• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Motor Matic Kian Bongsor Dan Aneh? Selamat Anda Masuk Jebakan!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Motor Matic Kian Bongsor Dan Aneh? Selamat Anda Masuk Jebakan!


[ HT# 415 ]

Motor menjadi kendaraan terpenting saat ini ketika angkutan umum tidak lagi dirasa nyaman, belum lagi kondisi jalan yang kian padat-merayap. Dengan motor kita pemakai menjadi lebih bebas bergerak kemana suka, mengejar waktu bukan lagi masalah dibandingkan harus bermacet dan berdesak-desakkan di bus atau kereta api. Tapi sadarkah kamu bahwa motor matic yang konsep awalnya identik dengan kaum emak ini simpel dan dinamis, tapi mengapa sekarang kian bongsor?

Motor matic awal kali keluar memang tidak memiliki fitur dan body se bongsor saat ini. Awalnya ketika ternyata motor matic di serap oleh pasar dengan nilai penjualan yang fantastis dan memiliki pasar yang gemuk ternyata secara perlahan motor matic mengikuti trend yang dibilang lebih modern. Memiliki fitur-fitur kekinian, bahkan fitur tersebut nyata-nyata tidak di miliki oleh tipe motor jenis lain yang sebetulnya lebih dulu hadir di pasaran.




Matic
Ada Apa Denganmu?




Memiliki motor matic memang menyenangkan, tanpa kopling tanpa harus di sela layaknya motor sport. Begitu tekan starter langsung jalan dan langsam mengarah ke tujuan kita.

Tapi kenapa sekarang hadirnya motor-motor matic keluaran sekarang kita lihat sangat jelas terlihat gemuk dan padat. Namun sadarkah kita dibalik kerennya tampilan motor matic sekarang ini sesungguhnya membuat cara berkendara dan gaya berkendara kita jadi berubah, tidak seperti matic keluaran generasi pertama?



Perbandingan dimensi dulu dan sekarang

Maksudnya bagaimana nih, bukannya fitur-fitur dan teknologi yang hadir semakin membuat pemgemudi dan penumpangnya lebih nyaman? Saya akan jawab 'iya', tapi inti atau esensi dari motor matic itu sendiri sekarang sepertinya mulai tenggelam. Motor matic adalah kendaraan roda dua paling lincah dalam bermanuver di jalan sempit, paling praktis ketika jalan macet dan paling mudah di bawa ke jalan kecil. Singkatnya matic itu transportasi paling efesien pakai, terutama di perkotaan.

Sekarang coba lihat fisik motor matic saat ini, pabrikan motor seolah-olah berlomba-lomba membuat motor matic terlihat besar dan gagah, terlihat keren memang bahkan di sisi tertentu designnya mengalahi motor sport sekalipun! Coba lihat sekarang; emak-emak terlihat serius mengendarai motor maticnya, kaum lelaki wajahnya terlihat cepat lelah. Sadarkah pabrikkan? Mungkin menurutnya asal bisa sale, bikin model keren, cc semakin ngacir, padahal minim updated fitur dirasa sudah memenuhi keinginan dan prestige nya konsumen, tanpa melihat kondisi real di jalan terutama kota-kota besar yang sering macet. Bukankah matic identik dengan jalan perkotaan yang harusnya tetap nyaman digunakan?




Ukuran mengikuti hukum alam dan fisika, meski lebih panjang 1 cm pun jika di depan tidak bisa dilewati maka motor terpaksa harus berhenti dan harus mengalah kepada motor lain yang dimensinya lebih kecil dan pendek.


Pertanyaannya sekarang adalah dengan body semakin bongsor nan gagah tersebut apakah masih bisa lincah saat diajak manuver di jalan macet dan sempit? Masihkah praktis ketika baru saja di gas tetiba harus berhenti, apakah paling mudah di bawa ke jalan kecil? Semakin berat semakin boros? Saya yakin pembaca disini bisa menjawabnya langsung.

Yang lucu kejadian saya lihat sendiri (dan ini menjadi ide awal tulisan ini di buat). Sore bubaran kerja kantor seperti biasa daerah jalan kota selalu padat. Saat itu jalan sedang lancar, depan saya ada dua motor sama-sama tipe matic, bedanya satu matic model jadul, kedua matic keluaran terbaru. Matic terbaru dengan arogannya mengasapi matic lama. Ketika jalan mulai merayap hingga padat merayap barulah matic model jadul bisa unjuk gigi, yup dia dengan lincahnya masuk dan bermanuver dengan enteng di sela-sela mobil dan motor gede lainnya, setelah itu gaspol. Inilah sensasinya naik matic yang sesungguhnya!

Lalu siapa pemenangnya? Menurut saya semua jadi pemenangnya! Yang menjadi pemikiran dan unek-unek saya adalah kenapa motor matic sekarang bodynya dibuat semakin besar, bongsor? Motor matic berbody bongsor tidak cocok di jalan kota! Kenapa pabrikkan tidak fokus dengan mempertahankan dimensi body seperti dahulu saja, menanamkan fitur lengkap dan menambahkan kenyamanan di buat lebih modern? Emang mau turing kemana dengan matic, padahal sehari-harinya kita berada di jalan macet, di pedesaan pun kini jalan mulai dipenuhi oleh pemotor.



Dahulu kita bangga dengan motor besar, tapi kini pakai motor besar nikmatnya hanya sesaat, kenapa? Belum sepuluh meter sudah harus main kopling, bejek rem, sering macet jadi sering menahan berat motor, cape main kopling bro! Dulu kita bahagia membawa motor matic karena lincah bermanuver dan praktis, tapi sekarang dengan body yang kian bongsor dan berat jadi sulit buat selap-selip. Sensasi naik matic mulai luntur, kena macet semakin boros, kok terasa cape ya! Bagaimana menurutmu, ini sekedar opini dan bisa saja saya salah atau kurang tepat. Setidaknya apa yang ada dalam fikiran dan uneg-uneg saya sedikit tersalurkan dalam tulisan kali ini.










Copyright © 2016 - 2018 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: opini | Sotoshop : iskrim



Diubah oleh iskrim 13-01-2019 02:59
nona212
nona212 memberi reputasi
26
33K
278
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.