bangzaldiAvatar border
TS
bangzaldi
Ini Kronologis Lengkap Insiden Pembakaran Polsek Ciracas Tadi Malam
 

MATA INDONESIA, JAKARTA-Ada kurang lebih 200 orang mengamuk dan melakukan aksi pengrusakan serta pembakaran kantor Polsek Ciracas, Jakarta Timur, Selasa 11 Desember 2018 malam.


Kedatangan mereka ke polsek karena diduga kurang puas dengan penanganan salah satu kasus yang ditangani kantor polisi tersebut. Berikut kronologis terjadinya insiden di Polsek Ciracas:


Pukul 21.00-21.30 WIB


Kejadian itu bermula saat 200 orang mendatangi Polsek Ciracas Jakarta Timur untuk menanyakan soal pengeroyokan dua personel TNI berpakaian dinas di Cibubur. Mereka datang menggunakan sepeda motor, Selasa 11 Desember 2018.


Mereka meminta bertemu Kapolsek Ciracas untuk meminta keterangan soal penanganan pengeroyokan tersebut. Tak lama, mereka kemudian meninggalkan lokasi.


Pukul 22.10 WIB


Massa kembali mendatangi Mapolsek Ciracas dan berkumpul di depan kantor polisi itu untuk melaksanakan konsolidasi. Situasi mulai memanas. Kapolsek sempat turun tangan dengan didampingi salah satu personel intel TNI AD.


Pukul 22.25 WIB


Kapolres Jakarta Timur Kombes Yoyon Toni Surya Saputra tiba di Polsek Ciracas.


Pukul 22.30 WIB


Massa dan polisi melakukan pertemuan di ruang kerja Kapolsek Ciracas.


Pukul 22.40 WIB


Kapolres, Kapolsek dan intel TNI AD memberi penjelasan ke massa dilapangan apel Polsek Ciracas. Kapolres pun berjanji akan mengusut tuntas kasus pengeroyokan itu. Namun, beberapa orang mulai menanggapi pernyataan kapolres secara provokatif dan membuat situasi memanas.


Tiba-tiba dari belakang kerumunan, ada dua orang sipil (laki dan perempuan) yang diduga merekam kegiatan tersebut. Massa yang berada di luar Polsek Ciracas mengamankan dan menganiaya korban. Namun, korban sempat diselamatkan olehpersonel POM AD dan dibawa masuk kantor Polsek.


Pukul 22.50 WIB


Pengendara roda dua yang kebetulan melintas di tengah kerumunan massa memainkan gasnya karena merasa jalannya terhambat, sehingga ikut dianiaya. Sepeda motornya pun dibakar.


Pukul 22.58 WIB


Massa meninggalkan mapolsek dan memadati lalu lintas menuju Pasar Rebo.


Pukul 24.25 WIB


Massa datang kembali dan mulai bertindak anarkistis merusak dan membakar fasilitas Polsek Ciracas dan kendaraan yang ada di sekitarnya, sehingga situasi makin tidak terkendali.


Pukul 01.20 WIB


Pangdam dan Kapolda tiba di Polsek Ciracas untuk menangani permasalahan. Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis telah menginstruksikan jajarannya untukmenangkap pelaku perusakan Polsek Ciracas dini hari tadi.


“Saya sudah perintahkan Dirkrimum dan Kapolres Jaktim untuk lidik supaya kita bisa ungkap pelaku di balik massa yang anarkistis ini,” kata Kapolda, Rabu 12 Desember 2018.


Sumber




0
4K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.