anus.buswedanAvatar border
TS
anus.buswedan
Atasi Banjir Jakarta, Anies Sebut Nornalisasin Sungai Dilanjutkan
Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan normalisasi sungai harus terus dilakukan sebagai salah satu upaya mengentaskan banjir di Jakarta.

“Kita jalan terus. Mudah-mudahan tidak ada masalah nantinya,” kata Gubernur DKI Anies Baswedan dalam siaran pers, Senin (3/12/2018).

Kelanjutan program tersebut terlihat dari program anggaran Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta dalam Kebijakan Umum Anggaran-Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) DKI 2019.

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersebut mengalokasikan anggaran pengadaan tanah sungai atau saluran sebesar Rp 500 miliar.

Usulan anggaran tersebut ditujukan untuk biaya pembebasan lahan di daerah bantaran sungai, seperti di Sungai Ciliwung yang sempat berhenti sejak 2017.

Normalisasi sungai dilakukan dengan betonisasi atau sheetpile sungai atau pembuatan turap sungai dan saluran air yang ada di Jakarta.

Lebih lanjut, orang nomor satu itu ingin meminta publik untuk tidak menyamakan antisipasi musim hujan dengan betonisasi atau normalisasi sungai.

“Itu dua hal yang berbeda,” tegasnya.

Sepanjang 2013-2017, normalisasi Sungai Ciliwung telah dilakukan sepanjang 16,388 dari 33,69 kilometer panjang sungai yang harus dinormalisasi.

Pembebasan Lahan

Saat ditemui secara terpisah, Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta, Teguh Hendrawan, mengatakan tertundanya proses normalisasi Ciliwung akibat lamanya proses pembebasan lahan.

Warga yang terkena dampak proyek normalisasi harus direlokasi ke rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) dan ada juga yang harus melalui proses ganti rugi terlebih dahulu.

Dia mengatakan bahwa dalam APBD DKI 2018, Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta mendapat alokasi dana cukup besar untuk pembebasan lahan.

Dana senilai Rp400 miliar dialokasikan untuk pembebasan lahan untuk normalisasi waduk, Rp900miliar untuk pembebasan lahan untuk normalisasi kali dan APBD Perubahan 2018 juga mendapat tambahan Rp450 miliar untuk pembebasan lahan.

http://jakarta.bisnis.com/read/20181...ai-dilanjutkan

Diubah oleh Kaskus Support 15 04-12-2018 02:21
0
2.7K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.