autom942Avatar border
TS
autom942
Mengenal Yamaha Niken , Motor Roda 3 Milik Yamaha

 
Jakarta- Apa yang terbesit di pikiran Anda ketika mendengar kata Sepeda Motor ? Yang pasti pertama beroda dua kemudian yang lain-lain seperti matik dan sebagainya. Namun apa yang terjadi jika ada sepeda motor yang beroda tiga ? Mungkin beberapa dari Anda yang sudah pernah melihat sepeda motor roda tiga rakitan, motor rakitan khusus untuk penyandang disabilitas itu loh.

Maksud saya motor roda tiga rakitan yang ini : 


 

Tapi yang akan kita bahas disini adalah sepeda motor roda tiga produksi dari Yamaha, yaitu Yamaha Niken. Inilah motor roda tiga tercanggih yang dimiliki Yamaha. Teknologinya ini jauh lebih canggih dibandingkan dengan Yamaha Tricity 155 yang sama-sama memiliki 2 roda depan.




Motor dengan kapasitas mesin 847 cm3 mampu menyedot perhatian masyarakat dunia dengan desain motor-nya yang khas, selain memiliki tampilan yang khas, Yamaha Niken juga memiliki performa mesin tangguh yang juga handal disegala bidang.

Kali ini Yamaha memang melakukan sebuah inovasi tinggi dengan menggarap sebuah motor gede yang memiliki desain yang khas serta aktraktif. Yamaha Niken dibuat dengan desain motor yang memang berbeda dengan yang lain, dimana pada bagian depan motor ini terpasang dua buah roda yang memiliki ukuran sama. Dengan ini tentu saja bagian depan moge ini makin nyaman dan makin mantap dalam menjajal setiap kondisi jalan.

Motor unik dengan tiga roda ini menjadi pionir lahirnya motor sport roda tiga. Kinerja roda milik Yamaha Niken berbeda, karena motor ini tidak bisa berdiri sendiri, sehingga membutuhkan standar atau paddock agar tidak roboh.

Berikut adalah spesifikasi dari Yamaha Niken : 


Spesifikasi Yamaha Niken

Mesin

  •          Tipe Mesin : 3-cylinder, 4-stroke, liquid-colled, DOHC, 4-valves

  •          Kapasitas Silinder : 847 cm3

  •          Jumlah Silinder : 3 cylinder

  •          Rasio Kompresi : 11.5 : 1

  •          Diameter x Langkah : 780.mm x 59.1 mm

  •          Power Max : 84.6 kW (115.0PS) @ 10,000 rpm

  •          Limited power version : N/A

  •          Torsi Max : 87.5 Nm (8.9 kgf+m) @ 8,500 rpm

  •          Lubrication system : Wet sump

  •          Fuel consumption : N/A

  •          CO2 emission : N/A

  •          Sistem Starter : Electric Starter

  •          Transmisi : Constant Mesh, 6-speed

  •          Final transmission : Chain

  •          Type Kopling : Wet, Multiple Disc

Dimensi

  •          Panjang : 2,150 mm

  •          Lebar : 885 mm

  •          Tinggi : 1,250 mm

  •          Jarak Sumbu Roda : 1,510 mm

  •          Tinggi Tempat Duduk : 820 mm

  •          Jarak Terendah ke Tanah : 150 mm

  •          Berat Kosong : 263 kg

  •          Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 18 L

  •          Kapasitas Oli ; 3.4 L

Rangka

  •          Rangka : Diamond

  •          Track : 410 mm

  •          Front Travel : 110 mm

  •          Trail : 74 mm

  •          Caster Angle : 20º

  •          Suspensi Depan ; Double upside down telescopic forks

  •          Suspensi Belakang : (Link Type Suspension )

  •          Rear Travel : 125 mm

  •          Rem Depan : Hydraulic Double Disc, Ø 298mm

  •          Rem Belakang : Hydraulic Single Disc, Ø 282 mm

  •          Ban Depan : 1120/70 R 15

  •          Ban Belakang : 190/55 R 17

  •          Remark : Dual Front Tyres

Kelistrikan

  •          Sistem Pengapian : TCI

 
Seperti yang Anda lihat pada spesifikasi di atas, tekonologi yang dipakai Yamaha Niken memang sangat canggih, jadi wajar apabila harga Yamaha Niken sangat mahal. Terlebih motor ini memakai 3 silinder milik Yamaha MT-09 yang dikenali memiliki torsi sangat besar. Terbukti torsi puncak yang dihasilkannya mencapai 87.5 Nm pada putaran 8.500 rpm. Sedangkan tenaga yang dihasilkan mesin berkapasitas 847cc tersebut mencapai 115 PS pada putaran mesin 10.000 rpm.


 
Sistem transmisi yang dipakai oleh Yamaha Niken sama seperti motor sport pada umumnya, yaitu transmisi manual 6 percepatan yang dioptimalkan oleh teknologi Assist & Slipper Clutch dan Quick Shifter System (QSS). Lalu ada juga fitur D-Mode (Drive Mode) yang memungkinkan kita mengatur mode berkendara sesuai kondisi jalan, Yamaha Niken juga dilengkapi fitur Cruise Control yang memungkinkan kita mengatur laju kendaraan secara konstan pada kecepatan tertentu.



Motor ini juga diklaim mampu mencapai kemiringan 45 derajat ketika cornering, karena menggunakan teknologi Leaning Multi-Wheeler yang memungkinkan suspensi depan upside-down dapat bergerak secara independen.
 
Yamaha Niken juga telah mengusung tangki motor yang berukuran besar, sehingga mampu menampung lebih dari 3 liter bahan bakar. Tak hanya itu saja bagian depan moge ini juga dilengkapi dengan sepasang headlamp yang memiliki bentuk yang cukup tajam. Lampu depan motor ini juga telah menggunakan lampu LED yang mampu memberikan pencahayaan yang sangat terang pada malam hari. Selain itu pada bagian depan motor ini juga terpasang winshield yang terpasang tepat dibagian atas headlamp. Lalu motor ini juga telah dilengkapi dengan panel spedometer digital dengan menggunakan layar LCD, dengan fitur ini Yamaha Niken menjadi terlihat lebih keren dan modren. Untuk posisi tempat duduk, Yamaha Niken ini dibekali dengan jok yang lebih empuk, sehingga akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengendara.



Tak hanya menampilkan gaya moge kelas atas saja. namun moge baru garapan Yamaha ini juga mampu melaju dengan kecepatan tinggi. Melihat fiturnya yang lengkap, tentu Yamaha Niken sangat cocok bagi rider yang hobi touring. Motor ini menjamin kenyamanan semua pengendaranya saat berpergian jarak dekat maupun jarak jauh. 

Yamaha Niken juga menawarkan kenyamanan berkendara kelas atas, dimana pada moge terbarunya ini Yamaha telah mengusung suspensi depan dengan model Double upside-down telescopic forks. Dengan suspensi jenis ini pastinya Yamaha Niken ini mampu berjalan dengan nyaman dan aman meskipun melewati medan jalan yang bergelombang dan tidak rata. Sementara itu pada bagian belakang moge ini juga terpasang suspensi model Link Type Suspension, dengan suspensi jenis ini bagian belakang motor ini juga akan mampu merendam setiap getaran yang terjadi pada motor saat melintasi jalanan yang tidak rata.



Tak hanya mengandalkan suspensi yang berkualitas bagus, Yamaha Niken juga dilengkapi dengan rangka motor yang kuat dan kokoh berbahan dasar pipa baja stanlish. Rangka yang dipakai Yamaha Niken ini merupakan rangka jenis Diamond yang merupakan salah satu type rangka yang sering dipakai oleh moge-moge kelas atas. Dengan rangka jenis ini tentu saja akan membuat keseimbangan motor menjadi lebih stabil dan lebih sempurna. Untuk melengkapi performa dari moge ini, Yamaha juga membekali moge terbarunya ini dengan ban yang berukuran 120/70 R 15 umtuk roda depan dan ban yang berukuran 190/55 R 17 untuk roda belakangnya.



Fitur keselamatan pada Yamaha Niken sangat bagus, dimana pada sistem pengereman depan Yamaha telah menggunakan type rem cakram Hydraulic Double Disc yang berdiameter 298 mm. Sementara itu untuk roda belakangnya Yamaha Niken juga membekali motor terbarunya ini dengan type rem cakram Hydraulic Single Disc dengan diameter 282 mm.

Saat ini Yamaha Niken memang hanya dijual di negara Eropa saja, namun tidak menutup kemungkinan bahwa moge ini juga nanti akan masuk di pasar Indonesia. Untuk harga, Yamaha Niken di Inggris menjualnya dengan harga £13499 atau jika dirupiahkan menjadi Rp.255.183.195 dengan catatan 1GBP setara IDR 18.979,507. Hal ini tentu saja sebanding dengan performa mesin yang dibawa moge ini, apalagi dengan desain motor yang cukup keren dan menarik pastinya akan menjadi keunggulan tersendiri bagi para peminatnya.
 


emoticon-Matabeloemoticon-Motretemoticon-Matabeloemoticon-Motretemoticon-Matabeloemoticon-Motret

5
10.2K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.