alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c00b72e1cbfaaeb638b4569/hujan-sudah-tiba-waspada-di-jalan
Lapor Hansip
30-11-2018 11:06
Hujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan
Past Hot Thread
Hujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan

Musim hujan yang sudah tiba membuat kita harus menambah kewaspadaan. Lebih-lebih untuk kita yang sering beraktivitas di luar rumah. Baik dengan menggunakan mobil, maupun motor. Berkendara saat hujan, tentu berbeda dengan berkendara saat cuaca cerah. Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatiaan lebih, agar perjalanan kita menjadi nyaman. Tidak mau dong, sudah basah kehujanan, kendaraan kita bermasalah, atau yang lebih buruk kita mengalami kecelakaan.

Hujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan

Nah, untuk mempersiapkan menghadapi musim penghujan, beberapa hal biasa saya siapkan agar mobilitas tidak terganggu. Apa saja? Yang pertama lakukan tune up, service besar pada kendaraan (baik mobil maupun motor). Sektor yang paling mendapat perhatian adalah ban. Ban gundul, ban racing (semacam battlax) akan saya simpan dulu. Jenisnya tidak cocok untuk membelah air. Ban yang sudah aus juga tidak bisa dipakai lagi, karena akan mengurangi traksi di aspal.

Jalanan basah kan lebih licin ya, jika ban tidak mendapat traksi yang bagus, sudah terbayang akibatnya apa? Jatuh,! Kalau bawa mobil bisa spin yang membahayakan diri sendiri dan orang lain. Sayangi nyawa mu. Duit untuk beli ban masih bisa dicari, nyawa? Tidak ada cadangannya. Kelistrikan menjadi bagian selanjutnya untuk diperhatikan. Pastikan tidak ada sesuatu yang bisa mengundang konsleting pada kendaraan anda. Kalau mau aman, ya seluruh bagian disiapkan se-prima mungkin.

Hujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan

Yang kedua jaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Buah dan sayur menjadi menu yang biasa saya konsumsi untuk membuat badan tetap segar. Ingat berkendara saat hujan membutuhkan konsentrasi lebih besar dari pada berkendara di saar cuaca cerah. Jika badan tidak fit, konsentrasi menurun, resikonya terlalu besar. Bagi pengendara motor, kondisi fit menjadi syarat utama, bayangkan nyaris setiap hari badan tersiram air lho.

Jika daya tahan tubuh lemah, tentu dampaknya tubuh mudah sakit. Kalau sudah sakit, produktifitas menurun. Kalau sudah gitu, efek domino yang muncul. Bukankah lebih baik mencegah ya daripada mengobati? Lebih baik berpola hidup, makan sehat daripada harus berurusan dengan dokter karena sakit dan fisik ngedrop.

Hujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan

Yang ketiga, perbaiki attitude dan respon berkendara. Jika anda adalah pengendara motor dan sudah tahu ini musim hujan, bawalah jas hujan. Jika tidak punya, beli!. Harganya tidak semahal motor anda kok. Usahakan pilih jas hujan yang berbentuk setelan jaket dan celana yang terpisah, sehingga ergonomi berkendra tetap terjaga. Kalau ada warna cerah lebih bagus lagi, agar posisi anda mudah dideteksi oleh pengendara lain di saat hujan deras.

Hujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan

Jangan lupa gunakan riding gear yang komplit, hindari sandal jepit! Sayangi kaki mu. Selanjutnya, batasi kecepatan berkendara mu. Jika biasanya 100kpj, saat hujan cukup 60kpj saja. Jika anda berkendara dan hujan akan turun jangan jadi orang bodoh yang menambah kecepatan tanpa peduli sekitar. Kehujanan tidak akan membuat mu mati, justru perilaku berkendara mu yang akan membuat mu berpotensi mati karena kecelakaan.

Terakhir, jaga jarak aman dengan kendaraan di depan anda. Ingat, jarak pengereman saat hujan dengan saat tidak hujan berbeda. Menjaga jarak aman terutama dari mobil di depan anda, juga akan menghindarkan anda terperosok lubang yang sering tiba-tiba muncul saat musim hujan. Penyakit lama kalau ini sih. Bagaimana dengan pengendara mobil? Relatif sama sih, terutama perhatikan kecepatan dan jarak aman.

Well,hujan bukan alasan untuk tidak beraktivitas. Hujan juga bukan alasan untuk menurunnya prodiktifitas. Hujan harusnya menjadi penyemangat untuk tetap berkarya. Kenapa? Karena pelangi kadang akan muncul setelah hujan badai selesai. Salam Damai.


Merdeka!


Ide Tulisan : Pengalaman Pribadi
Sumber Gambar : sini, sini, sini
7
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 6
30-11-2018 18:04
Quote:Original Posted By swiitdebby
ane sih tetep sedia payung

emoticon-Big Grin

Mau kemana tante??? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By bandono261194
Jaga istri, gebetan, atau ceweknya Om. Biar gx di ambil orang apalagi teman emoticon-Cape deeehh

Ga sekalian dirantai om??? emoticon-Big Grin
0
Lihat 1 balasan
30-11-2018 18:12
Quote:Original Posted By londo.046
Mau kemana tante??? emoticon-Big Grin

Ga sekalian dirantai om??? emoticon-Big Grin


Jangan om kasihan, wkwkkw
0
30-11-2018 18:46
Kurang satu om,siapkan pula kesabaran extra.Kadang kalau ketemu pengendara mobil/motor yang punya karakter sombong kalau lewat genangan malah kecepatannya ditambah.Kalau rusakin kendaraan disuruh ganti rugi,kalau ditampol segan karena ada "stiker" sakti.
0
30-11-2018 19:58
Quote:Original Posted By bandono261194
Jangan om kasihan, wkwkkw

Ojok kasihan om, Ben aman kok... :F
Quote:Original Posted By brainymale
Kurang satu om,siapkan pula kesabaran extra.Kadang kalau ketemu pengendara mobil/motor yang punya karakter sombong kalau lewat genangan malah kecepatannya ditambah.Kalau rusakin kendaraan disuruh ganti rugi,kalau ditampol segan karena ada "stiker" sakti.

Lempar batu om kalau nemu yang gitu... emoticon-Big Grin
0
30-11-2018 20:10
Quote:Original Posted By londo.046
Ojok kasihan om, Ben aman kok... :F

Lempar batu om kalau nemu yang gitu... emoticon-Big Grin


Wkwkwkwkwkwk.
0
30-11-2018 20:34
Paling ngga suka bermotor hujan"an kena cipratan air dari mobil yg ngebut dan berlawanan arah..emoticon-Mewek
0
30-11-2018 20:38
Quote:Original Posted By kimmot
Paling ngga suka bermotor hujan"an kena cipratan air dari mobil yg ngebut dan berlawanan arah..emoticon-Mewek

Naik dokar aja mba, aman... emoticon-Big Grin
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
30-11-2018 20:49
Balasan post londo.046
Quote:Original Posted By londo.046

Mau kemana tante??? emoticon-Big Grin

Ga sekalian dirantai om??? emoticon-Big Grin


mau pergi ke pasar

emoticon-Leh Uga

:goyang
0
30-11-2018 20:51
Quote:Original Posted By swiitdebby
mau pergi ke pasar

emoticon-Leh Uga

emoticon-Goyang

Pasar hantu tante??? emoticon-Big Grin
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
30-11-2018 20:57
Balasan post londo.046
Quote:Original Posted By londo.046

Pasar hantu tante??? emoticon-Big Grin


iya emoticon-Leh Uga
0
Lapor Hansip
30-11-2018 21:05
Balasan post londo.046
Quote:Original Posted By londo.046

Naik dokar aja mba, aman... emoticon-Big Grin


Mana ada disini dokar..emoticon-Hammer
0
30-11-2018 22:02
Quote:Original Posted By swiitdebby
iya emoticon-Leh Uga

Sangar, tante pemberani... emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By kimmot
Mana ada disini dokar..emoticon-Hammer

Ke Jogja banyak mba... emoticon-Big Grin
0
Lihat 2 balasan
30-11-2018 22:58
buat biker, alon2 pas lewat RHK/ZSS

gw udah berapa kali liat orang jatoh bego gara2 licin di 2 spot itu

sakit sih engga, malunya itu lho

😂
0
30-11-2018 23:08
Gasuka yg becek becek gan
0
30-11-2018 23:10
Jemuran ga kering-kering bray... emoticon-Nohope
0
30-11-2018 23:14
Musim hujan tahun ini kira2 jakarta banjir gak ya gan...? emoticon-Bingung
-1
30-11-2018 23:16
Hati2 jg klo pas mau motong jalan pengendara lain. Tau diri aja, waktu hujan jalanan jd licin.
Kejadian kemarin, ada ibu2 yg dipotong jalan nya sama motor lain. Si ibu ngerem ndadak trus jatuh. Ane dtg dari arah sebaliknya. Ibu itu jatuh tepat didepan ane dgn posisi berlawanan dan kepala si ibu udah hampir ane tabrak. Sepersekian detik ane ga banting ke kiri, abis udah si ibu ane tabrak plus ane ikutan jatuh. Kondisi jalan setengah basah krn pagi nya habis hujan.
0
30-11-2018 23:21
Kalau hujan lebih nyaman naik bus gan, di dalam ada AC nya jadi lebih dingin, nanti kentut bareng2 kalo masuk angin.
0
30-11-2018 23:41
ane paling demen ama musim hujan. bisa dijadiin bahan alesan kalo telat. biasanya ane sengaja gak lepas jaket ane yang basah pas masuk kelas, biar keliatan kehujanan emoticon-Wakaka
bebas masuk angin kok, yang basah jaket doang, badan ane kagak emoticon-Leh Uga
0
30-11-2018 23:42
emang hujan gini harus berkendara lebih hati2
sopan berkendara juga, kalo ada orang deket genangan jangan malah tambah kecepatan emoticon-Bingung
0
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.