Khmer (kamboja)

apa mereka pernah mendengar
SYAILENDRA WAMSA TILAKA ???

TIDAK !!

mereka taunya cuma gajah mada , sumpah palapa , majapahit , sriwijaya.

semua kejayaan Medang sepwrti sengaja ditenggelamkan , digantikan oleh majapahit yang cuma menduduki singapura doang
Diubah oleh BMAGLY
profile-picture
sposolo memberi reputasi
1 0
1
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit
23-12-2019 08:07
Quote:Original Posted By BMAGLY
bukan gak terima gan.
majapahit mah overrated.

padahal ada Medang (mataram kuno/mataram Hindu) yg jelas2 lebih besar dari majapahit.

memang 2 kerajaan itu gak sezaman.

tapi pemweintah seperti menenggelamkan kebesaran Medang , ditutupi oleh majapahit yg penuh polesan.

coba agan lihat , prasasti medang tersebar di beberapa penjuru asia tenggara.

Ligor A/B di tanah genting kra thailand , wilayah ayuthaya.

ini membuktikan bahwa medang pernah menguasai sebagian thailand yang katanya negara tak pernah dijajah negara lain.

medang membangun puluhan candi besar dan kecil.
Borobudur sampai Dieng.

medang menguasai sriwijaya.

medang menaklukkan khmer (kamboja).

apa.anak2 sekolah tau tentang kebesaran Medang ???

TIDAK !!!

mereka taunya cuma sriwijaya dan majapahit.

medang tuh underrated.
majapahit overrated.

emoticon-Imlek


Hmm, ane gak ingat ada kerajaan2 besar dr tetangga yg mngakui adanya kerajaan mataram, lagian pd saat itu, mataram lebih terkenal bukan sbg negara kelautan sebagaimana kerajaan maritim sriwijaya ataupun majapahit, tp lbh sbg negara daratan, gan....

Cmiiw....
Diubah oleh yoseful
profile-picture
sposolo memberi reputasi
1 0
1
Menemukan Identitas Bangsa Melalui Kisah Raja-Raja Majapahit
23-12-2019 09:16
Quote:Original Posted By yoseful


Hmm, ane gak ingat ada kerajaan2 besar dr tetangga yg mngakui adanya kerajaan mataram, lagian pd saat itu, mataram lebih terkenal bukan sbg negara kelautan sebagaimana kerajaan maritim sriwijaya ataupun majapahit, tp lbh sbg negara daratan, gan....

Cmiiw....


ane lebih suka sebut Medang ,pendirinya Sanjaya ,
utk membedakan dgn Mataram nya danang sutowijoyo.

lah itu prasasti Ligor A/B di thailand peninggalan siapa cobak ?

Prasasti Ligor merupakan prasasti yang terdapat di Ligor (sekarang Nakhon Si Thammarat , selatan
Thailand). Prasasti ini merupakan pahatan ditulis pada dua sisi, bagian pertama disebut prasasti Ligor A atau dikenal juga dengan nama manuskrip Viang Sa sedangkan di bagian lainnya disebut dengan prasasti Ligor B yang beraksara Kawi dan berangka tahun 775. [1] [2] Prasasti Ligor B mungkin dibuat oleh Mahārāja dyāḥ Pañcapaṇa kariyāna Paṇaṃkaraṇa , raja dari wangsa Wangsa Sailendra .[3]

Penafsiran teks

Dari manuskrip Ligor A ini berisikan berita tentang raja Sriwijaya, raja dari segala raja yang ada di dunia, yang mendirikan Trisamaya caitya untuk
Kajara .[4]
Sedangkan dari manuskrip Ligor B berangka tahun 775, beraksara Kawi berisikan berita tentang nama
Visnu yang bergelar Sri Maharaja, dari keluarga
Śailendravamśa serta dijuluki dengan
Śesavvārimadavimathana (pembunuh musuh-musuh yang sombong tidak bersisa).


kawi : bahasa jawa kuno.

artinya tuh dibikin ama orang jawa yang berkuasa di thailand

emoticon-Imlek
Diubah oleh BMAGLY
profile-picture
sposolo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia