langkahkaki790
TS
langkahkaki790
Alasan Mengapa Orang-orang Suka Banget Liburan ke Jepang
Halo gan sobat langkah kaki, mari kita bahas tentang Jepang. Terutama, soal alasan mengapa orang-orang suka banget liburan ke Jepang. Mungkin loe gan, salah satunya yang nggak cukup sekali ke Jepang.




Kalau ditanya mau liburan ke luar negeri ke mana? Kebanyakan orang, yang pernah ane temuin sih pasti pada jawab 'ke Jepang'. Why kenapa never nggak pernah, ya elah diartiin doang itu mah. Sama kayak sometimes itu kadang-kadang atau age itu cuma umur.


emoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Traveller

Jepang, hmmmm memang sih Negeri Sakura ini punya banyak banget destinasi wisata gan. Apa aja ada, dari alam berupa Gunung Fuji yang cakep, salju-salju yang bikin rindu di Sapporo, kebudayaan yang melekat di Kyoto atau kota metropolis nan serba canggih di Tokyo.

Tapi sepertinya, dua hal yang bagi gue sangat mencuri hati orang Indonesia di Jepang. Pertama adalah budaya dan kedua adalah kulinernya. Plus, belanja karena kalau liburan ke Jepang, siap-siap aja bisa beli koper baru. Eh, ada tiga ya jadinya.

Spoiler for Jepang Selalu Bikin Kangen:



Satu hal yang gue garis bawahi adalah budaya. Bukan, bukan sekadar budayanya yang berupa sejarah kekaisaran, geisha atau cerita-cerita samurai. Tetapi, budaya alias kebudayaan masyarakat Jepang sehari-hari.

Budaya-budaya itu kita fokuskan pada 3 hal yakni kebersihan, ketepatan waktu dan Malu. Cus gan!

emoticon-Matabelo

Pertama soal kebersihan. Wa gela seh, semua kota-kota di Jepang bersih sih sih. Coba liat Tokyo, kota metropolitan dan paling modern, walau bejubel banyak orang apalagi di work hour, tetep aja terlihat bersih.

Nggak heran juga, tempat sampah tersedia dan bentukannya juga bagus. Bukan cuma apa ya satu tong sampah gitu, tapi jenis tong sampahnya ada banyak. Yakni, sampah buat plastik, sisa makanan, botol kaca, majalah dan lain-lain. 5 Jenisan lah.

Dan dari kecil, orang-orang Jepang udah diajarin untuk bersih. Anak-anak sekolah punya jadwal piket, membersihkan kelas sampai lapangan. Di rumah juga, kalau loe liat film-film kartun macam Nobita dan lainnya, pasti ada adegan lagi angkut sampah ke truk sampah.

Spoiler for Jepang Selalu Bikin kangen:



Contoh lain pas Piala Dunia 2018 kemarin. Timnas Jepang yang kalah dari Belgia, membersihkan ruang gantinya. Bener-bener tuh ruang ganti kayak nggak kepake. Kinclong bet gan!

emoticon-Jempol

Kedua, orang Jepang terkenal akan ketepatan waktu. Waktu adalah uang sungguh berlaku di Jepang.

Semua transportasi akan datang sesuai jadwal. Telat dikit ya risiko gan, udah pasti ditinggal. Bahkan kalau mereka yang telat, maka mereka yang akan minta maaf dan kasih surat permintaan maaf ke penumpangnya.

Semuanya serba on time, nggak ada tuh telat-telatan sampai bermenit-menit. Ketepatan waktu juga diajarkan dari kecil, yang mana kalau ditinggal bis sekolah ya kudu ngejar gan sampai ke halte berikutnya.

Spoiler for Jepang Selalu Bikin Kangen:


Spoiler for Jepang Selalu Bikin Kangen:



Orang Jepang memang sangat amat menghargai waktu. Nggak heran sih, tuntutan pekerjan bagi masyarakatnya di negara maju juga menuntut mereka untuk tepat waktu.

emoticon-Gotta catch 'em all!

Ketiga, terakhir soal malu. Begini gan, orang Jepang sangat menjunjung tinggi harga diri. Bahkan kalo loe liat di film-film Jepang, sesorang akan memilih bunuh diri saat dia tidak berhasil mencapai impiannya. Itu dikenal dengan nama Seppuku atau juga lebih dikenal dengan sebutan Harakiri. Maka itu, mereka malu kalau harga dirinya terinjak-injak.

Rasa malu sungguh mengontrol orang-orang Jepang gan. Mereka malu untuk buang sampah sembarangan, mereka malu kalau nyerobot antrean, mereka malu kalau telat, mereka malu kalau nggak bekerja dengan keras, mereka malu kalau tidak sukses dan termasuk pemerintahnya malu kalau negaranya nggak maju.

Spoiler for Jepang Selalu Bikin Kangen:


Spoiler for Jepang Selalu Bikin Kangen:



Malu itu yang memotivasi mereka, membuat mereka lebih sungguh-sungguh dalam hidup. Dari malu tak ada waktu yang sia-sia, dari malu nggak ada pekerjaan yang nggak bisa diselesaikan.

Spoiler for Jepang Selalu Bikin kangen:



Setidaknya, tiga budaya dari Jepang itu bener-bener jadi shock culture para traveler gan. Jujur deh kalau loe pertama kali ke Jepang, pasti loe kaget karena memang kebudayaan kesaharian kita sangat amat jauh berbeda dengan meraka.

Tapi justru, rasa kaget itulah yang membuat kita selalu suka dan kangen untuk liburan dan kembali lagi datang ke sana. Setuju gan?


Spoiler for Jepang Selalu Bikin Kangen:


Bisa kali cendolnya gan muuuuaaahhh


emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast

Diubah oleh langkahkaki790 18-12-2018 14:43
0
1K
2
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23KThread10.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.