News
Batal
KATEGORI
link has been copied
97
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c01f96ac1d770e9418b4567/melipat-sepotong-kertas-sampai-103-kali-tebalnya-bisa-setara-diameter-alam-semesta
Tahukah gan/sis, kalau kita mempunyai secarik kertas, berapakah rekor gan/sis dalam melipatnya sebanyak mungkin? 5 kali? 6 kali? Melipat kertas menjadi setengah itu tidak semudah yang kita pikir.:ngakak Rekor terbaru dalam melipat kertas ini yaitu 11 kali lipatan, dimana rekor sebelumnya yaitu hanya 7 kali lipatan. Untuk kertas ukuran A4, dilipat 6 kali aja kertasnya udah kayak kayu, susah untuk
Lapor Hansip
01-12-2018 10:00

Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Tahukah gan/sis, kalau kita mempunyai secarik kertas, berapakah rekor gan/sis dalam melipatnya sebanyak mungkin? 5 kali? 6 kali? Melipat kertas menjadi setengah itu tidak semudah yang kita pikir.emoticon-Ngakak
Rekor terbaru dalam melipat kertas ini yaitu 11 kali lipatan, dimana rekor sebelumnya yaitu hanya 7 kali lipatan. Untuk kertas ukuran A4, dilipat 6 kali aja kertasnya udah kayak kayu, susah untuk dilipat lagi. Nah, secara matematik, melipat kertas lebih dari 11 kali tampaknya adalah sesuatu yang cukup mustahil. Itupun kalau kalian mempunyai energi yang cukup untuk melipatnya sampai sebnyak itu. Namun kalau kita bisa melipat kertas sampai dengan 103 kali lipatan, maka tebal kertas yang dihasilkan akan setara dengan diameter alam semesta. Kenapa bisa begitu? Nah ini yang menarik untuk dibahas.
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta

source: zmescience.com

Fenomena ini tejadi melalui prinsip pertumbuhan secara eksponensial (exponential growth), atau berpangkat ketika secarik kertas dilipat menjadi setengahnya. Setiap kali melipat kertas, maka ketebalannya akan berlipat ganda, serta energi yang lebih besar dibutuhkan ketika melipatnya lagi.
Dr. Karl dari abc.net telah melakukan perhitungan sehingga kita bisa mendapatkan gambaran dengan lebih mudah. Pernyataan berikut dengan mengacu pada kertas A4 dengan panjang 300 mm dan tebal 0,05 mm.
Quote:"Pertama kali Anda melipatnya menjadi setengah, panjangnya menjadi 150 mm dan tebal 0,1 mm. Lipatan kedua menghasilkan panjang 75 mm dan tebal 0,2 mm. Pada lipatan ke-8 (jika Anda bisa sampai di sana), Anda akan memiliki gumpalan kertas sepanjang 1,25 mm, dengan tebal 12,8 mm. Sekarang tebalnya melebihi panjangnya, dan, jika Anda mencoba melipatnya terus, Anda akan memiliki kertas dengan kekuatan seperti struktural baja." (Dr. Karl, link)

Lalu bagaimana jika kita melipatnya terus-menerus dengan asumsi kita bisa melakukannya? Mari berhitung. emoticon-Big Grin
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta

Quote:Dengan mengasumsikan bahwa tebal = n, maka
1 kali lipat ==> n . 2
2 kali lipat ==> n . 2 . 2
3 kali lipat ==> n . 2 . 2 . 2
maka r kali lipat ==> n . (2^r)
Sehingga dengan tebal awal 0,09 mm (A4 80gsm) dan dilipat sebanyak 103 kali maka kita dapatkan
103 kali lipat ==>  0,09 . (2^103) = 9,13 . 10^29 mm

Nah, 1 tahun cahaya = 9,461 . 10^18 mm
Maka setelah 103 kali lipatan didapatkan
tebal = (9,13 . 10^29) : (9,461 . 10^18) 
          = 96,5 . 10^9 tahun cahaya
          = 96,5 milyar tahun cahaya

Sementara diameter alam semesta sementara ini adalah 93 milyar tahun cahaya. Jadi, jika kita bisa melipat kertas hingga 103 kali lipatan kita akan mendapatkan kertas dengan ketebalan melebihi diameter alam semesta. CMIIW
Bingung? emoticon-Bingung
Kalo bingung sama itung-itungan di atas, begini itungan kasarannya. emoticon-Ngakak (S)
Melipat kertas tiga kali akan menghasilkan ketebalan kuku.
10 lipatan akan menghasilkan tebal sekitar lebar tangan.
23 lipatan akan menghasilkan ketebalan satu kilometer.
30 lipatan akan membawa agan ke luar angkasa. Ketebalannya sekitar 100 km.
Terus lipat. 42 lipatan akan membawa agan ke bulan.
Sekarang maju cepat menjadi 81 kali lipat dan kertas Anda akan menjadi 127.786 tahun cahaya, hampir setebal Galaksi Andromeda.
Dan akhirnya, pada 103 lipatan, agan akan keluar dari alam semesta yang dapat diamati, yang diperkirakan mencapai 93 miliar tahun cahaya dalam diameter.

Tentu saja, semua perhitungan di atas dapat terjadi jika kita mengabaikan variabel-variabel lainnya semisal panjang kertas, energi yang dibutuhkan, dan lain sebagainya. Namanya juga perhitungan teoritis, jadi kita bisa berandai seliar mungkin tanpa ada batasan tertentu.
Untuk melihat rekornya, gan dan sis bisa tonton tayangan berikut ini. Kertas selebar lapangan dilipat sebanyak 11 kali. emoticon-Matabelo


Sekian dari ane, mari kita renungkan sejenak tentang betapa memukaunya matematika dan sains. Terima kasih emoticon-Shakehand2
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
Sekian.
El. Psy. Congroo.
Diubah oleh arai01
7
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
06-12-2018 22:44
Ane liatnya kayak martabak telor gan emoticon-Hammer2
0 0
0
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
06-12-2018 22:56
Quote:Original Posted By vindanta
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta

Your mind had been blown emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By popior456
Ane liatnya kayak martabak telor gan emoticon-Hammer2

Ini nih yg bikin laper malem2
0 0
0
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
06-12-2018 23:24
itu teorinya, kalau prakteknya sih gk bisa
Diubah oleh sinnergy
0 0
0
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
06-12-2018 23:34
Lipat kertas nasi bungkus aja dulu gan ...
emoticon-Traveller
0 0
0
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
06-12-2018 23:57
terus mau dilipat ampe berapa tipis emoticon-Ngakak , setipisnya kertas aja ya cuman segitu. Ya mungkin klo jadi molekul emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
07-12-2018 00:02
teori yg menarik ane gak sanggup bayanginnya
melipat 11 lipatan saja butuh usaha super
0 0
0
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
07-12-2018 00:36
Niat men to sam, lipet kertas sampe 103x emoticon-Cape d...
0 0
0
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
07-12-2018 01:16
Perbandingan Ketebalan kertas dengan Panjang alam semesta (atau Jarak?)
0 0
0
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
07-12-2018 01:52
perlu di coba
0 0
0
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
07-12-2018 01:56
Ambil 10 kertas, lipet perkertas 11xemoticon-Cool
2 1
1
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
07-12-2018 02:07
hahaha gublog! ya gak mungkin lah. cuma 103 lipatan? bisa sepanjang itu??? kalo cuma segitu gw aja bisa. coba deh itung lagi!
emoticon-Wkwkwk
2 1
1
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
07-12-2018 02:09
kebanyakan percaya teori jadi goblog kayak gini! percumah sekolah puluhan tahun kalo logika gak jalan.
emoticon-Big Grin
2 1
1
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
07-12-2018 02:28
barusan ane praktek gan. pake kertas a4 7 lipatan dapet 15mm (1,5cm). jadi 103:7=14,8×15mm
= 220.714286mm
0 0
0
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
07-12-2018 03:32
malah jadi pusing 😂
0 0
0
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
07-12-2018 03:38
Quote:
Dengan mengasumsikan bahwa tebal = n, maka
1 kali lipat ==> n . 2
2 kali lipat ==> n . 2 . 2
3 kali lipat ==> n . 2 . 2 . 2
maka r kali lipat ==> n . (2^r)
Sehingga dengan tebal awal 0,09 mm (A4 80gsm) dan dilipat sebanyak 103 kali maka kita dapatkan
103 kali lipat ==>  0,09 . (2^103) = 9,13 . 10^29 mm

Nah, 1 tahun cahaya = 9,461 . 10^18 mm
Maka setelah 103 kali lipatan didapatkan
tebal = (9,13 . 10^29) : (9,461 . 10^18) 
          = 96,5 . 10^9 tahun cahaya
          = 96,5 milyar tahun cahaya


udah di jadikan meter?
0.09mm => 9×10^-11meter..

valid nggak itu gan?
kurang jago matematika saya..
saya pke kalkulator 2^103 = 10^30
nah 9×10^-11 × 10^30 = 9×10^20 meter

kalo saya salah, mohon di maafkan..
ane gak jago matematika ^o^




saya rasa ini tergantung "kertasnya" ingat gan kertasnya juga harus panjang..
kertas A4 aja gak bakal cukup..
bahkan mesin pun tidak bisa melipatnya sampai 100x..
0 1
-1
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
07-12-2018 03:59
koq pusing ya emoticon-Embarrassment
0 0
0
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
07-12-2018 04:21
ngga ada kerjaan ini mah
0 0
0
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
07-12-2018 05:48
tersesad di Trit membingungkan emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
07-12-2018 05:50
Quote:Original Posted By arai01

ngelipetnya pakek mesin berat ganemoticon-Hammer2

Leh uga gan.... emoticon-Leh Uga
0 0
0
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
07-12-2018 06:05
Sobek cookemoticon-Betty (S)
0 0
0
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia