mrdfssAvatar border
TS
mrdfss
5 Fakta Mengejutkan Tentang Bajak Laut Somalia
Agan sista mungkin sudah sering mendengar berita tentang Somalia. Sebuah negara yang terkenal dengan kemiskinannya dan bajak lautnya. Para bajak laut ini sering kali menyandra para ABK yang sedang membawa muatan. Dengan bersenjatakan AK-47 biasanya mereka berkeliaran di lautan. Namun sudah tau kah agan sista dengan fakta-fakta berikut ini tentang mereka:


5. Mereka Memiliki Investor Untuk Membiayai Aksinya

Siapa sangka, bahwa para kelompok bajak laut di Somalia membutuhkan biaya yang tinggi untuk membajak sebuah kapal. Oleh karena itu mereka juga membutuhkan dana untuk setiap pembajakan kapal. Salah satu sumber dananya melalui investor yang membeli saham mereka. Jadi para investor ini bisa berinvestasi baik berupa uang maupun berupa barang seperti AK-47 dan roket launcher. Saham ini terorganisasi terhadap 72 kelompok bajak laut Somalia yang telah terdaftar.

4. Mereka Tidak Suka Memperbaiki Kendaraannya


Menjadi bajak laut di Somalia merupakan profesi yang dihormati dan bergengsi. Karena menjadi bajak laut dikenal sebagai profesi yang banyak mengasilkan duit. Namun duit tersebut cepat pula habisnya karena mereka terlalu boros. Kadang duit yang mereka dapatkan bisa habis dalam sehari untuk berpesta-pesta, menyewa wanita, minum alkohol dan membeli kendaraan. 


Para bajak laut di Somalia terkenal suka berganti-ganti kendaraan. Mereka lebih memilih untuk membeli kendaraan baru ketimbang memperbaikinya. Seperti bila kendaraannya ada kaca mobil yang pecah atau body nya tergores, para bajak laut ini lebih memilih membeli yang baru. Hal ini dikarenakan bila mereka memperbaiki kendaraan itu akan membuat orang-orang tidak lagi hormat kepada mereka. Salah satu mobil yang paling favorit untuk mereka beli adalah Land Cruiser. Yang harganya mencapai $ 30.000 dengan bensin seharga $ 30.000 karena mahalnya harga bensin di tempat tersebut.



3. Tidak Semua Hasil Tebusan Diambil Oleh Bajak Laut


Walau mereka meminta tebusan hingga 1 juta dollar. Ternyata bagian yang mereka peroleh tidaklah sebanyak itu. Mereka hanya mendapatkan $ 30.000 hingga $ 75.000 dari setiap tebusan. Dan bagi bajak laut yang berani naik ke atas kapal sasaran pertama kali akan mendapatkan bonus $ 10.000. Dan sisanya, bagian besarnya akan diberikan kepada para investor dan orang-orang yang berkuasa. Sebagian lagi diberikan kepada masyarakat untuk mendirikan sekolah dan rumah sakit. Mungkin ini alasannya kenapa bajak laut di hormati di Somalia.


2. Pernah Beberapakali Membajak Kapal Perang


Menjadi bajak laut membuat mereka sulit untuk membedakan mana kapal perang dan mana kapal kargo. Karena cara yang mereka lakukan untuk membajak sebuah kapal dengan mendekatinya dari belakang kemudian naik dari tempat yang gelap. Biasanya ketika sudah dekat, ada pula yang menembaki kapal yang akan dibajak. Namun dalam beberapa kasus, ada kalanya mereka salah membajak kapal. Karena kapal yang mereka bajak ternyata kapal perang. Dengan bermodal AK-47, ternyata kapal-kapal perang tersebut dilengkapi dengan senjata yang lebih canggih sehingga membuat para bajak laut itu mati dan tertangkap sebelum sempat melarikan diri.


1. Sistem Pembajakan Yang Dilakukan Para Bajak Laut Somalia


Sebelum memulai pembajakan, para bajak laut ini akan menemui orang-orang yang menjadi investornya. Kemudian mereka akan membagi menjadi 2 kelompok. Dimana tiap-tiap kelompok terdiri atas 12 orang. Kelompok pertama akan membawa 2 buah kapal dan mencari mangsa. Bila sudah mendapatkan mangsa, kelompok pertama akan bernegosiasi untuk membicarakan tebusan dan membawa kapal tersebut ke pantai Somalia. Kemudian kelompok kedua yang akan bertugas berikutnya. Mereka bertugas untuk menjaga dan mengurus para awak kapal, seperti memberi makan misalnya. Namun makanan itu bukan bersumber dari bajak laut, melainkan dari pada investor mereka. Jadi investor inilah yang akan menyiapkan makanan, dan ongkos pembelian makanan itu akan berupa bunga bagi para investor. 


Setelah tebusan dibayarkan, kelompok kedua akan mendapat bayaran $ 15.000 perorang. Invenstor terbesar akan mendapat bagian 30%, sedangkan investor kecil mendapat sisanya. 


Itulah beberapa fakta tentang para bajak laut Somalia. Yang menjadi pertanyaan bagi ane sendiri, kenapa para bajak laut ini masih berkeliaran bebas dan tidak ada negara atau PBB yang mau menghentikannya?




tien212700
tien212700 memberi reputasi
-9
15.8K
116
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.