fuadgealovaAvatar border
TS
fuadgealova
Kelebihan Telegram di banding WhatsApp Yang Perlu Agan Ketahui
Aplikasi Chat memang aplikasi yang tidak lepas dari kehidupan kita sekarang. Maraknya Grup WhatsApp yang muncul membuat anda semakin dekat terhubung dengan teman-teman anda. Tapi, mungkin hanya sedikit orang yang mau mencoba aplikasi chat yang kedepannya bakal menjadi saingan WhatsApp yaitu Telegram.



Telegram sendiri dibuat atas dasar keinginan pembuatnya yaitu Pavel Durov dari Rusia yang berjanji ingin melindungi privasi penggunanya. Namun langkah tersebut malah membuat Pavel Durov mendapat protes dari sejumlah negara. Namun Pavel Durov tetap teguh untuk mengamankan privasi user telegram, untuk di Indonsia sendiri terdapat beberapa syarat yang diajukan agar telegram tidak di blokir lagi.



Sehingga sekarang anda tidak perlu khawatir lagi menggunakan Telegram, karena memang bisa anda gunakan secara bebas untuk berkirim pesan dengan orang-orang terdekat anda bahkan membuat grup layaknya aplikasi di WhatsApp.

Sejumlah fitur yang kami bilang cukup menarik dari aplikasi Telegram dimana kami rangkum khusus untuk anda. Dan fitur-fitur ini terbilang sangat bagus dari aplikasi pesan lainnya, dan berikut fitur canggih dari layanan aplikasi Telegram yang bisa anda download di Play Store maupun App Store.


Fitur-Fitur Utama Dari Telegram


1# Telegram Berbasis Could Tidak Memberatkan Penyimpanan Internal

Aplikasi chat Telegram sangat cocok untuk anda, apabila anda memiliki smartphone dengan penyimpanan internal maupun external yang sedikit. Karena menggunakan aplikasi Telegram, semua pesan gambar dan video yang anda terima akan disimpan melalui penyimpanan Cloud.



Sehingga anda tidak perlu repot menghapus gambar maupun video yang dikirim oleh teman anda. Karena terkadang sangat menjengkelkan apabila kita melihat galeri smartphone penuh dengan video maupun gambar yang tidak penting dan memberatkan kinerja smartphone.

2# Mengirim Pesan Lebih Cepat Serta Adanya Emoticon Lucu

Aplikasi telegram diklaim merupakan aplikasi dengan pengiriman pesan paling cepat, dan terbukti bahwa tidak adanya delay ketika mengirim pesan dalam kondisi susah sinyal. Bahkan size dari aplikasi ini sangat kecil sekitar 30 MB saja.



Tapi semua tergantung dari user yang menggunakan aplikasi pesan, karena apabila WhatsApp, BBM, Line dan Telegram di Adu kecepatan mengirimnya tentu cepat atau tidak, semunya tidak mempengaruhi dari kenyamanan user itu sendiri. Fitur berkirim pesan pada telegram juga menarik, karena hadirnya emoticon lucu berukuran besar yang tidak ada di WhatsApp.

3# Mengirim File Sampai Lebih Dari 1 GB

Dan yang paling menarik dari Telegram adalah dapat mengirim file sampai dengan 1 GB bahkan lebih. Jadi anda bisa mengirim file dengan ukuran yang sangat besar tanpa harus khawatir data tersebut putus di tengah jalan.



Hal ini sangat berguna sekali, karena belum ada aplikasi serupa yang bisa mengirim file besar melalui pesan cahting. Contohnya anda bisa megirim video penting tanpa kahwatir ukurannya muat atau tidak, atau sejumlah aplikasi yang akan anda kirimkan kepada teman anda.

4# Anggota Grup Channel Bisa Mencapai Ribuan Orang

Salah satu fitur yang membuat Telegram menjadi sangat menarik adalah dapat menampung anggota grup cukup banyak bahkan bisa mencapai ribuan orang. Hal ini ada sisi positif dan negatifnya juga, karena dengan menampung banyak anggota akan membuat grup tersebut sangatlah ramai. Bahkan untuk masuk dalam sebuah grup juga tidak perlu persetujuan, tinggal masuk saja asal mengetahui nama chennelnya saja.



Dan untuk sisi negatifnya adalah, pesan yang muncul akan sangat banyak dan sulit untuk di lihat dan tidak jelas arah chat pada grup itu kemana. Dan untungnya gambar maupun video yang dikirim oleh anggota grup tidak tersimpan pada memory smartphone. Selain itu, anda juga bisa mencari sebuah grup publik yang bisa anda masuki secara bebas.

5# Anggota Grup Baru Masih Bisa Melihat Pesan Lama Pada Grup

Fitur yang sebenarnya cukup penting adalah, dapat melihat chat sebelumnya pada grup yang telah anda bergabung. Dan anda bisa melihat percakapan apa saja yang terjadi pada grup tersebut dari awal grup itu dibentuk, hal ini sangat membantu anda dalam memperoleh informasi penting tentang grup tersebut.

6# Terdapat Ruang Chat Rahasia

Sebenarnya fitur ini kurang begitu digunakan oleh kebanyakan orang, namun telegram menyediakan fasilitas tersebut dimana akan digunakan untuk mengirim pesan yang sangat rahasia dan tidak bisa disadap oleh siapapun termasuk pihak telegram itu sendiri. Bahkan fasilitas ruang chat rahasia, tidak bisa sama sekali diambil screen shoot bahkan video screen sekalipun.



Karena terdapat sistem encryption yang sangat kuat melindungi pesan chat tersebut, namun fitur ini juga ada di aplikasi chat lainnya. Tapi pihak telegram sangat bersikeras, bahwa ruang chat milik telegram terjamin dan tidak bisa disadap oleh siapapun.

7# Dapat Melakukan Panggilan Telepon dan Video

Sama seperti aplikasi chat lainnya, dimana dapat melakukan panggilan telepon maupun video call, dimana Telegram sudah mampu menjalankan semua fitur tersebut dengan lancar. Namun untuk panggilan video masih tahap uji coba di beberapa negara.

8# Telegram Mempunyai Fitur Pesan Bot

Salah satu keunggulan dari fitur grup pada Telegram dimana dapat memiliki sebuah BOT yang merupakan fitur AI ( Artificial Intelligence ) atau bisa disebut kecerdasan buatan. Yang dimana mampu membuat cahting otomatis untuk mengatur sebuah grup agar lebih tertata.

9# Telegram Bisa Dijalankan Pada Platform Apa Saja Secara Bersamaan

Keunggulan lainnya dari Telegram adalah, dapat dijalankan diberbagai paltform secara bersamaan. Seperti di Linux, Windows, dan sistem operasi lainnya. Dengan adanya dukungan sistem seperti ini, membuat telegram dapat diterima oleh siapapun untuk memenuhi kebutuhan aplikasi chat.

10# Telegram Bebas Iklan Dan Gratis Selamanya

Adanya isu mengenai Aplikasi WhatsApp kedepan akan berbayar dan terdapat iklan, membuat aplikasi telegram berada di atas angin. karena telegram di klaim akan gratis selamanya serta jaminan tidak adanya iklan yang muncul.

Telegram Vs WhatsApp Mana Yang Terbaik



WhatsApp masih menjadi raja Aplikasi chating yang hingga kini pengguna aktif menurut kompas sekitar 160 Juta, sedangkan Telegram hanya 100 juta saja. Melihat hal tersebut memang wajar saja, karena WhatsApp masih bersifat gratis dan belum ada iklan yang akan muncul.

Tapi adanya keluhan bahwa WhatsApp kini mulai memberatkan memory internal menjadi isu penting kenapa nantinya bisa jadi Telegram bisa menjadi calon raja Aplikasi cahting selanjutnya. Tapi hal tersebut hanya bisa terjadi apabila tidak ada inovasi yang dilakukan oleh pihak WhatsApp.Terutama untuk memperbaiki fitur-fitur utama di aplikasi WhatsApp sehingga menjadi lebih sempurna lagi.

Memang kami beranggapan, Telegram unggul dari sisi fitur seperti dapat menampung anggota grup hingga ribuan, bisa mengirim file yang ukurannya lebih dari 1 GB, serta adanya AI yang membantu memberikan pesan otomatis pada grup, dan yang utama fitur Chat rahasia yang sama sekali tidak bisa di ambil screen Shoot maupun video screen.

Dimana fitur-fitur tersebut membuat WhatsApp harusnya berfikir tentang kedepannya, dimana harus mengikuti perkembangan yang ada agar tidak tertinggal. Memang sekarang WhatsApp ungul dari pengguna aktif, namun kedepan di tahun berikutnya kita tidak tau siapa yang menjadi raja selanjutnya.

Sumber : Kelebihan Telegram di Bandingkan Whatsapp
milktoasthoney
pakolihakbar
iskrim
iskrim dan 4 lainnya memberi reputasi
5
68.2K
316
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.