drumssAvatar border
TS
drumss
Kenalan Dulu Nih Gan Sama Bahasa Pemrograman Untuk Data Science
Eitss.. Ga Perlu Balik Kanan Gan Karena Obrolannya Bikin Pusing

Mending Sruput Kopinya dan Gelar Tiker Dulu di mari




Terimakasih nih gan udah mau mampir ke thread ane, sekedar untuk diketahui aja nih kalo ane musti bertapa 3 hari 3 malam buat bikin thread ini dikarenakan satu dan lain hal, termasuk sibuk berbagai urusan duniawi Hahahahha.. Ngomongin bahasa pemrograman (programming language) tuh hal yang asik sebenarnya gan, karena kebetulan dulunya TS gini-gini pernah loh kuliah ambil jurusan manajemen informatika, jadi otomatis udah kenalan dan pernah akrab dengan beberapa bahasa pemrograman. Beragam bahasa pemrograman mulai dari yang jadul yaitu Pascal, kemudian ada COBOL, C, Java, Visual Basic, Fox Pro, php, sampe dengan yang bahasa pemrograman yang mungkin sekarang ini lagi in banget seperti Python atau yang banyak digunakan di pembuatan machine learning dan data science

 
Lemesin dulu gan, sruput lagi kopinya 
Tapi jangan ganti channel yak.. 

emoticon-Ngakak


Di era digital kayak sekarang ini, sejumlah perusahaan di berbagai industri lagi rame-ramenya nih mengadopsi teknologi machine learning dan nerapin data sciencedemi ngedukung kelangsungan dan perkembangan bisnis perusahaan tersebut. Meskipun beberapa website ada yang bilang sih gan, kalo kayak machine learning ini bukanlah hal yang baru. Terlepas soal baru atau nggaknya, faktanya emang banyak teknologi jaman now udah dapet sentuhan machine learning dan data science yang juga lagi ser-serunya karena banyak bingit perusahaan yang buka lowongan buat para agan dan sista yang mau berkarir di bidang data. 
Btw nih gan, ane nggak lagi cari kerjaan atau bagi lowongan kerja loh, cuman mau berbagi sama penghuni jagadraya Kaskuser tentang bahasa pemrograman yang dipake di machine learningdan data science. Siapa tau di mari ada yang berencana berkarir mengarah ke sana, atau masih jadi mahasiswa IT yang lagi bingung dengan mau fokus pelajarain apa.. Heheheheh,, emoticon-Big Grin.


Bagi Kaskuser yang mau berkarir dibidang Machine Learning dan Data Science udah pasti wajib hukumnya familiar dan menguasai beberapa bahasa pemrograman berikut ini, diantaranya :


Python
Kalo ngebaca dari pengertiannya, Python merupakan bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode dan diracik oleh Guido van Rossum (wiki). Kalo dalam dunia persilatanmachine learning dan data science bahasa yang satu ini populer bener loh gan, dikarenakan bahasa pemrograman ini mudah dipelajari, karena struktur sintaknya rapi dan mudah dipahami. Python banyak digunakan untuk membuat berbagai macam program, seperti: program CLI, Program GUI (desktop), Aplikasi Mobile, Web, IoT, Game, Program untuk Hacking, dan tentu masih banyak lagi.

R
Menyusul Python, ada bahasa R yang juga populer dalam dunia machine learning dan data science. Sebenarnya TS pun juga belum pernah sih mempelajari bahasa ini, hanya nyimak salah satu instruktur yang waktu itu jadi pembicara pada workshop Finhacks 2018 #DataChallenge di Jakarta. Ada beberapa hal yang mendasar dari bahasa pemrograman R, diantaranya Basic Math; Variables; Data Types; Vectors; Functions; Data; Frame; Lists; Matrices; Arrays;dan Conditional Statement. Untuk kodingnya sendiri, R programming harus melalui R Studio 
 
Java
Bahasa pemrograman yang satu ini sejatinya TS udah kenal dari jaman dulu sih gan, secara ini bahasa pemrograman yang udah udah ada dari era 1990-an. Sekarang ini perkembangannya pun patut diacungiempatjempol nih gan, soalnya Java makin hari makin berkembang dan melebarkan dominasinya di berbagai bidang, salah satunya digunakan di machine learning dan data science. Ada beberapa istilah penting dalam Java yang wajib agan ketahui nih kalo menekuni bahasa pemrograman ini, seperti seperti ArrayList, HashMap, HashTable, Vector, Array, dan lainnya. Tapikalo masih dasar banget bisa gunakan tipe int, float, double, String, Boolean, dan lainya.
 
C++ dan C
Ini bahasa pemrograman kakak beradik yah Gan? Hmmm bisa dibilang gitu deh gan! Tapi ada perbedaan antara bahasa Cdan C++, dimana bahasa C++ merupakan bahasa pemrograman yang dirancang sebagai penyempurnaan dari bahasa C yang udah lahir duluan. Menurut Bjarne Stroustrup sang pencipta, beliau menjadikan C sebagai dasar bahasa C++ nya karena bahasa C dinilai sudah cukup baik. Nggak cuma itu aja sih gan!  Ada juga loh perbedaan saat melakukan input/ouput, kalo dalam C untuk melakukan input output kita menggunakan library standard bernama stdio.h tapi kalo di C++ menggunakan iostream.

Itu sih gan beberapa bahasa pemrograman yang sangat popular dan digunakan dalam pembuatan machine learning atau pun dunia persilatan data science. Eitss.. tapi kalo agan sista jago urusan data, ane ada info yang mantul banget nih gan! https://finhacks.id/ menggelar kompetisi Finhacks 2018 #DataChallenge yang menantang seluruh penggiat data tanah air buat menaklukan semua tantangan yang ada. Sayang loh gan kalo dilewatin, soalnya total hadiahnya 480 Juta! emoticon-Wow.

Langsung aja deh gan merapat ke website https://finhacks.idbuat dapetin informasi lengkap seputar Finhacks 2018 #DataChallenge.


Diubah oleh drumss 27-09-2018 05:49
nona212
nona212 memberi reputasi
3
10.6K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Programmer Forum
Programmer Forum
icon
20.2KThread4.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.