autom942Avatar border
TS
autom942
10 Mobil Balap Legendaris Sepanjang Masa


AGG- Mobil Balap adalah mobil yang digunakan untuk balapan. Mobil balap ini tidak sama karakteristiknya dengan mobil harian. Pada mobil balap banyak aspek yang telah berubah dari mesin, dasbor, sistem kendali, dan lainnya.

Mobil Balapan adalah sebuah 'Mahakarya' yang dirancang untuk meraih satu tujuan, yaitu menang. Performa pun dimaksimalkan melalui pengembangan teknologi dan riset yang dilakukan selama puluhan tahun lamanya.

Kalibrasi dilakukan sedemikian detil, agar paduan dari berbagai macam komponen pendukung bisa mencapai kesempurnaan. Meskipun alasan utama pembuatan mobil balap adalah untuk memenangkan perlombaan, seiring perkembangan jaman saat ini sebuah mobil balap dikatakan terlalu mubazir jika hanya digunakan pada saat balapan saja, terlepas dari keberadaan mereka sebagai mesin yang menakjubkan.

Penilaian ini diberikan berdasarkan bentuk, konsep, keindahan, dan kejayaan mobil tersebut dalam dunia balap atau dari jumlah terbanyak memenangkan kejuaraan diseluruh dunia, jadi bukan berdasarkan kemahalan, bentuk yang futuristik atau merek mobilnya.

Berikut adalah daftar dari 10 Mobil Balap Legendaris Sepanjang Masa : 



10. 1954 Jaguar D-Type
Mobil ini dibuat spesial dan khusus untuk memenangkan Kejuaraan Balapan 24 jam Le Mans. Seperti tertera pada namanya, mobil ini diproduksi pada tahun 1954 sampai dengan 1957. Mobil ini secara struktur menggunakan mesin dan komponen-komponen mekanik yang sama dengan pendahulunya yaitu C-Type namun tentu ada yang berbeda antara D-Type dan C-Type pastinya. 

Mobil ini awalnya menggunakan mesin 3.4 Liter namun akhinya mesin ini diupgrade ke mesin 3.8 Liter pada tahun 1957 dan dikurangi kembali menjadi 3.0 Liter pada tahun 1958 karena peraturan yang menerapkan batas maksimal mesin yang dipakai dari Kejuaraan Le Mans. 
 
Mobil ini berhasil memenangkan Kejuaraan Le Mans pada tahun 1955, 1956 dan 1957 kemudian setelah itu Jaguar sementara pensiun dari dunia balapan.
 

 
9. 1969 Dodge Daytona
Nama mobil ini diambil dari salah satu pantai di Florida yaitu Daytona Beach yang juga merupakan pusat awal auto racing. 
 
Dodge Charger Daytona dianggap menjadi "Pembawa Model" mobil jenis kokpit belakang pada tahun 1969. Mobil ini diproduksi berdasarkan platform Dodge Coronet dengan Fastback Roofline. Lampu utamanya retractable sehingga tampak sporty. 

Dodge Charger Daytona disokong mesin 7.0 Liter Hemi V8 dengan delapan silinder yang mampu melontarkan tenaga sebesar 390 Hp (291 kW). 



8. 1971 Porsche 917
Porsche 917 adalah sebuah prototipe mobil balap yang dibuat oleh salah satu produsen mobil sport jerman yaitu Porsche. Mobil inilah yang memberikan Porsche kemenangan pada Kejuaraan Le Mans pada tahun 1970 dan 1971. 

Mobil ini didukung dengan mesin 4.5 , 4.9 dan 5.0 Liter. Mobil ini juga mampu melesat 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,3 detik, kemudian 0-200km/jam dalam waktu 5,3 detik. Kecepatan maksimun dari mobil ini mencapai 390 km/jam.

Mobil ini dikemudikan oleh Steve McQueen di film Le Mans, sebelum kemudian pada tahun 2017 dijual secara lelang seharga $14M. Sebuah harga yang sangat fantastis bagi Porsche.


 
7. 1965 Shelby Daytona Coupe
Mobil ini sering juga disebut dengan nama Shelby Cobra Daytona Coupe. Mobil ini dibuat untuk auto racing dan menyaingi mobil Ferrari 250 GTO pada kelas GT. Total hanya ada 6 mobil Shelby Cobra Daytona Coupe yang dibuat pada tahun 1964 sampai tahun 1965. 

Perusahaan Shelby kemudian memasukkan mobil ini dalam proyek Ford GT40 untuk mengikuti Kejuaraan Balapan 24-jam Le Mans yang lagi-lagi untuk mengalahkan Ferrari sebagai peringkat tertinggi dalam kelas prototipe.

Dengan mobil ini, Shelby menjadi perusahaan Amerika pertama yang berhasil memenangkan gelar di kancah internasional yaitu di FIA World Sportscar Championship pada tahun 1965.



6. 1966 Ferrari 330 P3
Mobil Ferrari 330 P3 dianggap sebagai mobil Ferrari paling indah yang pernah dibuat. Mobil ini juga yang diperkenalkan oleh Ferrari membawa teknologi injeksi bahan bakar, menggunakan transmisi dan roda gigi jenis P3 (Type 593) yang rentan terhadap kerusakan.

Saat ini sudah bisa dipastikan tidak ada lagi Ferrari 330 P3 yang sama seperti aslinya karena beberapa mobil ini sudah di konversikan menjadi model lain. 



5. 2005 Aston Martin DBRS9
Aston Martin mengembangkan sebuah mobil yang digunakan untuk mengikuti FIA GT Championship dan Kejuaraan Balapan 24 jam Le Mans. Mobil ini menggunakan serat karbon serta sasis dan suspensi yang sama dengan DBR9. Berat dari mobil ini adalah sekitar 1,230kg atau hanya 60kg lebih berat daripada DBR9. 

Mesin yang digunakan juga mesin yang sama tetapi sudah di setel sehingga memiliki kemampuan hingga mencapai 550 Hp. DBRS9 dilengkapi dengan transmisi 6 percepatan dengan gearbox berpola H. 

Mobil ini dapat menempuh 0-100km/jam hanya dalam waktu 3,4 detik dan memiliki kecepatan tertinggi 314km/jam.



4. 1997 Mercedes Benz CLK GTR
Mobil ini dibuat untuk mengikuti Kejuaraan Balapan 24 jam Le Mans. Mobil ini dibekali dengan spesifikasi mesin yang berdaya tahan tinggi dalam menaklukan balapan, berdurasi lama tersebut.

Meskipun berstatus sebagai mobil balap nyatanya mobil ini juga diijinkan untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Mobil ini memiliki mesin mid-engine dengan 12 silinder. Dipersenjatai dengan mesin 6.9 lliter V12 yang dapat mengirimkan tenaga sebesar 604 Hp.

Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 26 unit saja sehingga harga dari mobil ini juga dipastikan sangat mahal. Harga standar dari mobil ini $1.5juta atau sekitar Rp. 19 miliyar.



3. 1968 Ford GT40 MK II
Mobil ini adalah penerus dari mobil Ford MK I, dari segi desain dapat dilihat bahwa mobil ini benar-benar mirip dengan pendahulunya dahulu. Mobil ini menggunakan mesin 7.0 Liter FE dari Ford Galaxie, yang merupakan mesin yang digunakan di Kejuaraan NASCAR pada waktu itu.

Sasis yang digunakan pada mobil ini sama dengan yang digunakan pendahulunya namun pada beberapa bagian mobil didesain ulang dan kemudian dimodifikasi oleh organisasi Carroll Shelby dalam rangka membuat mesin 7.0 Liter yang lebih besar dan lebih berat.



2. 2003 Bentley Speed 8
Bentley Speed 8 dikembangkan dari mobil Bentley lain yaitu Bentley EXP Speed 8. Mobil ini adalah pemenang dari Penghargaan Autosport Le Mans Prototype Race Car yang desain oleh Peter Elleray. Mobil ini memulai debutnya pada Kejuaraan Balapan 24 Jam Le Mans pada tahun 2001 dan memenangkan perlombaan itu pada tahun 2003.

Mobil ini menjadi tanda kembalinya Bentley ke dunia balap mobil selama absen selama kurang lebih 73 tahun.



1. 1957 Ferrari 250 Testa Rossa
Mobil asal Ferrari ini adalah mobil yang sangat berjaya karena berhasil memenangkan Kejuaran Balap 24 Jam Le Mans pada tahun 1958, 1960, 1961. Selain itu, mobil ini juga berjaya di ajang Kejuaraan Sebring 12 jam dengan tiga gelar dan World Sports Car Championship dengan mengoleksi 10 gelar.

Ferrari 250 TR ini menggendong mesin V12 berkapasitas 2.953 cc, dan memiliki harga yang sangat fantastis yaitu sekitar 35 juta euro atau setara dengan Rp. 430 miliyar.

Nama Testa Rossa yang berarti 'Kepala Merah' , merupakan sebuah referensi untuk penutup katup yang dibalut warna merah pada kepala silinder mesin Ferrari.

Itulah 10 Mobil Balap Legendaris versi AutoGeniusGen, manakah yang menjadi favorit kalian nih ?
Kasih tau di kolom komentar (COMMENT) dan Jangan lupa di SHAREya.
10
13.1K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.