muinmaster
TS
muinmaster
Kiat Sukses Agar Getah Karet Terus Mengalir Deras

Petani karet selalu tersenyum. Meski harga komoditas perkebunan saat ini berfluktuasi, termasuk getah karet, namun menanam karet tetaplah jauh menguntungkan. Kenapa budi daya karet dilakukan petani? Itu karena tanaman ini berusia panjang dengan masa penyadapan sepanjang tahun. Selain itu, perawatan tanaman tidak terlalu rumit, hanya pada awal penanaman.
Ketika sudah panen, petani menyadap (menderes) getah karet hampir setiap hari. Tentu uangnya mengalir terus hingga puluhan tahun usia produktif karet.

Kiat Budi Daya Karet

1. Pilih Bibit Berkualitas

Untuk pengadaan bibit, pada umumnya calon petani membelinya dari penyuplai yang datag dari luar daerah. Namun tidak sedikit juga sebagian warga melakukan pembibitan sendiri dengan cara membeli biji karet tersebut dari pejual. Setelah bibit tersebut mempunyai ketinggian setengah meter, baru dipindahkan ke areal kebun.

Karet tergolong tanaman yang tahan terhadap kekeringan. Selain itu, perawatannya tidak terlalu rumit, hanya menjaga agar tanaman tidak terserang hama penyakit. Pada musim kemarau daunnya rontok dan tumbuh tunas lagi setelah hujan turun. Karet merupakan tanaman perkebunan yang usia produktifnya mencapai 25 tahun. Usai mendapatkan getahnya salama masa produksi, petani juga dapat memanfaatkan kayu karet yang bernilai ekonomi cukup tinggi.
Dalam memilih bibit, pilihlah bibit yang memiliki lisensi dari lembaga atau instansi berkompeten. Sebab, pemilihan bibit secara asalan akan menuai kerugian material maupun waktu. Pohon tidak akan menghasilkan getah banyak.



2. Cara Menanam

Sebelum menanam perlu dilakukan dengan mengajir dulu. Agar memperoleh hasil optimal, jarak tanam karet yang direkomendasikan adalah 6 m x 3 m atau jumlah populasi sekitar 550 pohon/ha. Pembuatan lubang tanam dengan ukuran 40 cm x 40 cm x 40 cm dan disiapkan minimal dua minggu sebelum penanaman.

Tanah bagian bawah dipisahkan dengan tanah bagian atas. Selanjutnya, diberikan pupuk. Waktu penanaman sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan.

3. Cara Pemeliharaan

Memelihara tanaman karet penting dilakukan. Terlebih pada masa pertumbuhan, seperti pembuangan tunas palsu yang tumbuh bukan dari mata okulasi. Juga pembuangan tunas cabang yang tumbuh pada batang utama. Pemotongan tunas cabang dilakukan sebelum tunas berkayu agar tidak merusak pohon.

Karet siap disadap pada umur sekitar 5-6 tahun. Pohon dinyatakan matang sadap apabila lilit batang sudah mencapai 45 cm atau lebih. Tinggi bukaan sadap pada tanaman okulasi adalah 130 cm di atas pertautan okulasi. Dengan cara penyadapan yang benar dan pupuk yang cukup maka batang tidak rusak dan getah akan terus menetes sepanjang usia.
tata604
tata604 memberi reputasi
2
127.1K
3
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
Tanaman
icon
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.