Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
103
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54005b36118b4687588b456a/ask-apakah-benar-saya-menderita-gerd
langsung saja gan, ada yang ingin saya tanyakan, mungkin agan2 bisa membantu menjawab pertanyaan saya.... sekitar satu bulan yang lalu, saya didiagnosa maag dan asam lambung oleh dokter..... gejalanya waktu itu nyeri di ulu hati, kepala kliyengan, dipakai untuk menunduk sakit, dan badan rasanya dingin, merinding, walaupun tdk sampai menggigil.... ketika diperiksa di dokter umum, semua normal, term
Lapor Hansip
29-08-2014 17:51

[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?

langsung saja gan, ada yang ingin saya tanyakan, mungkin agan2 bisa membantu menjawab pertanyaan saya....

sekitar satu bulan yang lalu, saya didiagnosa maag dan asam lambung oleh dokter..... gejalanya waktu itu nyeri di ulu hati, kepala kliyengan, dipakai untuk menunduk sakit, dan badan rasanya dingin, merinding, walaupun tdk sampai menggigil.... ketika diperiksa di dokter umum, semua normal, termasuk tekanan darah....

selang beberapa hari ( sekitar 2 atau 3 hari ), saya merasakan ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan, selain keluhan lain, seperti kliyengan, terus-menerus sendawa, berdebar2 dan badan terasa dingin, walaupun dinginnya tdk separah yg kemarin..... waktu itu, dokter mengatakan, kemungkinannya ada dua... yang pertama, mungkin ada benda asing yang tersangkut di tenggorokan, dan kedua, mungkin itu karena asam lambung yang naik ke kerongkongan, dan saya diberi obat maag.... kalau dalam 3 hari gejala tidak membaik, segera dibawa ke THT....

tapi obat maag itu tdk membawa perubahan apapun.... kalau sudah sore, leher tidak lagi terasa mengganjal, tp kadang leher terasa agak nyeri, rasanya seperti keras, dan nyeri jika ditekan di bagian bawah tenggorokan.... meskipun begitu, dipakai untuk menelan makanan tidak sakit, dipakai untuk menoleh tidak sakit, tidak batuk, tidak serak, tidak demam, tidak flu ( walau sempat si hidung sedikit tersumbat ), dan yang pasti, tdk ada gejala mengkhawatirkan apapun selain tenggorokan terasa kaku dan kadang sedikit nyeri..... pundak kanan dekat leher juga terasa pegal, tp mgkn itu karena saya yg salah tidur.....

selama beberapa hari itu, saya benar2 kelimpungan dengan kondisi leher yang terasa sangat tidak enak dan tidak nyaman sama sekali.... dan entah kenapa saya merasa ada sedikit benjol di leher pas bagian tengah, sedikit di atas tulang leher.....

akhirnya saya bawa ke THT.... kata dokter, itu hanyalah jakun, tdk ada yang perlu dikhawatirkan.... tp saya cewek gan, masa punya jakun? walaupun saya akui, saya tergolong kurus untuk orang setinggi saya, dan mgkn saja tulangnya sedikit menonjol....
dan setelah diperiksa tenggorokan saya ( hanya dengan menggunakan senter ), termasuk hidung dan telinga, dan juga diminta untuk menelan ludah, dokter mengatakan semua dalam keadaan baik2 saja, malahan dia tertawa gan.... dia mengatakan itu adalah GERD, tdk ada yang perlu dikhawatirkan, apalagi sampai berpikiran bahwa itu adalah kanker segala macam..... dia mengatakan bahwa musuh utama saya hanyalah cemas, khawatir.....

ini sudah beberapa hari sejak dari THT, dan saya merasa tdk ada perubahan apapun di bagian leher.... rasa mengganjal, kadang tenggorokan dan bagian tengah dada terasa hangat, kadang sedikit nyeri ( senut2 kalo istilah jawanya ).... dan menurut saya, gejala GERD lebih parah dari itu, jika membaca dari keluhan penderita GERD..... apalagi saya kurus, bukan perokok, nggak pernah minum kopi apalagi alkohol, walaupun pola makan tdk teratur....

pertanyaan saya, apakah benar saya mengidap GERD, mengingat ketika di THT, dokter hanya memeriksa ala kadarnya, dan saya juga belum sempat menceritakan secara detail apa yang saya rasakan, karena dia sdh langsung menyimpulkan bahwa itu adalah GERD....

maaf kalau pertanyaan saya mungkin teramat sangat panjang.... terima kasih sebelumnya buat agan2 yang bersedia menjawab pertanyaan saya.....
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
05-06-2018 14:42

Bagi tips nya gan

Quote:Original Posted By joewajendra
Sya menderita penyakit gerd selama 5tahun lebih.sudah berobat kemana aja dari dokter,dukun,tabib,alternatif ga ada yg bisa menyembuhkan penyakit saya ini.duwit kluar banyak namun penyakit saya ga kunjung sembuh.obat2 dari resep dokter hanya untuk meredakan sementara aja.besoknya kambuh lagi lebih2 saat mau tidur malam antara jam 12-2 pagi sangat2 menyiksa saya.sampai saya harus bolak balik ke igd karena perasaan takut seperti akan mati aja.namun saya ga patah semangat untuk bisa sembuh dari penyakit ini.setiap hari saya memohon ampunan kepada tuhan,menyesali segala kesalahan yg telah saya perbuat selama ini.dan tuhan memberikan petunjuk sehingga saya sembuh dari penyakit yg sangat menyiksa ini.saya hanya butuh waktu seminggu untuk sembuh dari penyakit gerd ini.selama bertahun-tahun dan mgkin udah berapa juta uang habis untuk berobat kemana-mana tanpa ada hasil sedikitpun.sobat semua,jangan pernah menyerah untuk segera sembuh dari penyakit gerd ini.perbanyak berdoa,terutama memohon ampunan kepada tuhan atas segala kesalahan yg telah sobat perbuat baik tanpa sengaja maupun yg kita sengaja.tuhan pasti memberikan petunjuk.pasti......!!!!!!.seperti saya sekarang ini sudah sembuh dan ga kambuh lagi selama 1 bulan ini.saya sendiri tidak tau asal muasalnya saya meramu obat sendiri.padahal saya sama sekali ga punya keahlian di bidang obat2an.hanya asal meracik aja.tapi kok sembuh????? Aneh? Sepertinya tidak.tidak ada yg tidak mungkin jika tuhan berkehendak.jika sobat menderita penyakit seperti saya ini yaitu gerd,dan ingin sembuh seperti saya,bisa pm saya. Salam sehat sobat..!!! Tuhan masih sayang kepada kita semua...terima kasih tuhan..

bagi tips nya bs sembuh gan
0 0
0
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
06-06-2018 09:27
Tips yg saya lakukan,berhenti minum kopi.konsumsi jamu kunir asam tiap pagi sblm makan.olah raga senam tiap pagi.
0 0
0
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
06-06-2018 13:13
Quote:Original Posted By joewajendra
Tips yg saya lakukan,berhenti minum kopi.konsumsi jamu kunir asam tiap pagi sblm makan.olah raga senam tiap pagi.


ok gan..lalu utk anxiety nya sembuh juga ka gan?
0 0
0
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
06-06-2018 23:27
Anxiety harus di therapy gan...atau cb klo agan pas kambuh anxietynya,agan lgsung liat apa aja yg bagi agan sangat lucu..tertawa lepas ... niscaya anxiety langsung hilang seketika
0 0
0
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
11-06-2018 15:05
Quote:Original Posted By joewajendra
Anxiety harus di therapy gan...atau cb klo agan pas kambuh anxietynya,agan lgsung liat apa aja yg bagi agan sangat lucu..tertawa lepas ... niscaya anxiety langsung hilang seketika


oke gan terima kasih atas info nya
0 0
0
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
21-06-2018 12:24

nanya

Semoga cepat sembuh
Diubah oleh rahuljoshua
0 0
0
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
01-07-2018 13:34
Quote:Original Posted By rahuljoshua

di share aja gan mslh nya
.sp tau ada tmn2 dsni yg bisa bantu
Diubah oleh Kaskus Support 15
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
14-09-2018 20:33
Ask

Mau tanya gan .Saat ini ane lagi mengalami sakit perut di bagian sebelah kiri atas.Terkadang terasa nyut-nyutan,kalau di colek atau sentuh dikit langsung ngilu,terkadang suka terasa mules tapi saat dikeluarkan cuma sedikit,apakah penyakit yang ane alami ini penyakit lambung atau jenis penyakit perut lain?.Sebelumnya terimakasih emoticon-Cendol Gan

Edited : Sekarang ane sudah tau penyakitnya apa,thanks buat agan yang udah kasih saran
Diubah oleh jabarsmmkmkmr08
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
16-10-2018 13:24
gimana caranya gan?
0 0
0
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
09-11-2018 02:26
Saya mengalami keluhan itu dari tahun 2014,saya malahan lebih parah mas sampe nafas bau dan kepercayaan diri saya hilang sampai saat ini saya malu untuk keluar rumah. Awal mula nya sering tidak makan dan seiring berjalan nya waktu mulai terasa sakit di ulu hati. Terus setahun kemudian saya berobat ke dokter THT dengan keluhan nafas bau saya dan seperti ada yg mengganjal di tenggorokan. Tapi TDK ada respon dr dokter dia hanya ketawa kata nya saya tidak kenapa2. Trus saya mencoba LG ke dokter gigi mereka bilang nya karena gigi bolong habis itu gigi saya di tambal dan msh aja sama nafas saya msh bau. Sampai saya dtg ke dokter jantung karena yg saya rasa makin parah jantung berdebar sangat kencang dan nafas jg kaya sesak. Tp setelah di echo jantung tidak ada apa2. Saya sempat berfikiran untuk akhiri hdp saya karena SDH putus asa. Tp saya mencoba bangkit LG di tahun ini saya bikin BPJS,dan sebulan kemudian saya cek ke klinik dengan keluhan nafas bau dan mulut terasa kering serta jantung yg berdebar. Dokter nya langsung bilang seperti nya dr asam lambung,dan saya di rujuk ke RS untuk penanganan lbh lanjut. Jadi saya saranin coba mas nya ke dokter penyakit dalam,siapa tau masalah mas nya terselesaikan.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
09-11-2018 10:17
Saya baru 6 bulan merasakan penyakit tersebut. Saya konsumsi labu kuning sebelum tidur.. labu nya di kupas dan di rebus dengan air sedikit campur gula putih biar ada rasa.. semoga sesak nya berkurang.
0 0
0
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
11-12-2018 12:33
coba lihat ini gan
0 0
0
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
14-12-2018 22:11
Semoga semua penderita lekas bahagia.. Pasti sembuh gerd nya..emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh Alexeiz
0 0
0
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
15-12-2018 16:43
wah pernah ane kena gerd kayaknya, trus di rekomendasiin air rebusan cacing, ane juga gak ngerti
tapi sembuh ternyata luar biasa pertama kali
Penyebabnya gerd karna makan makanan tidak teratur
2 0
2
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
15-12-2018 16:44
Quote:Original Posted By starvasky771
wah pernah ane kena gerd kayaknya, trus di rekomendasiin air rebusan cacing, ane juga gak ngerti
tapi sembuh ternyata luar biasa pertama kali
Penyebabnya gerd karna makan makanan tidak teratur


Dan masih banyak lagi ya selain itu penyebabnya
2 0
2
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
17-12-2018 12:53

Gerd

Halo, sakit gerd itu paling besar disebabkan oleh stress, pola pikir, kondisi tekanan mental yg terus menerus sehingga anda melakukam represi tekanan tersebut ke alam bawah sadar akan menyebabkan tubuh kehilangan energi yg lebih besar dari energi sebenernya yg diperlukan oleh tubuh. kondisi cemas stress ini akan merangsang lambung memproduksi asam lambung berlebih. Kunci utama dari pengobagan gerd adalah pola berfikir positif, tidur teratur, dan makan teratur, obat hanya membantu saja. Jika anda tidak bisa meregulasi pola pikir (stress) dan tidak bisa meregulasi gaya hidup maka gerd akan semakin sering kambuh, sekian semoga membantu
profile-picture
yonida memberi reputasi
1 0
1
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
18-12-2018 08:44
Intinya pikiran aja gerd ini, jgn cemas berlebihan. Makan teratur, cuma ya pinter2 jaga makanan, hindari pedas n asam. Yg plg utama tu biasa pikiran, cemas, stress
profile-picture
yonida memberi reputasi
1 0
1
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
01-01-2019 18:46

Gerd kambuh terus

Hai semuanya saya juga merasakan hal yang sama hampir setiap hari merasakan sesak nafas kepala puyeng dan peka terhadap cahaya, konsentrasi berkurang cemas dan tenggorokan mengganjal,badan selalu lemas susah beraktivitas seperti biasanya.pikiran sulit terbaik gara2 kepikiran terus ama penyakit ini soal bila gerd ini kambuh serasa setengah mati. Entah terapi apa yang cocok buat saya biar pikiran saya bisa tenang dan tetap beraktivitas?
0 0
0
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
03-01-2019 18:13
Quote:Original Posted By ammar99999
Hai semuanya saya juga merasakan hal yang sama hampir setiap hari merasakan sesak nafas kepala puyeng dan peka terhadap cahaya, konsentrasi berkurang cemas dan tenggorokan mengganjal,badan selalu lemas susah beraktivitas seperti biasanya.pikiran sulit terbaik gara2 kepikiran terus ama penyakit ini soal bila gerd ini kambuh serasa setengah mati. Entah terapi apa yang cocok buat saya biar pikiran saya bisa tenang dan tetap beraktivitas?




Sama gan,persis banget sama sayaemoticon-Frown helpp
0 0
0
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
07-01-2019 13:30
ane juga sdh ke dokter 2x, vonisnya kena GERD. sdh berlangsung hampir sebulan.
tapi ane herannya pas parah2nya sakit di dada & nafas pendek, lambung & perut ane gpp.
ga ada rasa panas di tenggorokan & perut, nafsu makan normal & makan pun lancar.
ga ada rasa mual & muntah pun enggak, sendawa juga enggak.

sama dokter dikasih obat lanzoprazole.
tiap diminum, beberapa jam sakit di dada hilang, tapi beberapa jam nanti muncul lagi sakitnya di dada.
sakitnya tuh di sekitar tulang rawan atas.

kira2 beneran GERD atau ga??

sempat cari info di internet, disebutkan kl nafas pendek & sakit di sekitar tulang rawan bisa aja kena kostokondritis.
Diubah oleh vaantw88
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia