kaniarfAvatar border
TS
kaniarf
Cemilan Tahun Baru Pembawa Petaka
ALOHA GANSIS

WELCOME TO MY THREAD

emoticon-Selamatemoticon-Ultah



sumber: pixabay.com/ satake5


Gansis kalau denger kata “Tahun Baru” apa sih yang ada dipikiran kalian? Resolusi? Kembang Api? Atau mungkin gebetan baru? Semua itu wajar terlintas dipikiran sih, pokoknya “Tahun Baru” seringkali identik dengan suasana ceria, meriah dan menyenangkan. Betulkan? Tapi di tengah suasana menyenangkan itu ada petaka tersembunyi diantara cemilan tahun baru masyarakat Jepang loh. Bisa tebak gak cemilan apakah itu?


Adakah agan sista yang menjawab Mochi? Kalau ada, selamat, jawaban kamu benar. Mochi memang menjadi cemilan wajib yang disajikan hampir semua rumah di Jepang saat pesta perayaan tahun baru. Si kue manis dan kenyal ini memang sudah menjadi cemilan nasional dari negeri sakura yang popularitasnya bahkan sudah mendunia. Tapi tahukah kalian bahwa Mochi selalu menimbulkan korban? Bahkan hingga korban meninggal dunia loh.




sumber: grubstreet.com


Jika kita tilik lebih detail, bahan pembuatan Mochi Jepang memang tidak ada yang berbahaya. Bahan utamanya hanya tepung beras dan tepung ketan dengan isian pasta kacang merah. Tidak ada yang aneh, bahkan Mochi saat tahun baru di Jepang menjadi sajian yang dibuat serupa sup. Sajian itu disebut dengan "Ozoni" yang dipercaya sebagai makanan yang membawa keberuntungan.



sumber: favy-jp.com


Namun, siapa sangka sup yang niatnya membawa keberuntungan seringkali justru menjadi malapetaka hingga memakan korban jiwa. Hal ini disebabkan ukuran mochi dalam ozoni cukup besar dengan tekstur yang super kenyal. Jika tidak mengunyahnya dengan baik, besar kemungkinan mochi tersebut tersangkut pada tenggorokan dan menyumbat pernapasan alias membuat seseorang tersedak.


Dari data statistik pemerintah Jepang, kebanyakan korban tersedak mochi adalah anak-anak dan para lansia yang kesulitan mengunyah mochi dengan sempurna. Tahun ini saja setidaknya ada 10 orang (menurut catatan medis) yang menjadi korban tersedak mochi. Dari 10 orang tersebut, salah satunya tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia akibat kehabisan nafas.




sumber: scmp.com


Karena banyaknya korban setiap tahunnya, masyarakat Jepang membuat aturan sendiri bahwa anak kecil dan para lansia tidak boleh makan mochi atau ozoni seorang diri tanpa ada yang mengawasi. Tapi sepertinya aturan ini menjadi berlaku bagi semua orang untuk berjaga-jaga jika seseorang tersedak mochi, maka orang lainnya dapat memberi pertolongan pertama secara cepat.


Nah buat agan sista yang kebetulan suka makan mochi sebaiknya lebih berhati-hati ya kalau sedang mengonsumsi makanan kenyal nan imut ini. Pastikan kalian mengunyahnya dengan baik sebelum menelannya. Kalau bisa jangan makan sedirian, selain supaya ada yang mengawasi, bisa buat ajang berbagi juga. Jangan pelit-pelit ya (hehe).


emoticon-Big Kissemoticon-Rate 5 Staremoticon-Cendol Ganemoticon-Peluk



Quote:



0
2.8K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.