fancewAvatar border
TS
fancew
Kenapa Orang Jepang Kurus-kurus? Ini 5 Alasannya Gan!

Foto: Allkpop

Kenapa ya orang Jepang kok kurus-kurus?

Pernah nggak agan mikir kayak gitu? Tapi ane tiba-tiba kepikiran terus ane googling deh. Ternyata bukan hanya satu faktor aja yang bikin orang Jepang itu jarang yang gemuk (well kecuali atlet Sumo karena emang harus makan banyak).

Kalo dibandingkan sama orang AS, rasanya kok di sana banyak banget ya orang yang obesitas. Berdasarkan data yang ane baca, ada kurang lebih 30% orang dewasa yang obesitas di AS, sementara di Jepang CUMA 3,5%. Jauh beda bukan? Di thread ini ane mau jabarkan beberapa sebab kenapa orang Jepang bisa punya berat badan yang normal. Mungkin bisa dicontoh nih buat kita di Indonesia ya!

Jumlah restoran fast food di Jepang nggak sebanyak di Amerika



Buat yang pernah tinggal di AS atau sering nonton film Hollywood, pasti tau ya kalau junk food itu ibaratnya udah jadi budaya buat mereka. Laper dikit, beli burger. Kumpul-kumpul, delivery pizza. Sarapan, beli donat. Di tahun 2017, ada kurang lebih 243.000 restoran junk food di seluruh AS. Jepang juga nggak lepas dari restoran junk food, tapi jumlahnya jauh di bawah AS, yakni hanya ada 6169 restoran junk food. Tau kan imbasnya apa? Makanan junk food itu cenderung lebih tinggi kalori dan lemak sehingga bisa bikin orang yang makan terus menerus jadi overweight, bahkan obesitas.

Budaya minum teh dibandingkan soda


Foto: muripo

Setiap makan di restoran Jepang, pasti satu minuman yang selalu ada itu ocha alias teh hijau Jepang. Begitu juga di vending machine yang banyak tersebar di seluruh Jepang. Pilihan varian minuman teh lebih banyak dibandingkan soda. Sedangkan di AS, setiap abis makan pasti minumnya itu soda, padahal soda itu mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Udah gitu kalau ke restoran junk food di Jepang, ukuran sodanya lebih sedikit dibandingkan ukuran soda di AS yang super raksasa.

Lebih milih makan makanan sehat dibanding junk food



Keberadaan restoran junk food di Jepang emang nggak sedikit, tapi restoran itu nggak jadi top of mind orang lokal. Biasanya di samping resto junk food, udah ada resto lain yang menyajikan pilihan makanan bento yang lebih sehat dan juga lebih beragam. Apalagi makanan asli Jepang itu emang beragam banget.

Pilihan menu sarapan yang beragam



Sebelum berangkat sekolah atau kerja, nggak sempet sarapan di rumah biasanya orang Jepang itu milih beli sarapan di mini market atau convenience store. Banyak banget menu makanan to-go mulai dari onigiri, sandwich sampai ke menu bento yang tinggal dipanaskan di microwave yang juga tersedia di minimarket-nya. Sedangkan di AS, biasanya sarapan ya balik lagi junk food karena biasanya ada menu breakfast. Sedangkan pilihan makanan di minimarketnya juga terbatas, sekalinya ada macam hash brown gitu yang berminyak dan malah nggak sehat kan?

Orang Jepang sering jalan kaki, naik kereta, atau naik sepeda


Foto: Japan Info

Emang bener ya, banyak gerak itu emang membakar kalori yang masuk ke tubuh kita. Selain pemilihan makanan, orang Jepang juga lebih suka untuk pergi ke berbagai tempat menggunakan transportasi umum. Lihat aja betapa belibetnya peta kereta di Jepang, belum lagi betapa penuhnya kereta Jepang pas lagi jam berangkat dan pulang kerja. Selain jalur kereta yang hampir menjangkau seluruh Jepang, jadi transportasi umum emang lebih praktis. Nggak sedikit juga orang Jepang yang suka naik sepeda karena emang fasilitasnya di sana udah memadai. Sedangkan di AS, biasanya hampir tiap rumah ada kendaraan pribadi jadi ya makin mager.


Foto: Mashable

Menurut ane sih itu dia beberapa hal yang bikin orang Jepang itu lebih kurus dibandingkan orang Amerika Serikat. Berbagai faktor ya bukan hanya satu faktor. Budaya di Jepang emang terkenal lebih tertib sehingga orang di sana jadi ikut menyesuaikan. Kalo agan bisa ke Jepang, kira-kira apa yang wajib banget agan lakuin di sana?

Source- Source
6
21.7K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.