matthysse76
TS
matthysse76
Kiamat Pasti Terjadi, Ilmuwan: Masih 6,5 Miliar Tahun Lagi



KOMPAS.com - Suatu hari nanti, manusia mungkin akan bisa menanggulangi dampak pertambahan penduduk, seperti kelaparan, perang dan wabah penyakit; tapi satu hal yang pasti, bumi akhirnya akan musnah terbakar dengan segala isinya.

Hari Kiamat? Mungkin. Tapi masih lama, kira-kira 6,5 miliar tahun lagi; lama setelah manusia yang hidup sekarang sudah tiada.
Sebuah laporan tentang masa depan matahari kita menunjukkan, walaupun bumi mungkin tidak akan hancur sama sekali setelah matahari meledak, sisa yang tinggal hanya akan berupa sebuah batu karang besar yang kering dan beku tanpa kehidupan apapun.

Para ahli mengatakan, dengan memperhitungkan komposisi saat ini serta tingkat evolusinya, diperkirakan matahari akan mati atau habis terbakar dalam serentetan ledakan gas helium yang akan menghancurkan kira-kira 40 persen bobotnya.

Dalam perhitungan itu, bumi masih punya waktu kira-kira 6,5 miliar tahun lagi. Sebelum nantinya, kehidupan di planet ini tidak bisa lagi dipertahankan.

Sebab pada waktu itu, matahari akan mulai membengkak sampai akhirnya menjadi benda angkasa yang besarnya 200 kali dari sekarang. Nantinya, matahari akan memancarkan panas yang sangat tinggi.

Suhu yang tinggi itu akan menguapkan semua air di laut, sungai, dan danau. Akibatnya, suhu tinggi tersebut membunuh segala bentuk kehidupan di bumi.

Sistem tata surya kita yang sekarang, menurut para ahli, dengan satu matahari dan sembilan planet yang beredar di sekelilingnya, termasuk bumi, tercipta kira-kira 4,5 miliar tahun yang lalu.

Hasil penelitian terhadap sistem tatasurya lain menunjukkan biasanya matahari atau bintang memiliki usia 12 miliar tahun. Itu artinya, matahari yang kita lihat tiap hari sudah hampir mencapai separuh masa hidupnya.

Para pakar menggolongkan matahari ke dalam bintang kelas G, diukur dari tingkat cahaya serta warna radiasinya yang tampak dari bumi.

Suhu di permukaannya sekarang diperkirakan sekitar 5.700 derajat Celsius.
Saat ini matahari masih berada dalam fase utama yang stabil, di mana ia terus membakar persediaan gas hidrogen yang terkandung di dalamnya.

Sebagai bintang dari kelas G, matahari diperkirakan akan terus berada dalam fase itu selama 6,5 miliar tahun lagi.
Sebuah laporan yang dimuat dalam Astrophysical Journal mengatakan, setelah matahari mencapai umur 11 miliar tahun, benda angkasa itu akan memasuki fase perkembangan berikutnya.

Dalam fase selanjutnya itu, matahari digambarkan sebagai bintang raksasa yang berwarna merah.

Bintang raksasa itu terbentuk karena gas helium yang terdapat di bagian intinya meledak. Itu membuat matahari menggelembung 200 kali lebih besar dari ukurannya yang sekarang dan cahayanya-pun 2.000 kali lebih terang.

Kemudian, untuk masa 150 juta tahun berikutnya, suhu matahari akan turun lagi. Ini dikarenakan helium yang terdapat di bagian intinya sudah habis.

Namun, gas helium yang terdapat di lapisan-lapisan lebih luar akan meledak secara beruntun serta melemparkan bagian-bagian yang hancur itu ke angkasa. Sehingga, bobot atau massa matahari akan terus berkurang.
Satu juta tahun kemudian, matahari terus menyusut ukurannya sampai cahayanya redup dan akhirnya hilang sama sekali.

Pada masa tersebut, manusia mungkin sudah pindah ke planet lain. Bahkan mungkin, manusia bisa menyaksikan sistem tatasurya yang mati itu sebagai sebuah bintang gelap atau bintang hitam yang dikelilingi planet-planet yang hangus terbakar.

Sumber : Kompas.com
12
15.7K
194
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.4KThread10.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.