profesorlucuAvatar border
TS
profesorlucu
Melihat lebih dalam Interior Planet Mars
Pendaratan robot dari bumi di Mars bukan lagi hal yang baru. Beberapa misi telah diluncurkan untuk mencapai planet tersebut dan hanya sebagian kecil yang berhasil mendarat. Sebuah robot bernama InSight dari Nasa berhasil mendarat di permukaan Mars pada 19.35 GMT. Apakah yang menarik dari misi tersebut, simak ulasannya berikut ini.



Apa misi dari robot InSight?

Robot mendarat di area yang dinamakan Elysium Planitia yaitu tempat datar seperti gurun. Kamera menangkap gambar kondisi sekitar robot saat mendarat yang diterima langsung oleh Nasa. Gambar tersebut menunjukkan bahwa Mars, terutama Elysium Planitia, mirip seperti badai gurun, dengan temperatur sangat rendah.



Misi pertama dari robot adalah mempersiapkan solar panel sebagai sumber listrik untuk menghangatkan kondisinya. Suhu ektrem akan menghambat kinerja robot InSight. Yang menarik adalah bagaimana robot menggunakan perisai panas (heatshield), parasut, dan roket untuk memasuki atmosfer Mars sebelum akhirnya berhasil mendarat. Semua panel surya siap setelah 7 jam pendaratan.

Misi robot yang paling utama adalah mengetahui interior planet Mars. Para peneliti ingin mengetahui bagaimana Mars terbentuk. Apakah seperti bumi atau ada unsur lain yang sama sekali berbeda?


Untuk melakukan investigasinya, robot akan melakukan  tiga eksperimen utama yaitu:

1.    Penggunaan Franco-British seismometers yaitu alat untuk mendengar "Marsquakes" yaitu gempa di Mars. Vibrasi akan menunjukkan layer-layer batuan dan pembentuknya

2.    Sebuah sistem dinamakan heat probe. Alat ini berguna untuk mendeteksi suhu pada interior Mars. Robot akan menanamkannya lalu mengukur seberapa panas dari permukaan tanah di Mars. 




3.    Terakhir adalah eksperimen menggunakan transmisi radio. Tujuannya adalah menentukan bagaimana planet tersebut bergerak pada orbitnya, tertuama di bagian kutub utaranya. Apakah Mars memiliki inti yang bersifat cair atau padat? Inilah pertanyaan yang akan dijawab dengan mengukur rotasi planet
 
Mengapa kita harus tahu hal tersebut?

Ada ungkapan bahwa “tak kenal maka tak saying”. Selama ini, kita hanya mengetahui pembentuk alam semesta dari satu sumber dan sudut pandang yaitu Bumi. Ribuan benda langit dan planet ada di luar sana, tetapi baru Mars yang dapat dijangkau. Chief Scientist dari InSight mengatakan bahwa detail tentang bagaimana planet berkembang adalah apa yang kita pikirsebagai pembeda antara Bumi, Venus, dan Mars.
 
Sumber:
editan pribadi dan dari sini

Diubah oleh profesorlucu 27-11-2018 05:07
3
11.4K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.