alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbd568ddcd7708a6d8b4573/bagaimana-awal-pohon-natal-bisa-muncul
Lapor Hansip
10-10-2018 08:31
Bagaimana Awal Pohon Natal Bisa Muncul?
Past Hot Thread

Hallooohhh GanSis semmuuaanyyaaaa
emoticon-Baby Girl

Bagaimana Awal Pohon Natal Bisa Muncul?

Gemerlap lampu dan pohon hijau yang dihias sangat bagus di rumah tangga umat Kristiani dan juga di berbagai pusat perbelanjaan di sekitar bulan Desember adalah pemandangan umum untuk Natal.

Bagaimana Awal Pohon Natal Bisa Muncul?

emoticon-Christmas emoticon-Christmas emoticon-Christmas

Namun, pernahkah GanSis bertanya-tanya dari mana tradisi ini berasal?

Pohon dan tanaman hijau selalu memiliki arti khusus bagi orang-orang terutama selama musim dingin.

Menelusuri semua jejak kembali ke abad ke-16, tepatnya di negara Jerman, orang-orang Kristen disana membawa pohon-pohon hias ke rumah mereka untuk merayakan musim dingin.

Bagaimana Awal Pohon Natal Bisa Muncul?

Pada awalnya tradisi ini dilihat sebagai simbol pagan saja dan tidak populer sampai tahun 1846, ketika keluarga kerajaan yang terkenal di London, Queen Victoria dan keluarganya, terlihat berdiri di sekitar pohon natal bersama anak-anak mereka yang dibuat dalam sketsa berita pada tahun itu.

Bagaimana Awal Pohon Natal Bisa Muncul?

Karena Queen Victoria sangat populer dengan orang-orangnya, maka dengan cepat hal itu menjadi fashionable.

Secara tradisional, pohon natal itu dihiasi dengan makanan yang dapat dimakan seperti apel, kacang-kacangan, ato kue kering yang sering disebut cookies.

Seiring berjalannya waktu, perlahan dekorasi pohon natal berubah sepanjang tahun.

Bagaimana Awal Pohon Natal Bisa Muncul?

Quote:
Heard of the tradition of cookies and milk for Santa?


Terkait dengan sejarah pohon Natal, dikatakan bahwa orang-orang akan menghias pohon dengan apel, cookies, dan juga wafer.

Lalu ketika cerita tentang Santa datang, diceritakan bahwa Santa sering mengemil makanan yang dijadikan dekorasi pada pohon natal karena makanan itu terlihat sangat lezat.

Seiring waktu, sementara dekorasi pohon Natal selalu berubah, initiative untuk meninggalkan camilan untuk Santa tetap ada.
Dan hal inilah yang menjelaskan kenapa kue dan susu masih ada di banyak cerita Natal hingga hari ini.
emoticon-Big Grin

Bagaimana Awal Pohon Natal Bisa Muncul?

***



Itu deh GanSis sejarah singkatnya.


Gambar : Google Images
Reference : Bug News småles


Bagaimana Awal Pohon Natal Bisa Muncul?


GanSis yang merayakan Natal dan sering mendekorasi pohon Natal, share yuukk keseruan saat mendekorasi pohon dan menaruh bintang di atas puncak pohon.

Apa sih yang biasa GanSis taruh di pohon Natal?

Saat masih kecil, apakah GanSis percaya bahwa benar-benar ada Santa yang memberikan hadiah impian di sekitar pohon Natal?


Bagaimana Awal Pohon Natal Bisa Muncul?

emoticon-Christmas emoticon-Christmas emoticon-Christmas

2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 6
02-12-2018 13:46
Quote:Original Posted By Oktovich
Susah Gan, ntar kalo situ wafat nguburnya pake ritual apa? Soalnya atheis khan gada tatacaranya ngerawat jenazah, dikubur apa di ngaben..... Itulah jadinya malah menyusahkan orang sekitar


Kl wa mah gampang, tinggal kremasi aja, w dah berwasiat sebelumnya, jadi ga perlu susah nyari tanah buat dikuburin atau di hanyutkan di sungai, cukup di kremasi aja, simpel
0
02-12-2018 13:57
Quote:Original Posted By kingndas
masih oktober gan

udah bahas pohon natal

halloween dulu

emoticon-Malu


Kapan Halloween mulai dirayakan?bikin tritnya gan
0
02-12-2018 15:10
Quote:Original Posted By soliter2
ane juga gak mau bilang
cuma berbagi pengetahuan tentang tradisi sesat pagan ini emoticon-Shutup

The Real Meaning Behind Christmas


Jng selalu kaitkan pagan dengan sesat
Paganisme klo simplenya kan juga sbagai bentuk pemujaan thd tuhan / dewa / leluhur /sesuatu d luar kekuatan manusia ( dasarnya juga sbuah agama )

Tapi pada dasarnya

Ya sbagai cara manusia menghormati lingkungan sekitarnya
( ada dewa sungai , api , gunung , matahari , bulan dll )
Diubah oleh djinggo88
0
Lihat 1 balasan
02-12-2018 15:18
Bentar lagi natal hurray
1
02-12-2018 17:41
gw kira sinterklas lagi jalan jalan di hutan Pinus terus terinspirasi bikin bonsai Pinus emoticon-Ngakak
0
02-12-2018 18:25
Ane di Arab, gan. Gak ada pinus. Pohonnya di sini pake pohon kurma. emoticon-Leh Uga
0
02-12-2018 18:36
Quote:Original Posted By hebatpart21
agan jgn cuma mendengar ocehan ustad atau ulama aja gan.

agan coba cari tahu sejarah asli agama agan sendiri dari buku buku sudut pandang para arkelog/peneliti.

kalo agan hanya berkutat pada ocehan ustad atau buku karangan ustad, haji dll
agan gak akan tahu betapa agan telah ditipu selama ini.

coba agan awali dgn mencari tahu apa itu zoroaster.
seru gan kalo kita belajar sejarah dan arkelogi


Nah, ini. Ibadah lima waktu di agama saya juga konon mirip seperti punya zoroastrian, banjir nuh & epos gilgamesh, dsb. Awalnya saya ragu, tapi toh demi ilmu pengetahuan, lewat penelitian dan kajian yang gak mudah. Ya harus dihargai, tidak perlu teriak-teriak penistaan, haram dsb. Lha wong orang-orang Yahudi juga neliti asal agamanya dan hubungan dgn kepercayaan timteng kuno.

Karena saya penganut icelamp ya udah, saya dengar dan saya patuh.

emoticon-2 Jempol

Edit: gak semua orang Yahudi ding.
Diubah oleh mahoman5511
0
02-12-2018 18:57
ane belom pernah tau kenapa yg digunain itu pohon cemara, kenapa nggak pohon2 yg lain. ada cerita apa di baliknya gan?
0
02-12-2018 19:25
Quote:Original Posted By hawadis
ane belom pernah tau kenapa yg digunain itu pohon cemara, kenapa nggak pohon2 yg lain. ada cerita apa di baliknya gan?


Yang ane tahu pohon cemara berbentuk tajuk tunggal kokoh mengarah ke atas, menggambarkan kuatnya arah dimana Illahi (Tuhan semesta alam) berada (dan menyimbolkan tunggal tidak bercabang)
0
02-12-2018 19:56
Quote:Original Posted By YoRHa
tiap tahun diputer, apa gak ada film pengganti yang lain emoticon-Leh Uga

Film legend itu gan emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By !
Minggu lalu liat di ac* mahal juga yah harganya

Nanem sendiri aja gan pohonnya emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By ucilliano
selamat natal

emoticon-Christmas

Quote:Original Posted By mukamukaos
Kalau di mari pasti udah habis sama semut emoticon-Leh Uga

Bisa diakalin.. taruh aja air disekitar pohonnya.. kan semut takut sm ahir.. emoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By mukamukaos
Lah, baru nyadar ini trit bulan oktober emoticon-Big Grin


Skrg kan udah masuk Desember.. makanya baru di HT-in skrg emoticon-Leh Uga
0
02-12-2018 20:01
Quote:Original Posted By afief9
thread oktober HT desember hahaha, mantap gan. tdk ada salahnya belajar dan cari tahu

Oktober kan belom suasana natal.. ini masuk desember baru di HT-in.. emoticon-Ngakak (S)
Benar gan.. belajar emg perlu emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By cacing30
pertama biji, kemudian tumbuh tunas, kemudian tumbuh besar jadilah pohon natal hehe

Ahahhaa.. ada asal mulanya dulu ya gan

Quote:Original Posted By mika1987
paling suka bukain kado nya

Percaya ga gan kalo yg ngasih kado itu adalah benar2 Santa? emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By fatescript
Oh gara2 viktoria. Jadi kalo ga pake pohon natal, tetep bisa?

Tapi udah kd tradisi dr dulu kan gan

Quote:Original Posted By Arzal
Karena sudah akulturasi budaya sih. Sebenernya aku tahu sejarahnya gimana, tapi biar gak menyinggung aku gak mau bilang.

Selamat Natal emoticon-Christmas untuk yang merayakan (24 hari lagi emoticon-Hammer

Masih lama yaa.. gkgkgk
0
02-12-2018 20:08
Quote:Original Posted By oope
ooo begitu

Ya gan.. ane jg baru tofu gegara baca buku

Quote:Original Posted By primawidhie
walah lama Ngangkatnya Dari oktoberemoticon-Leh Uga

Wkwkwkkkk kan skrg udah suasana natal gan.. Oktober masih halloween emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By hard_dick
lahhhh gt toh jaman pagan

Bukan jaman pagan.. simbol

Quote:Original Posted By .theflash.
Bagaimana pohon natal bisa muncul?, ya karena ditanam lah, pinter kan ane emoticon-Cool
Yg jadi pertanyaan adalah, natal sebenarnya merayain santa klaus atau yesus, padahal keduanya gak ada sangkut pautnya

Wkwkwkkkk ada yg dr plastik.. itu ga ditanam emoticon-Ngakak (S)
Natal bukannya berarti kelahiran ya? cmiiw

Quote:Original Posted By pasiolo84
Pohon terang... Pohon terang... Sungguh indah rupamu...emoticon-Kaskus Radio

Pohon terang~

Quote:Original Posted By odoel
Selamat natal utk saudara2 ku yg merayakan nyemoticon-Christmasemoticon-Christmas

Masih 23 hari lagi gan emoticon-Christmas

Quote:Original Posted By ricky.andre
sebentar lagi natal datang nih

Iyaa gan 3 mingguan lagi

Quote:Original Posted By lol87
Minyak

Oil

Quote:Original Posted By herrfraud
natal = lahir
pohon natal = pohon yg lahir

Pohon lahir dr mana ya gan?

Quote:Original Posted By 2V7
oklah kalo begitu!

Siap gan

Quote:Original Posted By cepute
akhirnya gw tau kenapa santa gendut tiap rumah dimakan kuenya sama dia


Komen yg bikin terngakak emoticon-Ngakak (S)
0
02-12-2018 20:17
Quote:Original Posted By hlwh
Kalau di Rusia ga ada yg namanya pohon natal, adanya pohon tahun baru.. ngerayain natalnya tgl 6 januari..

Wah iyakah? goon baru tofu ni emoticon-Wow
Makasih infonya yaa emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By sdnomdel
ane sih cuma mau bukain kadonya doang dari santa claus.
katanya dia dateng tengah malem, terus ngasih kado di pohon natal.
ternyata setelah ane dewasa, ane paham kalo kado2 tersebut dikasih papa mama ane.
hhhh jadi inget papa emoticon-Frown miss u dad emoticon-Frown

Hehee iya ya gan.. mungkin pas kecil lebih sering dengar cerita2 gitu makanya percaya sm omongan org2 dewasa emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By rahmanfatur
welcome to december

Ahir tahun

Quote:Original Posted By ArbyKTBFFH
kalo gitu pohon natal dan santa tidak ada kaitannya dengan ajaran yesus?

Udah dijelaskan agan dibawah ini yaa gan ↓

Quote:Original Posted By seinove
ga ad gan emoticon-Big Grin in fact malah pas kelahiran Yesus ga ad salju .......jadiny semacam tradisi


Quote:Original Posted By ammarzanagi
Memang orangtua itu penuh kejutan ya bre...
Dulu ane lagi tidur di sofa aja bisa tiba2 pindah ke kasur emoticon-Hammer2

Amazing yah gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By gigantae
waktu masih bocah ane kira Yesus lahir di bawah pohon natal terus dibawa sama Santa keliling dunia jadinya setiap natal ada pohon natal dll tapi ah sudahlah. Nice infoh gan emoticon-Blue Guy Peace

Makasih gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By warglaives
Kapan indonesia turun salju emoticon-Frown

Mungkin bisa gan kalo salju palsu?

Quote:Original Posted By jaylani28
Bah nunggu lebaran kadal mungkin gan

Wkwkwkkkk emg kadal ada lebaran?

Quote:Original Posted By kiryu06
Suasananya fun, kalau December bawaannya happy

Meriah lampu2 gitu ya gan.. apalagi di mol2

Quote:Original Posted By v.a.g.s
Masih lama, nanti aja lah pasangnya pas tanggal 20 emoticon-Gotta catch 'em all!

Gak mepet bgt tu gan? Kan kalo ada hiasan yg kurang bisa beli dulu emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By naldiceansean
jadi aslinya bukan karena ada perintah bible ya gan....


Kurang tau jg sy gan
0
02-12-2018 20:31
Quote:Original Posted By naldiceansean
mana rujukannya nih ?

Dari buku småles IKEA kids gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By haf2
di jerusalem kan ga ada salju.
Jadi natal itu utk merayakan musim dingin atau apa?

Udah dijawab sama agan dibawah ini yaa gan ↓

Quote:Original Posted By Oktovich
Yang pasti untuk merayakan libur akhir tahun setelah liburan thanksgiving

Makasih udah jawabin pertanyaan agan di atas >.<

Quote:Original Posted By sagutumbuk
mudah mudahan kue ane laku desember ini

Aamin gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By djinggo88
Dan image santa pria tua dengan baju merah adalah ciptaan perusahaan coca-cola

emoticon-Ngakak

Scara agama Ane gk merayakan natal
Namun ane suka bgt suasana natal

Apalagi kalau sambil dengar lagu2 natalnya michael buble
Ah rasanya gimana gt emoticon-Recommended Seller

Bahkan ane punya mimpi klo suatu hari kelak bisa pergi negara2 d eropa / ke amerika
Dimana perayaan natal dirayakan dengan meriah bgt

Skrsng ini kyanya malah natal tdk identik lg dng perayaan agama tertentu.
Malah jd semacam sesuatu yg drayakan banyak orang d dunia
Apapun agamanya / tdk beragama skalipun

Masa si gan? Baru tau ane emoticon-Wow
Jadi baju merah itu krn Coca-Cola warna merah juga kah gan?

Suasananya meriah yaa gan.. dgn gemerlap lampu.. apalagi di mol2 gitu emoticon-Big Grin

Lagu2nya bikin berasa damai kah gan? emoticon-Matabelo

Wah.. apalagi di eropa juga pas lg turun salju yaa gan.. semoga mimpi agan dapat segera terwujud yahh emoticon-Ultah

Natal skrg jg kayak malah jd ladang bisnis buat beberapa org yaa gan.. kayak hiasan pohon natal sama kue2 dll gitu emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By primadivine
Biasanya bakalan ada film Polar Express gan sbntr lgi

Home Alone gan.. emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By adhitamadimas
So many centuries
So many Gods
We were the prisoners of our own fantasty
But now we are marching Against these Gods
I'm the wizard, I will change it all
Valhalla.

Lagu apa ini gan? emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By namakuhiroko
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Lucunya, di Indonesia tradisi menyajikan kue kering juga muncul saat perayaan Idul Fitri. Padahal kue2 kering yg populer di Indonesia kebnykn warisan Belanda. Tp klo di desa, msh bnyk juga yg menyajikan kue basah seperti wajik, madu mongso, dodol, dll.


Kayaknya itu udah tradisi deh gan..
Wajik dll juga masih umum disajikan di perkimpoian/khitanan di desa2.
Kalo lebaran malah udah jarang ane lihat org2 di desa bikin wajik gitu.. soalnya pd mending beli makanan jadi.
Kalo bikin pun, palingan sedikit.
Wajik jg ga terlalu tahan lama sii
0
02-12-2018 20:37
Quote:Original Posted By YeuAnh
dulu setiap malam natal ane nulis permohonan dan percaya santa itu ada.
bener sih ane dapet hadiah sesuai dengan keinginan ane.. karena selalu diblg ank baik.

sekarang sudah besar ane tanya, ternyata mama ane yang taro hadiahnya dipohon natal emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Wah.. ternyata mamanya sista yaa yg ngasih hadiah2 emoticon-Big Grin
Tapi kan kalo masih kecil percaya2 aja yaa ttg adanya santa dan hadiah itu dr santa emoticon-Christmas

Quote:Original Posted By marcowhitebeard
betapa damainya dunia tanpa agama, bikin susah aja ada agama


Yg bikin susah tuh agamanya ato orgnya ya gan? emoticon-Matabelo
0
02-12-2018 20:42
Quote:Original Posted By renderoyale
Bentar lagi natal hurray

23 hari lagi gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By waluyojati121
gw kira sinterklas lagi jalan jalan di hutan Pinus terus terinspirasi bikin bonsai Pinus emoticon-Ngakak

Jalan2 apa terbang pake kereta dgn 4 keledai itu gan? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Quote:Original Posted By mahoman5511
Ane di Arab, gan. Gak ada pinus. Pohonnya di sini pake pohon kurma. emoticon-Leh Uga

Knp ga pake pohon kaktus aja gan emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By hawadis
ane belom pernah tau kenapa yg digunain itu pohon cemara, kenapa nggak pohon2 yg lain. ada cerita apa di baliknya gan?

Udah dijawab agan dibawah yaa gan ^,^

Quote:Original Posted By Oktovich
Yang ane tahu pohon cemara berbentuk tajuk tunggal kokoh mengarah ke atas, menggambarkan kuatnya arah dimana Illahi (Tuhan semesta alam) berada (dan menyimbolkan tunggal tidak bercabang)


Once again Thankyou gan udah jawabin pertanyaan agan diatas emoticon-Big Grin
0
02-12-2018 20:49
Quote:Original Posted By goonerettekw


Quote:Original Posted By Oktovich
Yang ane tahu pohon cemara berbentuk tajuk tunggal kokoh mengarah ke atas, menggambarkan kuatnya arah dimana Illahi (Tuhan semesta alam) berada (dan menyimbolkan tunggal tidak bercabang)


Once again Thankyou gan udah jawabin pertanyaan agan diatas emoticon-Big Grin


Di tempat ane (Arab) pakenya pohon kurma/palem filosofinya karena kurma/palem-paleman itu pohonnya tinggi tak bercabang melambangkan kuasa tuhan yang esa. Nah, pohon kurma/palem-paleman yang dahannya banyak di atas dan buahnya juga di atas melambangkan rahmat tuhan ke segala penjuru, ke semua umatnya. emoticon-Leh Uga

Lagipula di Arab pohon cemara kagak bisa tumbuh.
Diubah oleh mahoman5511
0
02-12-2018 22:54
Quote:Original Posted By mukamukaos
Kalau di mari pasti udah habis sama semut emoticon-Leh Uga


kalo cookiesnya habis sama ane emoticon-Leh Uga
0
03-12-2018 00:01
Quote:Original Posted By mahoman5511
Di tempat ane (Arab) pakenya pohon kurma/palem filosofinya karena kurma/palem-paleman itu pohonnya tinggi tak bercabang melambangkan kuasa tuhan yang esa. Nah, pohon kurma/palem-paleman yang dahannya banyak di atas dan buahnya juga di atas melambangkan rahmat tuhan ke segala penjuru, ke semua umatnya. emoticon-Leh Uga

Lagipula di Arab pohon cemara kagak bisa tumbuh.


Oh gituu..
Lihat fotonya donk gan emoticon-Matabelo
0
03-12-2018 17:27
Ijin nyimak dulu gan..
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.