alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c081474902cfe65628b4567/4-presiden-indonesia-ini-jabatannya-berakhir-secara-tragis
Lapor Hansip
06-12-2018 01:09
4 Presiden Indonesia Ini Jabatannya Berakhir Secara Tragis
Past Hot Thread
4 Presiden Indonesia Ini Jabatannya Berakhir Secara Tragis


Menjadi presiden di suatu negara bukanlah perkara yang mudah. Apalagi di negara demokrasi yang majemuk seperti Indonesia. Harus siap dengan segala kunsekuensi yang ada. Diantaranya harus siap mendapatkan serangan bertubi-tubi dari lawan politik dan siap menerima protes keras dari rakyat yang tidak puas. 

Itulah sebabnya banyak presiden yang terpaksa mengundurkan diri sebelum masa kepemimpinan mereka berakhir atau tidak diperbolehkan lagi menjadi presiden. Di Indonesia sendiri ada 4 presiden yang harus mengakiri masa jabatan mereka dengan tragis. Ada yang disebabkan tuntutan rakyat, ada juga yang disingkirkan oleh lawan politik. Berikut adalah 4 presiden Indonesia tersebut.

1. Soekarno

4 Presiden Indonesia Ini Jabatannya Berakhir Secara Tragis

Sumber : Tribunnews.com


Kisah paling tragis dialami oleh Bung Karno. Bapak proklamator ini harus melepaskan masa jabatannya karena disingkirkan oleh Soeharto yang merupakan lawan politiknya saat itu. Melalui Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) yang kontroversial, kekuasan Soekarno perlahan semakin berkurang dan akhirnya beralih ketangan Soeharto. 

Pasca beralihnya kekuasaan ketangan Soeharto, Soekarno ditetapkan sebagai tahanan kota. Diapun diasingkan di Wisma Yaso dan senantiasa menjadi objek introgasi. Berbagai fasilitas negara juga dibatasi terhadap dirinya. Termasuk fasilitas dokter kenegaraan untuk melakukan pemeriksaan rutin terhadap Soekarno. Soekarno sendiri menghembuskan nafas terakhirnya pada 21 Juni 1970 akibat penyakit gagal ginjal yang dideritanya. 

2. Soeharto

4 Presiden Indonesia Ini Jabatannya Berakhir Secara Tragis

Sumber : Kumparan.com


Pemerintahan Soeharto ibarat pisau bermata dua. Pada masa pemerintahannya, Indonesia mengalami pembangunan yang yang signifikan. Hingga Soeharto dijuluki sebagai bapak pembangunannya. Namun pada masa Soeharto pula Indonesia mengalami krisis politik sekaligus krisis ekonomi yang parah. Hal ini menyebabkan Soeharto harus melepaskan jabatannya akibat tuntutan dari rakyat.

Krisis politik dan krisis ekonomi yang dialami Indonesia membuat dukungan terhadap Soeharto semakin memudar. Soeharto pun tak berdaya setelah mendapatkan tuntutan dari berbagai pihak agar dirinya segera mengakiri masa pemerintahan. Pada 21 Mei 1998, Soeharto mengumumkan pengunduran dirinya. Berbagai tuntutan juga menanti Soeharto pasca dirinya mengumumkan pengunduran diri, terutama terkait korupsi dan pelanggaran HAM.

3. BJ Habibie

4 Presiden Indonesia Ini Jabatannya Berakhir Secara Tragis

Sumber : Mediaindonesia.com


BJ Habibie merupakan presiden Indonesia dengan masa jabatan paling singkat. Statusnya sebagai wakil presiden membuat Habibie secara konstitusi harus menggantikan posisi Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan presiden. 

Habibie dianggap melakukan kesalahan besar karena mengizikan dilakukannya jajak pendapat di Timur Leste. Saat itu rakyat Timor Leste diberi pilihan apakah tetap bergabung dengan Indonesia dan diberi status otonomi khusus, atau merdeka sepenuhnya dari Indonesia. Akibatnya Timor Leste lepas dari Indonesia karena mayoritas rakyatnya menginginkan merdeka. Laporan pertanggungjawaban Habibie ditolak oleh MPR sehingga dirinya memutuskan untuk tidak mencalonkan diri lagi sebagai presiden Indonesia.

4. Abdurrahman Wahid

4 Presiden Indonesia Ini Jabatannya Berakhir Secara Tragis

Sumber : Nu.or.id


Lengserkan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur murni karena persaingan politik. Dirinya dilengserkan melalui Sidang Istimewa MPR yang saat itu dipimpin oleh Amien Rais. Gus Dur sendiri sempat mengeluarkan dekrit presiden untuk menunda sidang tersebut. Salah satu isi dari dekrit tersebut adalah membuarkan DPR/MPR RI.

Namun Gus Dur tidak mendapatkan dukungan. Diapun terpaksa harus mundur meski masa jabatannya belum berakhir. 

Referensi :
http://bali.tribunnews.com/2018/06/2...elundupkan-ini
https://news.okezone.com/read/2018/0...luarkan?page=2
https://nasional.kompas.com/read/201...dan.Orde.Baru.
7
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 8
Lapor Hansip
06-12-2018 16:49
Balasan post guyfawkess
Quote:Original Posted By guyfawkess
Gus dur..
Presiden jujur pemersatu bangsa yg dilengseran oleh kelicikan dan konspirasi Amien Rais.
Sang sengkuni seakan maha suci, mengatasnamakan Partai Alloh. Naudzubillah, semoga mendapat balasan yg setimpal, Aamiin


gusdur itu presiden dengan kelakuan ajaib
0
06-12-2018 16:55
Abdurrahman Wahid sosok yang sangat aku kagumi, kerendahan hati beliau, kharisma, wibawa serta tak pernah memandang SARA, saya yg non muslim pun bangga beliau pernah jadi presiden RI..andai ia masih hidup, jika bisa mencium tangannya pun suatu kehormatan tersendiri bagi saya..mustinya yg bubar itu mpr/dpr, kasian di isi oleh yang katanya 'manusia' tapi 'bukan' wakil rakyat.
1
06-12-2018 17:01
Prihatin ane.
0
06-12-2018 17:03
Untuk soekarno dan soeharto kayanya kemakan usia deh perilakunya.

Soekarno dan soeharto diawal pemerintahan sangat baik dalam pengambilan keputusan,lebih dari 2 periode (10 tahun menjabat) kaya kerasukan setan sampe2 temen2 seperjuangannya menentang keras kebijakannya.Hatta yang mengundurkan diri,trus apa tuh yang petisi 50 kalo gasalah di awal 80an.

Memang sudah kebiasaan orang indo kayanya sifat rakus kekuasaan wkwk
1
06-12-2018 17:15
Sukarno
naiknya heroik, turunnya menyedihkanemoticon-Berduka (S)

Suharto
naik krn revolusi, turunnya dipaksa...emoticon-Mad

Habibie
naiknya gantiin yg lama, turunnya wilayah Indonesia berkurang...emoticon-Stick Out Tongue

Gusdur
naik padahal bukan partainya yg terbanyak, turunnya krn poros tengah...emoticon-Embarrassment

Megawati
naiknya gantiin yg lama, turunnya normal pas pemilu 2004 emoticon-Malu

SBY
naik pemilu, turun pemilu (lempeng amat...emoticon-Big Grin)

Jokowi
naik pemilu, turun moga² dlm suasana negara yg damai (entah turunnya kapan)...
Diubah oleh jagotorpedo
0
06-12-2018 17:18
ganti atau ngga?

emoticon-Leh Uga
0
06-12-2018 17:18
beberapa persamaan diantaranya adalah :
1. Bung karno : gagal ginjal
2. HM Soeharto : gagal ginjal
3. KH Abdurachman wahid : gagal ginjal
Diubah oleh grahaology
1
06-12-2018 17:24
Dicopot semua jabatannya.. emoticon-Hansip
0
06-12-2018 17:26
Quote:Original Posted By grahaology
beberapa persamaan diantaranya adalah :
1. Bung karno : gagal ginjal
2. HM Soeharto : gagal ginjal
3. KH Abdurachman wahid : gagal ginjal

...Soeharto gagal ginjal yah...
...kirain pendarahan di pencernaan....cmiiw
0
Lapor Hansip
06-12-2018 17:37
Balasan post arifdoank
Quote:Original Posted By arifdoank

Langkah habibie menurut saya sudah tepat. Pasalnya memang indonesia yang menganeksasi Timor Leste, bukan mereka yang secara sukarela ingin bergabung dengan Indonesia.

Langkah habibie benar secara moral
Tp dari segi politis ga ada manfaatnya
Yg ada malah indo kena embargo amrik krn kerusuhan pasca timtim lepas

Harusnya pala batu aja
China jajah tibet woles
USA jajah hawai woles

Napa kita musti merasa bersalah jajah timtim?


Opini pribadi 😁
0
06-12-2018 18:01
Quote:Original Posted By mulivw
Prihatin ane.


Yoi gannnn
0
06-12-2018 18:16
Gemboked
0
06-12-2018 19:08
Quote:Original Posted By andrebuana
paling parah yg menyebabkan timor leste lepas !!
untung singkat, kalo kagak bisa bubar semuanya !!!


Kan sesuai referendum....... Kalo si asuhartolol kemaren kan pake agresi militer..... Lagian wilayah Indonesia luas yang di urus si harto cuma Jawa emoticon-Ngakak

Buat apa negara gede tapi otaknya bodat kaya loe emoticon-Ngakak
0
06-12-2018 19:23
1 Soekarno dan Soeharto

Kl pemimpin sdh berniat melanggengkan kekuasaan utk diri sendiri pasti akan berakhir tragis....

Manusia tdk akan kuat dg godaan kekuasaan, makanya system kerajaan tdk bisa bertahan.

Salut sama Nelson Mandela, stlh berjuang mati2an demi membebaskan bangsanya dr system apartheid, menderita keluar masuk penjara.
Menjadi presiden 1 periode, habis itu tdk melanjutkan lg. Padahal seluruh rakyat sedang cinta2nya dan masih menginginkan dipimpin beliau.... Demi demokrasi.

2. Habibie, gusdur, mega

Konsekuensi era reformasi yg masih mencari bentuk.

Mereka semua pemimpin hebat, dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
0
06-12-2018 19:37
dari era lengsernya suharto sampe naiknya megawati jadi presiden ada peran amien rais
Diubah oleh tiyorahmat
-1
06-12-2018 19:58
bj habibie bs nyalon lg ga y?keknya Indonesia cpt maju teknologinya emoticon-Matabelo
0
06-12-2018 19:59
Kasian juga ya, walaupun gua juga belum tau masalahnya...
0
06-12-2018 20:03


Quote:Original Posted By sremet
bj habibie bs nyalon lg ga y?keknya Indonesia cpt maju teknologinya emoticon-Matabelo


Udah sepuh gan
Sakit biarin aja sih menikmati masa tuanya
0
06-12-2018 20:04
Quote:Original Posted By angopmaksimal
1 Soekarno dan Soeharto

Kl pemimpin sdh berniat melanggengkan kekuasaan utk diri sendiri pasti akan berakhir tragis....

Manusia tdk akan kuat dg godaan kekuasaan, makanya system kerajaan tdk bisa bertahan.

Salut sama Nelson Mandela, stlh berjuang mati2an demi membebaskan bangsanya dr system apartheid, menderita keluar masuk penjara.
Menjadi presiden 1 periode, habis itu tdk melanjutkan lg. Padahal seluruh rakyat sedang cinta2nya dan masih menginginkan dipimpin beliau.... Demi demokrasi.

2. Habibie, gusdur, mega

Konsekuensi era reformasi yg masih mencari bentuk.

Mereka semua pemimpin hebat, dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Yang paling kasihan itu Gus Dur. Kayaknya memang disengaja mencari-cari kesalahannya untuk melengserkan jabatan beliau.
0
06-12-2018 20:11
Quote:Original Posted By arifdoank

Yang paling kasihan itu Gus Dur. Kayaknya memang disengaja mencari-cari kesalahannya untuk melengserkan jabatan beliau.


gara2 pemecatan sby dan kapolri. ulah mak banteng juga yg pengin jadi presiden
-1
Halaman 6 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.