Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
68
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c11c77c9a972e6c4c2cb958/youtube-jendela-dunia-di-era-z
Video atau Teks? mungin dua kata tersebut bukan lagi menjadi pilihan sarana dalam menunjang seseorang dalam mendapatkan informasi karena jelas bahwa saat ini eksistensi teks semakin terancam dengan begitu pesatnya perkembangan dunia video saat ini. Yang menjadi pertanyaan dalam hal ini adalah, Mengapa sekarang ini kita khususnya generasi Z lebih suka dengan konten yang ada dal
Lapor Hansip
13-12-2018 09:44

YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z

Past Hot Thread
icon-verified-thread
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z

VIDEO atau TEKS

YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z

Video atau Teks? mungin dua kata tersebut bukan lagi menjadi pilihan sarana dalam menunjang seseorang dalam mendapatkan informasi karena jelas bahwa saat ini eksistensi teks semakin terancam dengan begitu pesatnya perkembangan dunia video saat ini. Yang menjadi pertanyaan dalam hal ini adalah, Mengapa sekarang ini kita khususnya generasi Z lebih suka dengan konten yang ada dalam video dari pada teks? apakah karena memang generasi yang sudah malas untuk membaca atau memang generasi instan yang memang membutuhkan sesuatu hal dengan cepat dengan hanya menyaksikan sebuah video untuk dapat memahami isi dari konten yang disajikan dari pada menelaah teks yang perlu dicerna lebih dalam. Bisa dibilang krisis berpikir.

YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z

Zaman semakin berkembang, kita tidak bisa menolak adanya kemajuan teknologi dan perkembangannya, kerena tidak bisa munafik kita sebagai makhluk sosial membutuhkan perkembangan teknologi yang lebih manju untuk menunjang kebutuhan sosial kita dalam bermasyarakat. Namun bukan berarti kita dengan sangat mudahnya meninggalkan Teks untuk memahami segala hal. Teks itu sangat penting untuk kita dapat berpikir lebih kritis dalam menanggapi atau memahami sebuah konten. Minimnya minat membaca memang sudah terjadi sejak generasi milenial dan buruknya hal ini diwariskan kepada mereka generasi Z. Secara tidak sadar generasi Z meniru kebiasaan instan yang memang lebih memanjakan dari pada suatu hal yang membutuhkan aspek berpikir lebih dalam. Minimnya minat baca juga disampaikan oleh Titik Kismiati selaku Kepala Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Perpustakaan Nasional RI, sebagai berikut:

Minat baca penduduk Indonesia sangat rendah. Merujuk data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik tahun 2012, sebanyak 91,58 persen penduduk Indonesia yang berusia 10 tahun ke atas lebih suka menonton televisi. Hanya sekitar 17,58 persen saja penduduk yang gemar membaca buku, surat kabar, atau majalah. "Tahun 2015, Perpustakaan Nasional juga melakukan kajian. Hasilnya, minat baca masyarakat juga menunjukkan angka 25,1 atau kategori rendah,"(1)
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z

Selain itu, Pearson Education juga telah melakukan penelitian terhadap ketertarikan atau minat baca generasi Z saat ini, yang hasilnya didapati bahwa generasi Z yang saat ini berada pada rentang usia 14 hingga 23 tahun lebih bertumpu pada YouTube dalam proses belajar ketimbang buku teks konvensional. Hal ini menunjukkan generasi Z lebih mudah mencerna materi pembelajaran melalui pendekatan yang berbau visual ketimbang teks. Pearson Education menemukan 59 persen generasi Z memilih belajar via YouTube ketimbang buku teks. Sementara itu, ada 47 persen yang masih setia belajar via buku teks.(2)
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z

Dari dua data di atas kita bisa simpulkan bahwa generesi saat ini memang lebih tertarik dengan sesuatu yang bersifat visual ditambah lagi bahwa video bisa mengantarkan pemahaman secara lebih cepat kepada para penikmatnya dibandingkan dengan teks. Namun untuk apa jika pemahaman terhadap sesuatu bisa dicerna tetapi kita menjadi tumpul dalam berpikir dalam memahami sesuatu secara mandiri tanpa intruksi atau arahan orang lain, hal ini membuat intuisi kita sebagai manusia yang dibekali pemikiran yang luar biasa menjadi sia-sia.

YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z

YouTube memegang peranan penting bagi kehidupan remaja ketimbang platform media sosial lain. Ini yang membuat eksistensi video jauh lebih baik ketimbang sajian teks. Tidak bisa dipungkiri memang bahwa konten dalam video memiliki banyak keunggulan di antaranya, 1) kita bisa memahami suatu prosedur dengan cara melihat langsung objek yang sedang dibicarakan, 2) Penjabaran teks diungkapkan secara langsung tanpa perlu adanya pembukaan yang bertele-tele, 3) Kreasi visual membuat para penikmat jauh lebih tertarik dan merasa nyaman dalam memahami suatu konsep, dan yang terakhir 3) menghemat waktu karena minimnya proses berpikir.

Dengan keadaan seperti ini bukan berarti kita harus pasrah dan meninggalkan teks sebagai sarana penunjang informasi, sebagai contoh dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, siswa dituntut untuk dapat menciptakan sebuah “teks” baik itu verbal maupun visual, itu artinya sudah ada upaya untuk mempertahankan eksistensi teks terhadap masa sekarang dan masa depan nantinya walau masih sangat kurang. Ketertarikan minat sebuah konten video juga diterapkan oleh forum kebanggaan kita ini KASKUS, dengan begitu pesatnya persaingan dunia digital dengan berbagai konten yang kreatif akhirnya KASKUS juga berinovasi untuk mengembangkan KASKUS TV. Hebatnya adalah, Kaskuser masih tetap setia pada konten-konten teks di dalamnya.

YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z

Memang benar bahwa kita sebagai manusia harus bergerak lebih maju, harus bisa beradaptasi dengan apa yang terjadi saat ini namun selayaknya budaya membaca teks harus bisa dipertahankan ketimbang budaya melihat video. Ini penting kenapa? karena dengan terbiasanya kita membaca maka kapasitas perbendaharaan kata yang kita miliki tentunya akan lebih banyak dan secara tidak langsung kita akan lebih mudah untuk menyuarakan apa yang ingin kita sampaikan dan alangkah baiknya hal tersebut dijadikan sebuah video. Itu berarti seharusnya kedua aspek ini harus digunakan dengan baik. Pertama, kita membaca konten dalam teks, kedua, kita ucapkan/bicarakan konten tersebut yang kemudian direkam menjadi video. Dengan tahap begitu video yang dihasilkan akan lebih berkualitas dan juga lebih produktif bukan sekadar melihat konten yang orang lain buat.

Sumber Kutipan: (1), (2)

YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z



1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z
16-12-2018 10:41
Kalau buka yutub liat trending di Indo kok isinya ampas semua yak emoticon-Busa
0 0
0
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z
16-12-2018 10:58
karena emang nonton itu lebih enak dari pada baca haha
0 0
0
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z
16-12-2018 11:29
Dan pada saatnya nanti semua disimpan di internet
ga ada catatan/buku
Internet musnah krn smua teknologi musnah , catatan ga ada
sumber ilmu hilang kecuali ingatan yg ada
emoticon-Cendol (S)
emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh fan1908
0 0
0
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z
16-12-2018 12:52
ane masih hobi baca sih
0 0
0
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z
16-12-2018 14:28
Quote:Original Posted By adekgantengom
And more and more rubbish content nowadays


Lama gk liat, rambut lu udah tumbuh dek??
2 0
2
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z
16-12-2018 14:40
Quote:Original Posted By tengah.tengah
Lama gk liat, rambut lu udah tumbuh dek??


Udah nih om emoticon-Cool
0 0
0
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z
16-12-2018 14:50
ane pribadi masih lebih suka baca, apalgi yg berbentuk buku. feelnya beda 😂

tapi entahlah kalau generasi Z, emang masa transisi sekarang-sekarang ini, semua serba digital (no one can't escape from change).
Tapi selama ilmu yg di dapat baik & bagus, ga ada salahnya lebih banyak belajar dari media visual.
0 0
0
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z
16-12-2018 15:37
Quote:Original Posted By nadhafaputraa
ane jujur nih gan. ane jarang banget buka ytb kalau bukan buat nyari lagu. dan bukan karena boros kuota juga. tapi, karena ane lebih suka baca daripada visual gitu. kalau visual, ane lebih tertarik sama sejarah. lain halnya dengan membaca. kalau membaca, ane lebih tertarik ke informasi / pengetahuan. tapi aneh ya gan, ane suka baca. tapi aneh ga suka kalau baca lewat media buku. ane lebih suka baca lewat hp. kenapa ya? ane sih alesan suka nya karena enak, nyaman, ga ribet juga


Gak ada salahnya gan
Cuman orang kolot yang bilang baca lebih baik lewat buku berbentuk fisik dibandingkan ebook.
Dua2nya sumber pengetahuan kok. Selama buku itu ditulis dengan orang yang bener, sumbernya jelas, dan bukan yang ecek2.
1 0
1
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z
16-12-2018 15:39
Quote:Original Posted By doombringer2211
Gak ada salahnya gan
Cuman orang kolot yang bilang baca lebih baik lewat buku berbentuk fisik dibandingkan ebook.
Dua2nya sumber pengetahuan kok. Selama buku itu ditulis dengan orang yang bener, sumbernya jelas, dan bukan yang ecek2.


Wah terima kasih gan saran nyaemoticon-Jempol
1 0
1
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z
16-12-2018 15:40
Quote:Original Posted By nadhafaputraa
Wah terima kasih gan saran nyaemoticon-Jempol


emoticon-Toast
0 0
0
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z
16-12-2018 16:04
Apakah dengan membaca trit di kaskus merupakan pembiasaan dari membaca ?
0 0
0
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z
16-12-2018 16:39

#20,890

Quote:Original Posted By mr.puguh
ada yg tau film idiocrazy..? jika diliat gejala2 jaman now, kyk nya itu film bkl jd kenyataan deh..


Gue nonton tapi cuma sepotong-sepotong. Di Google Films belum ada.emoticon-Frown
Bahkan ada yang komentar kalau idiocrazy malah jadi kayak dokumenter ketimbang film komedi, dalam arti hal-hal absurd di dalamnya mulai jadi kenyataan.
0 0
0
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z
16-12-2018 17:12
Hati hati yang hoax emoticon-Hammer (S)
0 0
0
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z
16-12-2018 18:49
Hmm... Ya ya
Jalani kedua metode, pilih yang anda sukai, tapi jangan tinggalkan yang satunya
0 0
0
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z
16-12-2018 23:10
kalo ilmunya berupa gambaran umumnya enakan youtube kalo udah masuk teknis detail enakan buku sih
0 0
0
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z
16-12-2018 23:14


Quote:Original Posted By nadhafaputraa
ane jujur nih gan. ane jarang banget buka ytb kalau bukan buat nyari lagu. dan bukan karena boros kuota juga. tapi, karena ane lebih suka baca daripada visual gitu. kalau visual, ane lebih tertarik sama sejarah. lain halnya dengan membaca. kalau membaca, ane lebih tertarik ke informasi / pengetahuan. tapi aneh ya gan, ane suka baca. tapi aneh ga suka kalau baca lewat media buku. ane lebih suka baca lewat hp. kenapa ya? ane sih alesan suka nya karena enak, nyaman, ga ribet juga

Bener gan mungkin karena flexible, tp jujur baca di buku itu sebenernya lebih enak karena bisa fokus ke bacaan ketimbang di layar apa pun itu

Quote:Original Posted By jkusuma122
Dan saat ini... Ketika ane nyari buku tutorial software audio komposer di toko online pun, adanya yg jual kaset video semua... emoticon-No Hope
Padahal kalau dari buku enak, minimnya contoh buat kita banyak eksplor. Ketimbang video banyak contoh tapi kesannya kita jadi terpaku sama tutorial emoticon-Toast

Nah yg ini karena kita udah dimanjain sama tutorial jadinya kita terpaku sama yg udah ada doang, kita jd sedikit berpikir soal eksplorasi

Quote:Original Posted By zankzinkzunk
Menurut ane sih, teks akan tetap eksis mengingat dunia akademik tetap membutuhkan itu. Paling bentuknya akan banyak berubah seperti peralihan textbook ke digitalbook. emoticon-Cool

Emang untuk saat ini masih ada tapi ane yakin 10 atau lebih udah bakal ilang (untuk buku konvensional).


Quote:Original Posted By passarambo
ane sih balance gan..kalo butuh dalam bentuk audio visual,saya ke yusup, tapi kalo baca sejarah atau filsafat, saya masih suka sama buku😁

Wah keren nih agan, tau mana yang cocok dan bisa milih buat kebutuhan diri sendiri 👍👍

0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z
16-12-2018 23:19


Quote:Original Posted By tamadate6
Apakah dengan membaca trit di kaskus merupakan pembiasaan dari membaca ?


Bisa dibilang begitu gan, karena menurut ane sebagian besar kaskuser datang karena meraka suka mencari tahu dan ingin berdiskusi, bukan sekadar liat trus ninggalin komentar abis itu pergi entah kemana.
0 0
0
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z
17-12-2018 02:27
belajar mah
harus baca
yg efektifnya
klo nonton banyakan bwat hiburan
0 0
0
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z
17-12-2018 02:38
Youtube memang sangat ramai hari ini dan banyak sekali pengiklan yang masuk ke sana. Dengan demikian akan menjadi sumber penghasilan bagi para youtuber.
1 0
1
YOUTUBE: Jendela Dunia di Era Z
17-12-2018 03:28
Nonton channel kuliner luar bikin tenang gan emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia