alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c2ee1a65cf6c4578e2926f9/4-risiko-bila-tidak-membayar-pinjaman-online
Lapor Hansip
04-01-2019 11:31
4 Risiko Bila Tidak Membayar Pinjaman Online
Past Hot Thread
4 Risiko Bila Tidak Membayar Pinjaman Online

Kehadiran fintech pinjaman tunai tanpa jaminan proses cepat memang menjadi angin segar bagi banyak orang. Bagaimana tidak? Pengajuan kredit yang dulu terkenal rumit dan memakan waktu lama, kini semakin mudah dan selesai dalam hitungan menit saja.


Sayangnya, banyak yang memanfaatkan kesempatan ini dengan tidak bertanggung jawab. Tidak jarang debitur tidak memikirkan risiko jangka panjang dari sebuah pinjaman, yaitu terjerat tumpukan utang.
Lihat saja di berita-berita online, banyak sekali kan konsumen yang mengeluh dikejar-kejar berbagai lembaga pinjaman online? Padahal jika ditelusuri, kesalahan ada pada debitur yang tidak melakukan analisis dan perhitungan yang tepat.

Sebelum meminjam, kamu harus tahu risiko apa saja yang mengintai jika kamu menunda atau bahkan tidak membayar pinjaman, baik dari segi finansial maupun emosional. Buat kamu yang mau mengajukan pinjaman tunai tanpa jaminan proses cepat, ketahui dulu beberapa dampak negatif dari tumpukan utang seperti berikut:

1. Adanya tambahan biaya berupa denda
Sama seperti kredit konvensional, kredit online juga punya tanggal jatuh tempo yang sudah ditetapkan sebagai batas akhir pembayaran. Jika debitur membayar setelah tanggal tersebut, maka pembayaran dicatat sebagai lewat jatuh tempo atau menunggak. Biasanya, lembaga keuangan akan mengenakan denda untuk pembayaran yang terlambat. Alih-alih hanya membayar pinjaman beserta bunganya, kamu malah harus mengeluarkan dana tambahan untuk membayar denda. Sayang sekali kan?


2. Riwayat kredit menjadi buruk karena tercatat menunggak
Jika kamu telat dalam membayar utang, maka skor kreditmu pada SLIK OJK nantinya akan tercatat buruk. Skor kredit yang buruk nantinya juga akan berpengaruh ke pengajuan kreditmu di masa depan. Mungkin saat ini kamu belum membutuhkan KPR, atau kredit kendaraan. Namun nanti, bisa-bisa pengajuanmu bisa ditolak karena skor kredit yang buruk.


3. Gangguan aktivitas karena munculnya penagihan oleh pihak kreditur
Ketika kamu terlambat bayar dalam kurun waktu tertentu, pihak lembaga kredit pasti akan meneleponmu. Tentu saja mereka meneleponmu bukan tanpa alasan. Jika kamu tak kunjung melunasi utang-utangmu, tentu saja pihak kreditur tidak akan tinggal diam. Kalau tak mau terganggu, maka segera lunasi utangmu sebelum dikejar-kejar lembaga pinjaman.


4. Utang semakin tinggi karena banyak tambahan biaya yang muncul
Bukan hanya biaya denda, bunga juga akan meningkat seiring dengan tunggakan utangmu. Karena hal itu, utang yang harus dibayarkan akhirnya semakin besar karena terdapat banyak tambahan biaya yang muncul.

Itu dia risiko yang mengintai jika kamu tak kunjung membayar pinjaman online. Maka dari itu sebelum mengajukan pinjaman tunai tanpa jaminan proses cepat dan terjerat dalam lingkaran utang, lakukan riset mendalam mengenai lembaga kredit tempatmu mengajukan pinjaman. Pilih penyedia kredit yang memberikan informasi bunga yang transparan. Dan tentunya, yang aman dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan

Sumber : http://www.tribunnews.com
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Lapor Hansip
05-01-2019 13:52
ga usah ngutang emoticon-Amazed
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.