• Beranda
  • ...
  • HONOR
  • Inilah 7 Tips Memotret Makanan dengan Baik yang perlu Anda Ketahui!

jinggaprasetya
TS
jinggaprasetya
Inilah 7 Tips Memotret Makanan dengan Baik yang perlu Anda Ketahui!
Saat Instagram sudah menjadi media sosial banyak dibicarakan, saat itulah agan harus memeprsiapkan dari sekarang untuk mencari sebuah HP dengan fitur menarik dan lebih Instagram-able. Apalagi jika agan ingin membuat akun Instagram khusus makanan, istilah food selebram atau food fotografer. 

Untuk mendalami profesi tersebut, agan jelas harus memiliki kamera fotot yang berkelas dan harganya mahal. Namun sebenarnya semua orang bisa jadi food fotografer karena kini semua orang bisa memotret derngan menggunakan ponsel. Karena itulah daripada sibuk menabung membeli kamera DSLR, sebaiknya manfaatkan kamera ponsel yang agan punya untuk memotret makanan. Yang perlu agan lakukan adalah melakukan 7 tips berikut agar agan bisa mendapatkan foto dengan kualitas baik. 

1. Memotret pada saat yang tepat 
Quote:



Tips pertama yang perlu diperhatikan ketika memotret makanan adalah memotret pada momen dan kondisi yang tepat. Artinya, agan harus benar-benar memperhitungkan waktu saat memotret makanan. Agan bisa saja foto makanan kapanpun, tapi masa iyah mau foto makanan saat malam hari dan kondisi gelap? Jelas momen yang salah apalagi  agan fotonya memakai smartphone. 

Kalau mau memotret makanan, aturlah waktu pada pagi hari kisaran jam 8 sampai 10. Kalau tidak, agan bisa memilih sore hari kisaran jam 4 sampai jam 5. Mengapa memilih pada waktu pagi dan sore? Hal ini berhubungan dengan cahaya. Cahaya merupakan faktor yang penting dalam memotret makanan agar telrihat menarik dan Instagram-able. Pada pagi dan sore hari hari, cahaya matahari yang masuk dapat membantu pencahayaan foto sehingga foto terlihat lebih cerah jika dibandingkan memoret pada waktu lain. 

Agan sebenarnya bisa juga memotret  di waktu lain. Hanya saja agan perlu peralatan tambahan seperti reflector agar mendapatkan pencahayaan yang baik.  

2. Fotolah ketika makanan baru disajikan atau masih segar 
Quote:


Faktor kedua yang perlu agan perhatikan saat memotret makanan adalah dengan sesegera mungkin memotret makanan yang baru disajikan alias masih fresh. Potretlah segera mie ramen yang baru disajikan atau minuman es krim yang baru datang. Jangan tunggu lebih lama karena mie ramen yang disajikan akan berubah bentuknya dan tidak terlihat menarik di foto. Hal yang sama juga berlaku untuk es krim misalnya. Tentu agan gak mau motret es krim yang sudah mencair bukan? 

3 Jangan lakukan zoom ini
Quote:


Jika agan mau potret makanan pakai smartphone, fotolah makanan dengan jarak yang tepat. Jangan sesekali memotret makanan dengan jarak jauh dan melakukan zoom in. Penggunaan zoom in akan membuat hasil foto tidak tajam dan kurang bening. Mungkin untuk beberapa tipe ponsel mahal yang memiliki fitur zoom in yang baik, hal ini tidak masalah. Hanya saja tidak semua orang memiliki ponsel mahal. 

Anggaplah agan hanya memiliki ponsel kelas menengah yang tidak memiliki fitur zoom in yang baik. Jika kondisinnya seperti ini, maka sebaiknya memang tidak boleh melakukan zoom ini untuk foto makanan. Daripada melakukan zoom-in, sebaiknya agan mendekat ke objek foto. 

4. Fokuslah dengan menaati Rule of Third
Quote:



Rule of Third adalah faktor penting yang harus agan tahu ketika memotret, bukan hanya untuk memotret makanan. Khusus untuk potret makanan, lakukanlah teknik Rule of Third dengan memokuskan objek makanan pada titik garis pertemuan. 
Sederhananya begini, Rule of Third itu membagi gambar ke dalam 9 kotak lewat dua garis vertikal dan dua garis horizontal. Nah, pertemuan garis horizontal dan garis vertiikal ini adalah titik objek yang harus difokuskan. 

5. Memilih sudut pandang foto

Quote:


Saat akan foto makanan, sebaiknya tentukan sudut pandang foto yang akan diambil. Hal ini sangat penting auntuk agan ketahui agar bisa mendapatkan objek foto makanan yang tepat dan menarik. Misalnya, memfoto makanan dari sudut samping untuk minuman seperti jus atau memoto dari atas untuk makanan yang sering diberi toping. 

6. Tambahkan faktor pendukung 

Quote:


Agar hasil foto makanan lebih menarik dan tidak membosankan, agan bisa menambahkan fakto atau unsur lain ke dalam objek foto. Hal ini dilakukan agar foto makanan tidak tampak biasa atau lebih unik. Misalnya, agan memotret segelas kopi dengan atasan berbentuk hati. Kemudian di sebelah kopi, ada surat cinta atau sekuntum bunga. 

Contoh lainnya juga misalnya menambahkan unsur manusia. Misalnya memotret kue ulang tahun yang sedang diberikan pada seorang wanita. Agan fokus pada foto makannaya tetapi di dalam foto terdapat tangan pemberi kue dan ada wajah ekspresi yang menerima dengan bahagia.  Bisa juga dengan cara sederhana seperti memotret foto orang sedang menyeruput mie level pedas

7. Memilih ponsel dengan kamera berkualitas 
Quote:



Faktor nomor 7 sangat penting agan perhatikan. Memang tidak ada aturan tertentu tipe ponsel apa yang bagus untuk memotret makanan. Agan bisa bebas memilih HP apapun selama kualitas foto kamera belakangnya bisa diandalkan. Jangan sampai agan memotret makanan dengan kamera HP tipe VGA (sudah tidak zaman gan). 

Kalau agan mau cari HP yang tepat buaut foto, mungkin agan bisa memilih Honor 10. Honor 10 ini adalah HP flagship dari Honor yang menawarkan dua kamera belakang 16 MP + 24 MP yang mampu menghasilkan gambar dengan kualitas baik. Kamera ini juga memiliki fitur AI yang dapat memaksimalkan kualitas foto dan mengenal objek foto dengan mudah. Misalnya, ketika memotret makanan agan bisa mengaktifkan fitur AI agar menangkap objek makanan lebih baik. 

Tunggu dulu, agan semua tahu kan ada HP Honor 10? Bagi yang belum tahu, Honor 10 ini adalah HP flagship dari Honor yang memiliki spesifikasi kelas atas, termasuk kamera belakangnya.  Agan bisa mencari info lebih detail terkait Honor 10 di situs resmi [url=https://www.S E N S O R/id/]Hihonor[/url]. Jika agan memiliki kendala dengan produk, agan bisa mendatangi customer service terdekat atai bosa tanya-tanya dulu di [url=https://club.S E N S O R/id/index]Forum Honor[/url] yang sudah memilikir ibuan anggot dari seluruh Indonesia. 
Diubah oleh jinggaprasetya 17-01-2019 03:50
nona212tien212700
tien212700 dan nona212 memberi reputasi
3
18.2K
62
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
HONOR
HONOR
icon
297Thread182Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.