thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
7 Event Pariwisata di Bulan Februari dan Maret, Siap-siap Gan!

Foto: TripZilla Indonesia

Tahun 2019 baru berjalan 3 hari nih GanSist, udah jalan kan resolusi tahun barunya? Buat Ane, resolusi ane nggak muluk-muluk, mengunjungi beberapa tempat yang belum pernah ane kunjungi. Mulai dari dalam negeri, juga luar negeri. Doain ya GanSist! Buat yang punya resolusi #PerbanyakJalan2019 Gan, ini nih ane kasih tau events yang bakalan berjalan di Nusantara ini pada bulan Februari dan Maret 2019.

4-20 Februari - Cap Go Meh, Singkawang, Kalimantan Barat


Foto: Sportourism

Singkawang selain terkenal dengan choi pan-nya yang mantap, juga terkenal dengan event tahunannya yakni Cap Go Meh. Di kota yang jadi melting pot para komunitas Tionghoa di Indonesia ini, perayaan Cap Go Meh tiap tahunnya selalu meriah dan jadi wisata unggulan dari kota ini. Festival Cap Go Meh 2019 ini akan dibuka mulai tanggal 3 Februari dan berlangsung dari tanggal 4 sampai 20 Februari dengan beragam pentas festival seni dan budaya serta bazaar akan dilaksanakan di beberapa spot Kota Singkawang.

Puncak festival ini sendiri akan digelar tanggal 19 Februari dengan sajian aksi dari para Tatung di sepanjang jalan utama kota Singkawang. Buat Agan yang pengen ke sini, bisa naik pesawat ke Bandara Supadio, Pontianak dan dilanjutkan dengan perjalanan darat ke Kota Singkawang selama kurang lebih 4 jam perjalanan. Perjalanan panjang ini akan terbayar dengan meriahnya festival Cap Go Meh dan juga beragam kuliner khas yang akan memanjakan lidah kita.

14-18 Februari - Festival Pulau Penyengat, Kepulauan Riau


Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Dari Pulau Penyengat, pulau kecil di Kepulauan Riau, ada festival seru yang akan berlangsung pada pertengahan bulan Februari 2019. Dari tanggal 14-18 Februari, akan ada kurang lebih 20 kegiatan seni dan budaya dengan 3 acara utama yakni Malay Fashion Carnival, Melayu Parade, dan Muslim and Melayu Fashion Bazaar. Selain itu, beragam acara pendukung seperti perlombaan pukul bantal di laut juga akan ikut memeriahkan Festival Pulau Penyengat ini.

Bukan hanya festival, pulau yang dulunya adalah pusat Kerajaan Riau-Lingga ini menyimpan banyak situs bersejarah yang bisa kita kunjungi saat kita ke sana. Akses untuk menuju pulau kecil ini juga cukup mudah Gan, dariTanjung Pinang, kita cukup naik kapal dengan waktu perjalanan sekitar 15 menit.

20 Februari - Pesona Bau Nyale, Nusa Tenggara Barat


Foto: Selong Selo

Lombok, pulau yang di tengah tahun lalu terkena gempa bumi ini mulai bangkit. Salah satunya adalah gelaran Festival Pesona Bau Nyale, festival turun temurun yang berasal dari kearifan lokal masyarakat Sasak Lombok. Festival yang akan digelar pada 20 Februari ini akan menempati 3 lokasi yakni Pantai Kuta, Pantai Seger, dan Pantai Belanak.

Dalam tradisi Bau Nyale, ribuan orang akan menangkap cacing laut (nyale) di sepanjang pantai. Nyale ini dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika, putri cantik yang memilih menceburkan diri ke laut untuk menghindari peperangan antar pangeran yang memperebutkannya. Buat ke Lombok, kita bisa naik pesawat ke Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid atau bisa juga menggunakan kapal dari Pulau Bali.

1 - 3 Maret - Java Jazz Festival, DKI Jakarta



Ibukota nggak mau ketinggalan! Java Jazz Festival (JJF) akan kembali digelar pada tanggal 1-3 Maret 2019 di JIExpo Kemayoran Gan. Dengan mengusung tema Broadway, pagelaran JJF yang ke-15 ini akan menampilkan sesuatu yang berbeda dari yang sebelumnya. Bukan hanya musisi dalam negeri seperti Endah N Resa Extended, Hanin Dhiya, dan banyak lagi, namun juga musisi internasional seperti Bob James Trio, Cyrus Chestnut Trio dan banyak lainnya. JJF ini ternyata adalah salah satu festival musik jazz terbesar di dunia GanSist, makanya jangan sampai terlewat ya!

3 - 5 Maret - Festival Teluk Jailolo, Maluku Utara


Foto: Marketeers

Paduan beragam atraksi seni budaya, ritual, dan tradisi dari berbagai suku di bawah naungan Kesultanan Jailolo akan dihadirkan dalam festival ini. Bertempat di Teluk Jailolo, Maluku Utara, Festival Teluk Jailolo akan berlangsung dari tanggal 3-5 Maret 2019. Akan ada 3 ritual rutin yang dilakukan yakni Orom Sasadu, Sigofi Hohu, dan Segofi Ngolo.

Dengan tempat yang cantik, beragam acara menarik tentunya nggak boleh dilewatkan pengunjung. Bahkan ada beragam makanan khas yang disajikan dalam Pasar Jajanan Khas Halmahera Barat selama acara. Ada dua cara buat ke sini, yakni dengan penerbangan dari Jakarta ke Ternate (Bandara Sultan Baabulah), kemudian dilanjut dengan naik kapal kayu ke Teluk Jailolo.

7 Maret - Horas Samosir Fiesta, Sumatera Utara


Foto: Kompas Travel

Danau Toba dan Pulau Samosir selalu jadi andalan pariwisata Sumatera Utara. Dalam kalender Horas Samosir Fiesta 2019 yang dimulai pada tanggal 7 Maret, akan berlangsung serangkaian acara bertaraf internasional yang berlangsung di Pulau Samosir. Mulai dari festival musik, budaya, hingga sport tourism semua lengkap dalam Horas Samosir Fiesta.

Buat Agan yang berencana buat datang ke sini, coba langsung pantengin rangkaian acaranya nanti ya Gan karena sekarang belum dirilis. Buat mencapai Samosir, bisa ditempuh dengan penerbangan ke Bandar Udara Internasional Silangit dan dilanjut dengan perjalanan darat 15 menit ke Danau Toba dan menyeberang danau menuju Samosir selama 30 menit.

24 - 31 Maret - Bali Spirit Festival, Bali


Foto: Bali Spirit Festival

Bali selalu menawarkan event seru ya GanSist. Pada tanggal 24-31 Maret 2019, Bali Spirit Festival yang ke-12 akan kembali digelar di Ubud, Bali. Festival ini adalah tempatnya para pencinta yoga, musik, hingga tarian tradisional berkumpul. Bukan hanya dari Indonesia, namun juga dari mancanegara berkumpul di sini.

Buat menambah ilmu pengetahuan, para expert juga turut membuka kelas seminar untuk para pengunjung yang datang. Selain untuk entertainment, festival ini juga fokus terhadap terapi atau proses penyembuhan dengan metode meditasi. Festival kelas dunia ini bisa dikatakan nggak boleh dilewatkan. Untuk menuju Bali, ada banyak penerbangan dari berbagai kota dan juga luar negeri.

Banyak banget ya wisata yang bisa dijajal di bulan Februari dan Maret 2019 nanti GanSist. Bukan hanya itu, Kemenpar juga udah merilis 100 Calendar of Event 2019, nanti bakalan ane bahas lagi ya Gan!



1 - 2
3
7.7K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23KThread10.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.