surayrusAvatar border
TS
surayrus
10 Fakta Unik Sains yang Belom Agan Tau!
Agan Sista!

Selama kalian sekolah di SD, SMP, SMA, maupun kuliah pasti kalian banyak banget kan dapet ilmu-illmu baru? Terkadang ilmu yang baru kita dapat membuat kita terkejut karena terkadang di luar nalar yang ga kepikiran sama Agan Sista. Nah, kali ni ane mau bahas mengenai fakta-fakta unik dari dunia sains yang menakjubkan dan misterius. Deretan fakta aneh dan menakjubkan di dunia ini dilansir dari Tribun Travel dari Reader's Digest. Cus, langsung aja kita lihat 10 fakta unik tersebut :

 

 

Pohon Di Bumi > Bintang Di Galaksi Kita


Para ahli NASA, Snopes melaporkan bahwa mungkin ada 100 milyar hingga 400 milyar bintang di galaksi Bima Sakti. Kemudian ada sebuah jurnal Nature yang diterbitkan pada 2015 memperkirakan bahwa jumlah pohon di seluruh dunia jauh lebih banyak, yakni sekitar 3,04 triliun.

 

Warna Oksigen


Sebagai gas, oksigen memang tidak berbau dan tidak berwarna. Namun, dalam bentuk cair dan padat, oksigen tampak kelihatan berwarna biru pucat.

 

Pisang Bersifat Radioaktif


Untuk sebuah fakta sains yang aneh Reader's Digest, pisang mengandung kalium hingga menyeluruh. Sehingga, hal tersebut akan membuat mereka sedikit bersifat radioaktif.


Air Panas Membeku Lebih Cepat Daripada Air Dingin


Para ilmuwan percaya hal tersebut akibat partikel air memiliki disposisi tertentu saat mereka panas. Sehingga memungkinkan air panas membeku lebih cepat.


Hujan Berlian Di Planet Lain


Sebuah studi telah meneliti potensi bahwa Neptunus, Uranus, Jupiter, dan Saturnus harus menghasilkan berlian. Atmosfir di keempat planet ini memiliki tekanan ekstrem sehingga mereka dapat mengkristalisasi atom karbon dan mengubahnya menjadi berlian. Ada sekelompok peneliti lain yang berbeda berspekulasi bahwa mungkin turun hujan sebanyak 2,2 juta pon berlian di Saturnus setiap tahun.

 

Mamalia Bersayap Satu-satunya


Hanya ada satu mamalaia yang punya sayap dan bisa terbang, yaitu kelelawar. Sementara itu mamalia tupai tidak bisa benar-benar terbang seperti kelelawar. Ia hanya dapat melompat dari pohon dan meluncur saja.

 

Helium Si Anti Gravitasi


Ketika helium didinginkan hingga suhu ekstem, yakni beberapa derajat dari nol mutlak, helium akan berubah menjadi superfluid. Itu artinya ia dapat mengalir tanpa gesekan, hingga dapat bocor melalui celah-celah molekul dalam wadah.

 

Tidak Mungkin Bersendawa Di Ruang Angkasa


Ketika bersendawa di bumi, gravitasi menahan zat padan dan cairan dari makanan yang baru saja dimakan. Sehingga hanya gas yang keluar dari mulut kamu. Dengan tidak adanya gravitasi di luar angkasa, gas tidak dapat dipisahkan dari zat padat dan cair. Sehingga, bersendawa di luar angkasa pada dasarnya berubah menjadi muntah.


Setengah Dari Tubuh Adalah Bakteri


Sebuah studi pada 2014 memperkirakan bahwa tubuh manusia terdiri dari 39 triliun bakteri dan 30 triliun sel manusia. Bahkan sebuah penelitian dimasa lalu justru memperkirakan, bahwa lebih banyak bakteri dari daripada manusia. Perbandingan rasio bakteri dan manusia, yakni 10:1.

 

Pria Lebih Cenderung Buta Warna Daripada Wanita


Gen yang bertanggung jawab untuk jenis buta warna yang paling umum ditemukan yakni pada kromosom X. Bahkan jika wanita memiliki gen di salah satu dari dua kromosom X mereka, gen yang berfungsi dengan baik pada gen yang lain akan menggantikannya. Jika pria mewarisi gen pada satu-satunya kromosom X mereka, mereka akan menjadi buta warna.

 

 

Itu dia Gan Sis 10 fakta unik tentang sains yang jarang diketahui orang-orang. Kalau Agan Sista baru tau juga apa gimana nih?



Sumber :


Diubah oleh surayrus 11-12-2018 07:05
0
941
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.