mrdfssAvatar border
TS
mrdfss
5 Pekerjaan Yang Dilakukan Secara Tidak Lazim Pada Zaman Dahulu
Hidup dizaman yang sudah maju dan telah melewati banyak pembaharuan tentu sangat menguntungkan bagi sebagian orang. Terutama para pekerja yang awalnya dilakukan secara tidak manusiawi kini menjadi lebih manusiawi. Karena pada zaman dahulu, banyak pekerjaan yang dirasa rendah dan dilakukan secara tidak manusiawi. Bahkan pekerjaan itu ada yang dilakukan secara tidak lazim. Berikut 5 pekerjaan kuno yang dilakukan secara tidak lazim.


5. Pelayan


Mungkin pekerjaan ini terdengar cukup aneh. Namun pekerjaan ini pernah ada saat zaman Romawi Kuno. Pada saat itu orang-orang kaya Romawi kuno suka mengadakan sebuah pesta. Pesta itu terdiri atas berbagai makanan yang dijamu oleh para budak. Para orang kaya Romawi ini akan makan hingga kenyang. Ketika mereka kenyang, bukannya berhenti makan tapi memuntahkan makanan itu disebuah tempat agar bisa kembali mengikuti pesta tersebut. Kemudian muntahan itu akan dibersihkan oleh para budak. Karena menurut kepercayaan, orang Romawi tidak membersihkan dirinya di sebuah tempat atau ruangan seperti kita yang menggunakan toilet untuk membersihkan bekas muntah.


4. Tukang Cukur


Zaman sekarang tukang cukur hanya memiliki kelebihan untuk memotong dan memijat para pelanggan. Namun pada zaman dulu, di Eropa pada abad pertengahan, tukang cukur juga bisa mengobati dan membersihkan gigi para pelanggannya. Simplenya, tukang cukur saat itu memiliki dua profesi, selain tukang cukur mereka juga berprofesi sebagai ahli gigi. Namun keahlian mereka dalam memperbaiki gigi itu sama sekali tanpa keahlian. Namun kemudian hal ini dilarang sejak Raja George II membuat larangan kepada tukang cukur untuk melakukan apapun kepada gigi pelanggannya pada tahun 1745.


3. Pembuat Bir 


Di Eropa pada abad ke 17, Pembuat bir dapat dengan bebas menjual birnya kepada para pecandu alkohol. Namun hal ini membuat bir yang dijual itu kadang tidak berkualitas. Sehingga membuat orang-orang marah dan menghukum si pembuat bir tersebut, yang dulu banyak di buat oleh para wanita. Selain mendapat denda karena menjual bir yang tidak enak, sisa birnya harus diberikan kepada orang miskin. Kemudian si pembuat bir akan diikat pada sebuah tempat dan diceburkan kedalam air yang sangat kotor. 


2. Penata Rambut


Zaman sekarang, penata rambut adalah profesi yang cukup diandalkan. Karena mampu membuat orang-orang semakin terlihat menarik. Namun pada zaman Romawi, profesi ini sangatlah menjijikan. Karena mereka mengandalkan para budak untuk menata rambutnya dan membuat budak ini memiliki bau tak sedap. Salah satu penyebabnya ketika mereka ingin membuat warna rambut yang diriasnya terlihat lebih gelap, mereka akan menggunakan empedu, tinta cumi-cumi hingga lintah yang membusuk. Sedangkan untuk membuat warna rambutnya putih, mereka menggunakan kotoran burung merpati yang kemudian dibilas dengan air kencing manusia. Bahkan pada zaman itu, mereka percaya bahwa kotoran manusia bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe.


1. Tukang Cuci Baju


Zaman sekarang sudah banyak jasa pencuci baju yang menggunakan mesin sehingga bisa lebih bersih dan cepat kering. Namun pada zaman Romawi, saat itu ada sebuah tempat seperti toilet umum yang digunakan oleh orang-orang untuk buang air kecil. Ketika air tempat itu sudah penuh oleh air kencing, maka akan digunakan untuk mencuci baju-baju kotor. Karena air kencing itu terbukti ampuh menghilangkan noda pada baju. Tidak hanya itu, para pekerja yang membersihkan baju harus masuk kedalam tempat pencucian dengan tinggi kencing mencapai lutut mereka.


Itulah beberapa pekerjaan kuno yang tak lazim pada zaman dahulu. Wajar saja bila pekerjaan-pekerjaan itu sangat tak lazim karena masih minimnya pengetahuan dan tingginya perbudakan.


Diubah oleh mrdfss 16-12-2018 19:19
jiwaprana
jiwaprana memberi reputasi
-6
16.8K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.