Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
292
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c28a4d8b41d30073f0c0bf0/pengeluaran-biaya-pernikahan-berdasarkan-pengalaman-ts
Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkimpoian secara norma agama, norma hukum, dan norma sosial. Upacara pernikahan memiliki banyak ragam dan variasi menurut tradisi suku bangsa, agama, budaya, maupun kelas sosial. Penggunaan adat atau aturan tertentu kadang-kadang berkaitan dengan aturan atau hukum
Lapor Hansip
30-12-2018 17:58

PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS

Past Hot Thread
Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkimpoian secara norma agama, norma hukum, dan norma sosial. Upacara pernikahan memiliki banyak ragam dan variasi menurut tradisi suku bangsa, agama, budaya, maupun kelas sosial. Penggunaan adat atau aturan tertentu kadang-kadang berkaitan dengan aturan atau hukum agama tertentu pula.

Ketika melakukan resepsi pernikahan dan perkimpoian pasti memerlukan biaya. Pada kesempatan kali ini TS akan berbagi pengalaman pengeluaran TS saat melakukan pernikahan dan perkimpoian.

TS kali ini bukan berminat sombong ataupun pamer sekedar membagi info untuk yang mau melaksanakan pernikahan agar bisa meminimalisir bujet pengeluaran atau bisa saling memberi informasi.


Quote:A.   Biaya urusan administratif

PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS

1.     Biaya fotocopy berkas = Rp. 2.000
2.     Biaya foto pasfoto + cetak = Rp. 50.000
Total = Rp. 52.000


Quote:B.   Pengeluaran Cincin sepasang

PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS

1.     15 Gram x Rp. 578.746 = Rp. 8.681.190
2.     5 Gram x Rp. 578.746 = Rp. 2.893.746
Bonus tempat cincin
Total = Rp. 11.574.936 (Rp. 11.550.000)


Quote:C.   Hantaran

PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS 

Daerah tempat ts ketika nikahan menuju kerumah cewe bawa peralatan keperluan tuh cewe bisa disebut antaran :
 
1.     Tas cewe satu = Rp. 500.000
2.     Tas cewe dua = Rp. 420.000
3.     Sepatu cewe = Rp. 363.000
4.     Paket parfurm body lotionnya = Rp. 1.190.000
5.     Paket Make up = Rp. 850.000
6.     Kerudung satu = Rp. 320.000
7.     Kerudung dua = Rp. 350.000
8.     Perlengkapan sholat = gratis
9.     Perlengkapan mandi = Rp. 200.000
10. Jam Tangan = Rp. 750.000
Total = 4.945.000


Quote:D.   Sewa Gedung

PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
 

1.     Sewa Gedung pernikahan = Rp. 12.000.000
2.     Sewa Tenda + meja + kursi (pernikahan dan tambahan tenda untuk Gedung) = Rp. 5.500.000
Total = Rp. 17.500.000



Quote:
E.   Jasa Fotographer dan Videographer


PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS


1.     Jasa fotographer acara prewedding, Akad nikah, Mandi-mandi, resepsi pernikahan = Rp. 7.500.000

2.     Jasa Video documentasi dan Video Cinematic acara prewedding, Akad nikah, Mandi-mandi, resepsi pernikahan = Rp. 4.200.000

Total = 11.700.000



Quote:
F.   Petugas Parkir + Kebersihan acara nikahan dan perkimpoian


PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS

 

1.     Kebersihan 5 orang = Rp. 250.000

2.     Parkir + Rokok 4 orang = Rp. 250.000

3.     Petugas lain 6 orang = Rp. 450.000

Total = Rp.950.000



Quote:
G.   Harga Dekorasi dan Make up

PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS

 
1.     Paket nikahan dan perkimpoian = Rp. 40.000.000



Quote:
H.   MC dan Hiburan Band

PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS

 
1.     MC = Rp. 500.000

2.     Band dan Soundsistem = Rp. Rp. 5.000.000

Total = Rp. 5.500.000



Quote:
I.   Sewa Kotak Hantaran

PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS

 
1.     Sewa kotak hantaran 8 buah x 80.000 = Rp. 640.000



Quote:
J.   Riasan Pembuatan Mahar

PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS

 
Riasan Mahar = Rp. 550.000



Quote:
K.   Biaya Konsumsi acara nikahan dan kimpoian

PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS

 
1.     Nikahan

-         Soto 200 porsi x 10.000 = Rp. 2.000.000

-         Ayam sambel  merah 100 porsi x 8.000 = Rp. 800.000

-         Telur sambel merah 50 porsi x 7.000 = Rp 350.000

-         Daging Karih 100 porsi x 10.000 = Rp. 1.000.000

-         Telur Karih 50 porsi x 8.000 = Rp 450.000

Total = Rp. 4.600.000

 

2.     kimpoian

 

Soto dan Nasi Kuah 500 porsi x 9.000 = Rp. 4.500.000

Soto Lamongan 150 porsi x 10.000 = Rp. 1.500.000

Gado-gado 150 porsi x 7.000 = Rp. 1.050.000

Ayam dan telur bistik 200 porsi x 8.000 = Rp. 1.600.000

Ayam dan telur bistik 200 porsi x 8.000 = Rp. 1.600.000

Sate 200 porsi x 5.000 = Rp. 1.000.000

Rawon 150 porsi x 12.000 = Rp. 1.800.000

Bakso 200 mangkok x 8.000 = Rp. 1.600.000

Ayam panggang 100 porsi x 8.000 = Rp. 800.000

Ayam asam manis 150 porsi x 8.000 = Rp. 1.200.000

Paket Prasmanan = Rp. 3.000.000

Eskrim 1 gerobak = Rp. 600.000

Martabak = Rp. 1.500.000

Es buah = Rp. 700.000

Total = Rp. 22.450.000

 

3.     Air Minum

 
Nikahan 10 Dus x 18.000 = Rp.180.000

5 Dus x 15.000 = Rp. 75.000

kimpoian 55 Dus x 18.000 = Rp.990.000

Total Rp. 1.245.000



Quote:
L.   Keperluan Lain

PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS

 
Cetak undangan 1.000 Lembar x 4.000 = Rp. 4.000.000

Tissu 60 Pack x 8.000 = Rp. 480.000

Souvenir 1.000 x 2.500 = Rp. 2.500.000

Buku Tamu  4 buah x 20.000 = Rp. 80.000

Pulpen tinta 4 x 5.000 = Rp. 20.000

Kain Bahan baju Pria untuk keluarga  = Rp. 4.000.000

Kain bahan Cewe = Rp. 6.000.000

Kain Bridesmaid Rp. 1.000.000

Total = Rp. 18.080.000



Quote:
Total pengeluaran untuk acara pernikahan dan perkimpoiaan yang terdaftar lumayan menguras biaya,

Sebenarnya biaya acara tidak begitu perlu bisa ditinggal

1.     Acara jadi satu untuk akad dan resepsi agar mengurangi biaya
2.     Nikah di KUA cukup membayar 600rb tanpa hantaran
3.     Pakai jasa fotography dan videography teman atau kenalan biar murah
4.     Pakai dekorasi dan MUA yang sederhana saja.
5.     Tidak perlu ada kain bahan untuk keluarga
6.     Undangan pakai yang Rp.1500an biar murah
 
Semboyan TS paling utama dalam melakukan acara makanan harus sangat diperhatikan walau dekorasi acara mewah tapi hidangan kurang sip sangat disayangkan karna sesungguhnya diantara tamu-tamu mementingkan makanannya.



Sekian dari TS semoga agan dan agan wati bisa berbagi tentang pernikahan yang low budget biar kita saling berbagi makasih 
Diubah oleh laptopkubaru
15
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 9 dari 15
PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
02-01-2019 00:55
Ahh..Marriage

The stupidest thing people do to get laidemoticon-shakehand
1 0
1
PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
02-01-2019 00:57
makanya nabung baru segitu aja pada kaget emoticon-Ngakak (S)
emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller
0 0
0
PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
02-01-2019 01:03
Sbenarnya dr awal konsep "nabung buat nikah" itu udh salah sih..
Kesannya lo ngabisin masa lajang lo cmn nguli buat modal kimpoi..


Dah itu aja emoticon-Ngacir
Diubah oleh njir
1 0
1
PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
02-01-2019 01:13
la terus kalau segitu nabung dah 2 tahun kekumpul 30 jt kagak jadi nikah bray 😂🤣
0 0
0
PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
02-01-2019 01:17
yg penting awet emoticon-Kimpoi
0 0
0
PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
02-01-2019 01:22
Quote:Original Posted By perx456
Ke sarkem paling keluarin 2 lembar merah doang yak
emoticon-Leh Uga

Pelanggan mah apal tarif nyaemoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
0 0
0
PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
02-01-2019 01:30
Cincin 15 gram?? Cincin kimpoi atw cincin buat batu akik bre???
0 0
0
PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
02-01-2019 01:40
hopeless... tp ya biasanya modal pasti kembali, yunolah emoticon-Big Grin
0 0
0
PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
02-01-2019 01:42
yah, abis lulus langsung kimpoi, bisa ga ya gan.
0 0
0
PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
02-01-2019 01:47
kalo pake undangan kumpulan RT boleh ga sih gan?
0 0
0
PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
02-01-2019 02:45
Ane nikah juli kemaren abis 98 jt, itu jg nyebar undangan gak banyak2 cuma 250 undangan aja emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
02-01-2019 03:05
Quote:Original Posted By LavieNovarian
Ane nikah juli kemaren abis 98 jt, itu jg nyebar undangan gak banyak2 cuma 250 undangan aja emoticon-Ngakak (S)


Gw abis 90jt cuma katering doang
Nyesek bgt, ngumpulin duit 2 tahun nguap gtu aja emoticon-Mewek
4 1
3
PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
02-01-2019 03:08
Quote:Original Posted By njir
Sbenarnya dr awal konsep "nabung buat nikah" itu udh salah sih..
Kesannya lo ngabisin masa lajang lo cmn nguli buat modal kimpoi..


Dah itu aja emoticon-Ngacir


Salah, emang salah
Yg salah itu gengsinya
Ortu gw sama mertua pengennya megah
Gw sama bini pengennya sederhana

Kalau bisa sih pengennya diem2, dan sodara doang yg ngehadirin
4 1
3
PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
02-01-2019 03:11
Quote:Original Posted By little.nissa
buat yg mau nikah diusahakan jangan di pasin budgetnya, pasti ada aja keperluan tak terduga, ane ama suami udah ngelebihin budget aja, ternyata yg keluar 2x lipet dari perkiraan awal. apalagi kalo acaranya pas musim hajatan, apa apa harga naik 😂


Iya bener bgt
Budget Undangan gw cuma 500org artinya max 1000 org
Eh yg dateng lebih dr 1500
Gara2 bini gw ga sengaja ngeshare undangan di medsos

Jd banyak yg dateng emoticon-Hammer2
4 1
3
PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
02-01-2019 03:22
pernah ke tempat kondangan yang di undang sampel 2500 orang, Wtf emang...
Dateng nya sebelum magrib, dan itu makanan abis dan lenyap cuma ada sisa air putih.
0 0
0
PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
02-01-2019 03:35
Wow...ini mah mewah gan....
0 0
0
PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
02-01-2019 03:42
jadi jumlah totalnya berapa?
#anelagimalasjumlah
0 0
0
PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
02-01-2019 03:52
paling tidak siapin 100jt an deh biar aman lega dan sentosa..
tapi buat ane itu nominal yg guede banget..
tapi ane yakin bisa emoticon-Matabelo
0 0
0
PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
02-01-2019 05:00
mahal bener bray...budget ane aja cuma 60jt ini...
emoticon-Ngakak
0 0
0
PENGELUARAN BIAYA PERNIKAHAN berdasarkan pengalaman TS
02-01-2019 05:03
Quote:Original Posted By njir
Sbenarnya dr awal konsep "nabung buat nikah" itu udh salah sih..
Kesannya lo ngabisin masa lajang lo cmn nguli buat modal kimpoi..


Dah itu aja emoticon-Ngacir


ya emang salah bray...tapi ya mau gimana lagi...kalo di ane sih gengsi si calon mertua ini yang bikin rada berat...kalo dikasih yg sederhana bisa2 kagak di acc...emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Halaman 9 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia