Selamat Datang di Thread Ane
Setelah sekian lama ane gak buat thread sekarang ane mau coba sharing sesuatu buat nambah informasi atau sekedar menambah wawasan. Mudah-mudahan yang gak tau jadi tau dan yang udah tau cukup rate, share, atau bagi cendolnya juga boleh
Pastinya agan semua pasti pernah ngeliat bus lagi isi BBM kan? Pernah gak agan bertanya-tanya, kenapa sih bus kalo lagi isi BBM tuh jarang dan hampir gak pernah matiin mesin selagi proses pengisian bbm ? Padahal di SPBU mewajibkan setiap kendaraan untuk mematikan mesin saat melakukan pengisian bbm
Ternyata usut punya usut hal tersebut ada alasannya gan. Bukan berarti crew bus itu bandel dan gak taat aturan gan. Ada alasan-alasan tertentu kenapa crew bus tidak mematikan mesin pada saat pengisian bbm
Jenis BBM
Quote:
Pada umumnya bus itu pake bbm jenis solar gan. Solar itu beda sama bbm jenis bensin yg gampang banget kebakar kalo ada percikan api. Bbm jenis solar butuh kompresi yang tinggi supaya bisa terbakar.
Berkaitan dengan Fasilitas Bus
Quote:
Salah satu fasilitas bus yg paling penting itu adalah AC. AC bus dapat bekerja pada saat mesin menyala karena kompresor AC membutuhkan tenaga yg berasal dari putaran mesin. Tanki bus itu ukurannya gede gan jadi butuh waktu lama dalam proses pengisian BBM sampe full. Nah kalo selama itu pula mesin harus mati, penumpang busnya kasian gan bisa-bisa pada mateng karena kepanasan akibat AC busnya mati.
Prosedur Pabrikan
Quote:
Mesin bus dilengkapi turbocharger, nah turbocharger ini rentan banget rusak kalo mesin dimatiin dan dinyalain lagi dalam waktu yg berdekatan. Bberapa pabrikan mesin bus menganjurkan pada saat ingin mematikan mesin harus melakukan cooling down dulu selama 10 menit dalam keadaan idle. Begitu juga pada saat menyalakan mesin juga harus pada saat yg tepat
Nah itu tadi beberapa alasan kenapa mesin bus gak dimatikan pada saat melakukan pengisian bahan bakar.
Ane juga mohon maap kalo tulisannya berantakan. Soalnya ane buat ini dari hengpon
TERIMA KASIH 
Mampir ke Thread Ane yang lain
Berapa sih gaji supir bus ???
Foto pesawat terbang yg cool abis
Kenapa bus selalu bermesin diesel?
Jenis-jenis Ban pada Bus
Bus mewah milik club besar sepak bola Indonesia
VOLGREN OH408 Bus kota yg pernah jaya di masanya
Komen kaskuser :
Quote:
Original Posted By erhan.b.putra►Sebenernya menurut ane dan sepengetahuan ane ya gan.
Apapun alasannya tidak diperkenankan mengisi bbm saat mesin nyala. Memang bener bbm solar itu tidak mudah terbakar, tp banyak jg dispenser bbm solar dan bensin itu berdekatan, artinya tetep bahaya kan?
Untuk turbo charger itu di design untuk kondisi panas yg tinggi, tidak bakalan rusak jika mesin dimatikan langsung, kecuali agan lagsung siram dengan air dingin

Alasan yg tepat adalah tidak boleh mematikan secara mendadak adalah pada saat mesin rpm tinggi, karena suplai lubrikasi shaft pada turbo lgsung berhenti sementara turbonya masih berputar kencang.
Toh pada saat ngantri jg ada jeda waktu cooling down dan mengisi tangki bbm bus jelas lama.
Jadi menurut ane sih tetap
tidak ada alasan untuk tidak mematikan engine saat pengisian bbm. Apalagi cuma karna AC mati sesaat pengisian

Quote:
Original Posted By skrillers19►Bantu jawab secara teknik gan
1. Emang bener solar titik bakarnya lebih tinggi di banding premium, makanya mesin diesel kalo di pom biasanya tetep nyala enginenya. Gak cuman bis aja, truk juga gini.
2. Fasilitas, jelas ya nyata sudah di jelaskan di trit ini, bener banget
3. Ini yg menarik turbo itu punya shaft, shaft ini nyambugkan impeller & turbin. Kalo langsung mendadak dimatikan bahaya shaft bakalan bending/muntir karna beda putaran antara impeller & turbin. Jelas ini benda gak murah harganya, belum lagi kalo pecahannya masuk ke ruang engine
Quote:
Original Posted By aldysadi►makasih gan akhirnya saya bisa tidur nyenyak :insomnia