• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bosan Lihat Konten Alay? Coba Subscribe Kanal Youtube yang Masih Obscure Ini [Part 1]

Papa.T.Bob
TS
Papa.T.Bob
Bosan Lihat Konten Alay? Coba Subscribe Kanal Youtube yang Masih Obscure Ini [Part 1]
Quote:

Akhir tahun ini sedang menjamur artikel tentang daftar kanal Youtube indonesia dengan jumlah subscriberterbanyak (ada yang sampai 8 juta subscribers). Tapi setelah ane cek, ane rasa kok nonton konten mereka gak ada bedanya dengan nonton acara stasiun-stasiun TV yang ngejar rating itu (mohon maaf, sekedar opini jujur dari ane).


youtube.com

Padahal menurut ane ada banyak kanal lain dengan konten video yang lebih berkualitas, tapi sedikit banget subscriber-nya. Satu-satunya cara yang bisa ane lakukan buat bantu mereka mendapat lebih banyak pemirsa, adalah dengan mempromosikan kanal-kanal sepi itu.

Sekali lagi thread ini subyektif, sehingga kanal yang ane rekomendasikan sebagai kanal "berkualitas" adalah berdasar opini personal ane. Kalau agan berbeda pendapat gak masalah.

Dan thread part 1 ini adalah rekomendasi kanal-kanal youtube dalam negeri. Sedangkan part selanjutnya bakal membahas kanal youtube dari luar negeri. Inilah rekomendasi kanal youtube yang menurut ane layak buat ente subscribe.

*****

Pijaru | 133,343 subscribers*


youtube.com

Pijaru adalah kanal hiburan yang mungkin paling dikenal lewat program "Interview HRD"-nya. Program yang dibawakan dengan khas oleh Getar, anak sulung seniman kawakan, almarhum Didi Petet. Program Pijaru kaporit ane adalah konten yang dibawakan oleh Echan atau Mika, terutama kalo mereka duet.

Program berjudul "Taste This" juga asik. Selain itu ada juga program "Tangisan Anak Indonesia" alias "TAI", yang konyol dan sangat mewakili keseharian milenial. Apalagi kalo si om-om gendut sedang akting nangis gara-gara selalu ketiban sial. Guyonan om-om di program "Milenioom" dan "Sketches"-nya juga kocak dan sukses mengocok perut ane.

*****

Romy Rafael Mind | 111,688 subscribers*


youtube.com

Sudah ngetop duluan di TV menjadi salah satu keuntungan Romy Rafael. Dan bikin kanal youtube menurut ane adalah langkah yang tepat baginya agar bisa beradaptasi dengan generasi penonton digital. Jujur daripada kanal Deddy Corbuzier, yang notabene lebih senior, kontroversial, dan rame subscriber, ane lebih cenderung pilih kanalnya Romy Rafael.

Walau gak ngikut tren pasar, kontennya Romy tetap relevan. Skill-nya pun gak perlu diragukan lagi. Melalui kanalnya Romy Rafael masih mengandalkan ilmu psikologi dan mindhack yang menjadi ciri khasnya. Ia juga gak pelit berbagi ilmu yang bisa diaplikasian khalayak awam dalam kehidupan sehari-hari mereka. Sangat ane rekomendasikan.

*****

Remotivi | 118,839 subscribers*


youtube.com

Remotivi menyajikan konten-konten edukatif, seperti hal-hal di balik layar, studi kajian media (khususnya TV), ilusi-ilusi dalam media, serta cara cerdas menyikapi media.

Tapi tidak hanya TV, media lain juga menjadi perhatian kanal ini. Semisal media digital, dalam konten "Trik Menjaring Klik Media Daring", atau "Persekusi di Media Sosial". Remotivi sangat concern dalam meningkatkan literasi masyarakat. Semua kontennya berkualitas dan "membuka mata" mayarakat awam.

*****

Mardial | 49,544 subscribers*


youtube.com

Mardial adalah konten kreator berbakat yang punya kemampuan lebih di bidang remix me-remix konten audio dan video, dengan selera humor yang langka. Tema kanalnya fokus pada hiburan, dengan konten-konten lowbrow nan absurd, seperti: "7 Video Hip Hop Terunik [HD - 4K]", "Dzolim Anime Opening", "Koplofy", dan "SBY Tweets Emo Covers" (favorit ane #1).

Di luar aktivitasnya di youtube Mardial cukup produktif. Akhir-akhir ini dia meluncurkan sebuah album entitas pendek, setelah sebelumnya berkolaborasi dengan seorang rapper pendatang baru, Ramengvrl.

*****

Froyonion | 101,189 subscribers*


youtube.com

Kanal yang identik dengan duo host termutakhirnya, Arie Je (@ariejepro) dan Miko (@mikopanggayo) ini awalnya ane subscribe setelah mereka mengundang beberapa seleb youtube yang juga ane idolakan seperti Fluxcup, Mamang Kesbor (Mardial), dan Ramengvrl sebagai bintang tamunya. Semua konten Froyonion menurut ane menarik, kekinian, dan estetik. Nyaris perfek. Tapi harus diperhatikan batasan umur untuk pemirsanya, karena konten mereka menyasar pasar dewasa muda.

Froyonion bisa dibilang makin terkenal saat program "Tapi Boleh Dicoba", episode "Mencoba Anggur Cap Orang Tua untuk Pertama Kalinya" menampilkan mbak-mbak polos berkacamata. Selain episode tersebut, episode favorit ane adalah "Mencoba Rokok Klobot untuk Pertama Kalinya".

Program menarik lainnya juga masih banyak, seperti "Kulinerikuy", "Jangan Jadi ... Sebelum Nonton Ini", "Tukang Spoiler", dan "Film Pendek". Tapi konten yang ane inginkan, dan harapkan ada, adalah Froyonion Meets Jason Ranti. Bakal gimana tuh jadinya.

*****

Fluxcup | 118,682 subscribers*


youtube.com

Fluxcup bisa dibilang konten kreator yang mendahului jamannya. Konten "Rapat Tersesat" tetap jadi kaporit ane sepanjang masa. Fluxcup sukses menge-troll khalayak dengan konten dubbing-nya yang memparodikan tokoh publik, kultur pop, dan isu-isu yang jadi perhatian khalayak.

Konten lain seperti "Ksatria Batang Hitam", "Goban si Manusia Tapi Robot", dan "Kill Your Idol" bisa sangat absurd dengan "sentuhan midas" yang menjadi ciri khas Fluxcup. Ia juga sering didapuk menjadi sutradara musik video musisi-musisi slebor maupun keren seperti Pemandangan Band, Pandai Besi, Seringai,atau Kunto Aji. Fluxcup, yang mempunyai latar belakang pendidikan seni, bisa dibilang "suhu" dibidang remix video dan demistifikasi konten lewat komedi.

*****

Vice Indonesia | 310,257 subscribers*


youtube.com

Meski awalnya hanya mengkonversi konten milik Vice luar negeri, kini Vice Indonesia mulai rajin membuat konten original-nya sendiri. Hampir semua kontennya berkualitas tinggi dan otomatis jadi kaporit ane. Seperti misalnya konten Joko Anwar jalan-jalan di kampung halamannya, Medan. Lalu konten dokumenter serta investigasi jurnalistik seperti Mamah Dedeh atau Debt Collector dari timur Indonesia.

Banyak hal tabu, juga budaya unik yang masih bisa dieksplor di indonesia. Dan Vice Indonesia jadi salah satu kanal andalan ane. Terutama konten yang ada mbak Kathleen Malay-nya (@iannisxanaxis) emoticon-Wowcantik.

*****

Sounds From The Corner | 170,391 subscribers*


youtube.com

Kanal ini berawal dari project-an Dimas Wisnuwardhono dan Teguh Wicaksono yang terinspirasi dari konsep La Blogotheque-nya Chryde dan Vincent Moons. Salah satu konten andalannya adalah "Taste Test", di mana musisi-musisi senior dimintai opini mengenai karya-karya musisi kekinian. Lalu "88sec", yang mewawancara musisi bintang tamu di "belakang layar".

Video-video SFTC adalah arsip penting yang merekam perkembangan musik di masanya. Banyak band di video-video SFTC yang kemudian ganti susunan personel, bahkan ada beberapa yang kemudian almarhum. Ndilalah, SFTC sempat mengabadikannya. Sebut saja OM PMR (Joni Iskandar keluar), Navicula (pemain bass meninggal + Gembul keluar), The Upstairs (drummer keluar), Rumah Sakit (Andri Lemes hijrah), The Adams (Retiara meninggal + pemain bass keluar), Payung Teduh (Is keluar), dan Yockie S. (meninggal). Bagi ane konten-konten SFTC adalah harta karun yang perlu dilestarikan.

*****


Sekian dari ane Bre & Sis.
Agan tertarik buat subscribe? silakan tulis di kolom komen emoticon-Embarrassment
Salam dan sampai jumpa di threadCipt. Papa.T.Bob selanjutnya.

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast


*****

[Update]Tambahan dari Kaskuser [Update]

Quote:


demajorsTV | 31,313 subscribers*


youtube.com

DemajorsTV merupakan kanal youtube resmi dari label demajors. Label yang concern dalam perkembangan skena musik independen sejak awal tahun 2000-an. Dengan konten andalannya yaitu band-band independen yang meramaikan pagelaran musik SynchronizeFest. Festival musik yang notabene diselenggarakan oleh demajors sendiri.

Akhir-akhir ini mereka merilis playlist dalam kanal youtube mereka, dengan tajuk "Salute the Rollies", kompilasi perform musik dari band-band yang terlibat dalam album tribute untuk band legendaris the Rollies, rilisan demajors. Namun, yang paling menarik dari kanal ini justru adalah playlist rekomendasinya yang berisi pilihan video musik-musik ekletik dari kanal youtube demajorsTV, maupun kanal youtube lain.

*****

Quote:

Quote:


CameoProject | 606,292 subsribers*


youtube.com

CameoProject adalah kanal yang dikenal produktif, konsisten, dan sering berkolaborasi dengan kreator lain dalam pembuatan kontennya. Mereka juga cukup aktif membuat konten saat pilkada maupun pilpres. Kanal ini sebenarnya gak terlalu obscure juga ya, karena jumlah subscriber-nya sudah melebihi 500,000.

Selain konten pemilu, CameoProject juga rajin membuat video-video ringan, sketsa-sketsa pendek yang menghibur, vlog, serta video-video inspiratif. Mereka juga kerap membuat konten-konten berbobot, seperti video pendek semi dokumenter yang mengangkat isu-isu sosial kontemporer, juga semacam talkshow ringan yang membahas isu-isu berbobot. Tak lupa, mereka juga membuat konten senang-senang, berupa konten musik hasil kolaborasi CameoProject dengan kreator lain.

*****

Quote:

Quote:


VNGNC | 195,274 subscribers*


reddit.com

VNGNC dikenal sebagai youtuber kontroversial sekaligus kritikus ekosistem youtube. Ia seringkali mengolok-olok kreator top indonesia yang ia anggap kontennya tidak mendidik. Ia mengkritik kreator tersebut secara terang-terangan melalui konten shitposting, yang anehnya justru lebih berbobot daripada konten-konten top buatan kreator indonesia yang ia kritisi.

Meski begitu kontennya kadang terlalu absurd sehingga perlu waktu lama untuk memahami maksudnya. Oleh karenanya, pelanggan kanal VNGNC menghabiskan lebih banyak waktu di kolom komentar daripada menonton videonya.

VNGNC meraih popularitas dan reputasinya sebagai youtuber berkualitas melalui konten seri berjudul "WTF INDONESIA". Konten yang konon telah mencapai episode terakhirnya pada pertengahan bulan ini. Padahal seri tersebut menjadi konten dari kanal VNGNC yang paling mendapat perhatian dari pemirsa youtube. Namun, pada akhirnya kanal VNGNC akan tetap menjadi cult, dan subscriber-nya adalah penonton organik yang setia menunggu konten-konten kritis VNGNC. Seabsurd apapun itu.

*****


Keterangan: *jumlah yang tertera saat threadini ane tulis
Diubah oleh Papa.T.Bob 29-12-2018 02:04
anasabila4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
22
33.1K
282
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.