• Beranda
  • ...
  • Games
  • 7 Kelakuan Gamer Dajjal yang Merugikan Diri Sendiri dan Orang Lain

yasin28Avatar border
TS
yasin28
7 Kelakuan Gamer Dajjal yang Merugikan Diri Sendiri dan Orang Lain



Main game memang hobi yang menyenangkan, namun disaat hal tersebut bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain. Maka saat itulah kamu harus introspeksi diri. Ts tau apa yang agan agan pikirkan saat membaca judulnya disisipi “Dajjal”. Bukan,emoticon-Ngakak ini bukan makhluk bermata satu pembawa petaka yang dituliskan di kitab agama. Tapi lebih ke sifat dan kelakuan gamer yang sangat buruk sehingga membawa petaka baik diri sendiri, hingga orang lain. Yaah mirip-miriplah dengan yang ditulis di kitab, apa? Ngga mirip? Miripin aja lah ya.emoticon-Wkwkwk Apa saja sifatnya? Yuk langsung saja disimak.

1.Begadang
Spoiler for gambar:

Sumur: mbrilio.net

Betapa merugikannya begadang bagi diri sendiri. Terlebih, bagi yang masih sekolah atau kuliah. Main game sampe larut malam bisa menghancurkan masa depan. Ya, kalo jadwal kuliah siang dan kamu masih bisa mengatur waktu mungkin ga masalah, tapi kamu beneran jadi gamer dajjal kalo mengindahkan semuanya. Akibatnya, bisa telat masuk atau sampe bisa bolos beberapa hari karena main game sampe malem. Kasian orangtuamu udah cape-cape bayar sekolah/kuliahmu mahal-mahal (beda cerita kalo kamu bayar sendiri, tapi ya tetep aja ngerugiin diri sendiri sih.)emoticon-Wkwkwk

2.Egois
Spoiler for gambar::

Sumur: gamebrott.com

Nah yang satu ini ngerugiin rekan satu tim. Sifat egois akan bawa kamu dan timmu ke lingkaran setan dan jurang lose-streak secara menyeluruh. Apalagi kalo gamenya sangat mementingkan teamwork seperti DotA, Overwatch, Rainbow Six Siege, atau game MOBA kebanyakan. Biasanya gamer dajjal yang egois akan jadi feeder dan ga guna dalam gamenya. Tujuannya cuman satu: Ngekill player musuh tanpa perhatiin objective. Kalo ada player kayak gini blacklist aja sih.

3.Toxic
Spoiler for gambar::

Sumur: anastasya.blogspot.com

Toxic adalah kebiasaan yang sangat buruk bagi gamer lain. Sebutan lain dari sering berkata kotor tapi ngga punya skill ini juga bisa menyayat hati bagi mereka yang cukup lemah kondisi psikologisnya. Kamu ngga akan pernah tau apakah orang yang kamu katain kuat mental atau engga.

Lemahnya mental seseorang di game bisa bikin dia depresi mendalam, sampe yang paling parah bisa bikin dia bunuh diri karena video game. Inget kasus bocah russia yang bunuh diri gara2 kebiasaan toxic orang lain di video game dan nyuruh dia buat mati? Ya, separah itulah akibat toxic. Daripada ngetoxic, mending latih skillmu jadi lebih baik dan berguna buat orang lain. Ini demi kebaikanmu juga lho.

4.Boros
Spoiler for gambar::

Sumur: republika.co.id

Sebenernya ini lebih condong ke merugikan dirimu sendiri sih. Boros ngga cuman kebiasaan buruk orang pada umumnya, tapi juga bisa terjadi pada gamer. Membeli itemnyalah kosmetiknyalah skinnyalah dan sebagainya emang bisa bikin karaktermu keliatan keren, bahkan tak jarang item-item tersebut bisa nambah status biar tambah kuat.

Tapi kebiasaan boros yang awalnya merugikan diri sendiri lama-lama bisa merugikan orang lain, kalo akhirnya sampe bela-belain nyuri duit iuran entah iuran sekolah atau yang lain. Kamu yang harusnya bayar sekolah jadi ngga bayar karena buat beli item atau ngegacha. Kalo saya jadi orangtuamu saya bakal balikin kamu ke perut emakmu.emoticon-Ngakak

5.Cheat
Spoiler for gambar::

Sumur: sportschannel8.com

Sudah ngga perlu disanggah lagi, cuman gamer dajjal yang ngelakuin hal ini. Cheat itu emang nyenengin kalo makenya di game offline, tapi begitu berubah ke game online, dia sifatnya ngerusak jalan permainan. Disaat orang menginginkan adu skill terjadi satu sama lain, pelakunya yang biasa disebut cheater hadir merusak segalanya.
Memang menyenangkan bisa terlihat “hebat” di mata orang lain. Tapi, apa yang bisa kamu banggain kalo kill 40-mu cuman karena software cheat? Ranking tinggi karena cheat buat apa? Malu saya kalo tiba-tiba dipilih acak oleh developer atau publisher buat ngewakilin negara di ajang kompetitif video game dunia tapi ternyata skillnya ngecheat. Sudah banyak game online kehilangan komunitasnya dan mati gara-gara cheat. Mau game online kesayanganmu ngga mati? Jangan ngecheat!.

6.Hacking
Spoiler for gambar::

Sumur: hackercombat.com

Pernah ngga kamu udah membangun karakter game onlinemu dari nol sampe jadi salah satu karakter terkuat di server tiba-tiba ngga bisa mengakses akunmu karena dihack? Ini pasti ulah gamer dajjal. Entah apa alasannya, hacking akun player lain yang sudah mendedikasikan uang, waktu, dan tenaganya untuk membesarkan karakternya merupakan kebiasaan yang sangat merugikan orang lain.
Selain merugikan secara finansial, hacking juga rugikan waktu orang yang menjadi korbannya. Mereka ngga peduli berapa juta rupiah telah digelontorkan untuk bisa menjadi yang terbaik. Bagaimana susahnya nyari item langka yang drop ratenya 0.001% dan harus numpas boss paling kuat ratusan kali buat dapetinnya.

7.Menjadi penipu
Spoiler for gambar::

Sumur: ninjagameon.com

Sama kayak hacking, nipu juga sangat ngerugiin player lain. Iming-iming akan sesuatu biasanya dilakukan gamer dajjal untuk menjerat mangsanya. Bisa berupa mata uang in-game, item langka, kasih sayang semu,emoticon-Ngakakhingga yang paling parah duit beneran. Biasanya sih hode alias player laki yang nyamar jadi karakter cewek yang ngelakuin ini, bikin mereka berfantasi bahwa dia cewek beneran dengan iming-iming kasih sayang maupun akun sosmed palsu buatan mereka.

Tapi ngga selalu hode yang jadi pelaku, non-hode juga banyak yang melakukan tindakan kriminal digital ini. Dengan berlakunya UU ITE di Indonesia, seharusnya penipuan di game online yang bisa merugikan apapun bisa akibatkan pelakunya masuk bui. Sayang, seperti biasa pemerintah belum perkuat UU tersebut dan kayaknya belum berfungsi secara optimal di game online lokal.


Itulah 7 kelakuan gamer dajjal yang bisa merugikan dirimu dan orang lain. Pernahkah kamu jadi salah satunya? Atau, selama ini kamulah gamer dajjal? Main game sih boleh karena hidup perlu diselingi hiburan. Tapi kalo udah kebablasan, alangkah lebih baik apabila kamu segera bertobat ke jalan yang benar.

Jangan lupa di rate ya ganemoticon-Rate 5 Star
Sama ini juga jangan lupa yaemoticon-Blue Guy Cendol (L)











SUMUR
Diubah oleh yasin28 07-01-2019 12:28
3
11.7K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.8KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.