n4z1.v8Avatar border
TS
n4z1.v8
Air Mata Hitam Fadli dan Ahmad Dhani Melawan Tangan Besi
Air Mata Hitam Fadli dan Ahmad Dhani Melawan Tangan Besi



Jakarta - Setelah liriknya diciptakan oleh Waketum Gerindra yang juga Wakil Ketua DPR Fadli Zon, lagu 'Tangan Besi' pun dibuat klip videonya. Fadli Zon hingga musisi yang kini politikus Gerindra Ahmad Dhani berdandan ala pantomim saat syuting klip itu.

"Makeup putih pantomim ini menggambarkan masyarakat atau rakyat yang hopeless, tertekan, dan bahkan menangis karena intimidasi dan adu domba penguasa," kata Fadli saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (20/12/2018).

Fadli mengunggah proses pembuatan klip itu lewat akun Twitter @fadlizon. Fadli mengunggah foto-foto dia bersama Ahmad Dhani, Fauzi Baadila, Sang Alang, Derry Sulaiman, hingga Neno Warisman. Fadli cs, kecuali Ustaz Derry, tampak berdandan ala pantomim dengan wajah putih.

Drama ala pantomim itu rupanya disebut Fadli memperlihatkan kondisi masyarakat. Ada titik-titik seperti air mata berwarna hitam.

"Kebebasan berpendapat, berserikat, dan berkumpul yang dijamin konstitusi dan UU ditindas oleh penguasa. Jadi kami tak mewakili diri kami, tapi masyarakat yang terintimidasi, orang-orang yang dipersekusi, dikriminalisasi. Makanya dalam makeup putih tersebut ada air mata hitam," tutur Fadli.

Politikus Gerindra Andre Rosiade lantas menginterpretasikan titik-titik air mata. Menurut dia, itu bermakna ekonomi masyarakat yang semakin sulit.

"Di mana masyarakat merasakan tingginya harga bahan kebutuhan pokok maupun sulitnya mendapatkan lapangan pekerjaan. Masyarakat merasakan indikasi bahwa hukum itu hanya tajam ke pihak oposisi, tapi tumpul ke pihak yang propenguasa," sebut Andre.

Ketua DPP NasDem Irma Suryani Chaniago kemudian mengkritik aksi Fadli cs itu. Irma menganggap Fadli, yang merupakan Wakil Ketua DPR, justru minim prestasi dengan aksi membikin klip video.

"Biasalah, cuma cari panggung. Politisi yang tidak berprestasi memang harus cari panggung biar bisa terus jadi berita. Maklum, miskin prestasi dan ide," kata Irma.

Wasekjen PKB Daniel Johan memandang lagu 'Tangan Besi' Fadli Zon tak relevan dengan demokrasi saat ini. Kebebasan berpendapat bahkan dijamin oleh undang-undang.

"Nggak relevan, tangan besi bagaimana? Indonesia negara demokrasi terbesar, kok," kata Daniel.

Sempat Dimaknai Lagu tentang Orde Baru

Sebelum klip video dibuat, lirik lagu 'Tangan Besi' bikinan Fadli Zon sempat dimaknai sebagai peringatan akan bahaya pemerintahan Orde Baru oleh Ketua DPP NasDem Irma Suryani. Menurut Irma, tangan besi Orde Baru terbukti dari adanya pembredelan media massa.

"Fadli sedang memberi peringatan kepada rakyat Indonesia, tentang bahaya tangan besinya Orde Baru sepertinya," ujar Irma saat dimintai tanggapan oleh detikcom, Sabtu (8/12).

Menurut Irma, era Orde Baru paling tampak menunjukkan sikap tangan besi, bukannya Jokowi. Dia juga menyebutkan beberapa bentuk tangan besi Orde Baru.

Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso kemudian menanggapi penilaian Irma. Bagi Priyo, tak perlu menyeret-nyeret Orde Baru terkait lagu buatan Fadli Zon ini.

"Ditujukan kepada siapa itu lirik lagu, ya hanya Fadli Zon yang tahu. Publik hanya bisa tersenyum dan mungkin menebak-nebak. Tidak perlu over-reaktif dan marah-marah sampai ke Orde Baru segala seperti dikatakan Bu Irma NasDem," ujar Priyo kepada detikcom, Minggu (9/12)(bag/dkp)
detik
===========


Kumpulan manusia otak terbalik.
Bagi mereka, hoax adalah amal baik.
Menghina adalah pekerjaan.
Membela kesalahan adalah kebenaran.
Agama adalah jualan paling laris bagi mereka yang bodoh, yang justru banyak di negeri ini.

Cuma manusia-manusia bodoh yang mau dan masih percaya dengan mereka.

Ah, mendadak malas komen.

9
7.1K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.